Pangsa Pasar Mobile Gaming Yang Menarik Untuk Dibahas


54
54 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Id_Gin lakukan disini

Mobile Legends Bang Bang (MLBB) Adalah salah satu game mobile yang sedang populer. Bersama dengan Garena Arena Of Valor (AOV), Player Unknown’s Battleground Mobile (PUBGM), Dan game mobile lainnya dengan genre yang serupa. Iya, game – game dengen genre Battle Royale, dan  Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) adalah genre game yang populer untuk saat ini, Didasari dengan populernya DOTA 2 dan PUBG di ranah PC. Para developerpun melirik pasar mobile dengan merilis game dengan genre yang serupa. Dan apa yang terjadi setelahnya adalah hal yang tidak pernah kita duga – duga. Banyaknya penduduk di seluruh dunia yang telah memiliki gawai pintar membuat game – game tersebut semakin populer.

Bercerita tentang game – game mobile, lantas apa saja yang kita dapat dari meledaknya kepopuleran game – game tersebut. Saya akan membahas beberapa cerita yang terjadi di pangsa pasar game mobile yang menurut saya cukup menarik untuk dibahas. :

______________________________________________________________

Play Anywhere, Anytime You Want (Game yang bisa di bawa kemana – mana)

Ingat generasi anak 90-an yang mainin Gameboy.? Iya, kembali lagi seperti zaman dahulu dimana kita bisa memainkan game dimana – mana. Di rumah, Di tongkrongan, Di tempat umum, Bahkan Di Toilet (yang satu ini pengalaman pribadi) 😀 . Gawai yang kita punya sudah memiliki segalanya. Internet, Telfon, SMS, Chating, dan Game. Dan game yang ada di gawai kita sekarang bukan game – game yang jauh beda dari game – game konsol maupun PC. Namun game – game yang hampir setara dengan game – game konsol maupun PC. Baik dari segi grafis, cerita, gameplay, bahkan cara bermain. Tidak sedikit juga game yang di porting dari game konsol menjadi game mobile. Jadi dengan gawai yang bisa kita bawa kemana – mana. Kita juga bisa memainkan game di mana saja, dan kapan saja.

______________________________________________________________

Menambah Kepopuleran Para Developer

Dijaman sekarang, siapa yang tidak mengenal Tencent. Developer game PUBG untuk mobile. Moonton, Dan Garena dengan Game Mobile Legends Bang Bang Dan Arena Of Valor -nya Yang sangat populer di kawasan Asia, Bahkan dunia. Developer game – game tersebut mulai populer setelah merilis game untuk mobile dan namanya mulai meninggalkan bekas dalam memori kita. Melepas ukiran nama developer lain yang ada dalam fikiran kita. Contohnya saja KONAMI, EA, Bahkan Gameloft yang dari dulu hingga sekarang selalu melirik pasar Game Mobile. Dengan melejitnya nama para developer game mobile. Tidak sedikit pula yang mulai melirik pasar mobile untuk mengambil keuntungan dengan In App Purchasenya. Kita kembali ke zaman dimana semuanya harus bayar. Gacha yang dulu sempat hilang di era konsol PS2 sekarang kembali lagi menghiasi game di gawai kita. Bahkan membuat kita menghabiskan sebagian gaji kita untuk membeli Skin ataupun Karakter yang kita suka. (Pengalaman Pribadi nih kalau yang satu ini)  :’( .

______________________________________________________________

Menambah Kepopuleran Para Pro Gamer

Jess No Limit, RRQ Lemon, Reza Oktovian, Saai Halilintar, dll. Siapa yang tidak mengenal mereka. Chanel youtube mereka yang memiliki jutaan subscriber. Mereka semua adalah salah satu dari Pro Gamer. Karena konten gaming yang mereka buat dari game – game yang sedang populer saat ini. Nama mereka melejit belakangan ini setelah kembalinya era di mana game menguasai segalanya. Meraup untung jutaan rupiah bahkan miliaran hanya dengan duduk santai memainkan game. Dan adapula Pro Gamer yang menawarkan diri sebagai joki game agar kita bisa mendapatkan Rank yang lebih tinggi.

______________________________________________________________________________________________________

Meningkatnya Kepopuleran E-Sport

E-Sport (Elektronik Sport) adalah olahraga yang saat ini banyak dipertandingkan. Kesuksesan DOTA 2 rupanya belum cukup untuk meningkatkan kepopuleran e-sport. Namun setelah adanya game mobile yang semua dapat memainkannya, E-Sport pun mulai melejit namanya. Contoh nyata adalah kesuksesan AOV, Clash Royale, dan Mobile Legends sebagai game yang resmi dipertandingkan dalam gelaran ajang olahraga terbesar di ASIA (ASIAN GAMES) dan ASIA TENGGARA (SEA GAMES). Kita sedikit banyaknya harus berterimakasih dengan meningkatnya kejayaan E-Sport. Bahkan kampus – kampus di Indonesia pun mulai membuka kelas khusus untuk E-Sport. E-Sport juga membuka harapan kita para pencari kerja dan yang hobi bermain game untuk serius mengejar cita – citanya menjadi Gamer Profesional.

______________________________________________________________

Tuntut – Menuntut

Save the best for last. Iya, tuntut – menuntut dalam dunia game sekarang sangat sering terjadi. Paling anyar adalah saat PUBG menuntut game sejenis yaitu FORTNITE karena mereka merasa ide permainan-nya di curi. Mobile Legends dan AOV yang menuntut Karena Kemiripan dari hero – hero-nya. Dan masih banyak lagi tuntutan dari para developer yang masih hangat di telinga kita. Bukan hanya developer, bahkan para Pro Player yang bermain di turnamen resmi banyak yang saling menuntut satu sama lain.

______________________________________________________________

Sebenarnya masih banyak lagi opini saya tentang cerita yang terjadi di pangsa pasar game mobile yang asik untuk dibahas. Namun saya juga tidak ingin tulisan ini terlalu panjang. Jadi sekian dari saya.

Always Be Positive

Gin…


Like it? Share with your friends!

54
54 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
1
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Id_Gin

Elite

Mencari...

0 Comments