Performa dari Devil May Cry 5 Tanpa Denuvo Lebih Baik dari yang Diproteksi Denuvo


82
82 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Antonius Bondan Pramana lakukan disini

Apabila kalian suka mengamati perdebatan yang terjadi antara kaum yang pro Denuvo dengan kaum yang kontra terhadap proteksi tersebut, salah satu hal yang selalu menjadi bahan argumen dari yang tidak menyukai DRM buatan perusahaan dari Austria itu adalah karena mereka menganggap bahwa proteksi yang digunakan itu dapat mengurangi performa dari gamenya itu sendiri. Dan tampaknya argumen yang sering dilontarkan tersebut dapat dikatakan benar, setidaknya untuk game Devil May Cry 5 yang baru saja diluncurkan beberapa hari lalu, karena performa lebih tinggi didapatkan dari versi yang tidak menggunakan Denuvo.

Menurut dari seorang pengguna Steam yang melakukan pengetesan terhadap game Devil May Cry 5yang menggunakan Denuvo dengan yang tidak, ia menemukan bahwa jumlah FPS (frame per detik) yang didapatkan di PC-nya ketika ia menjalankan Devil May Cry 5 tanpa Denuvo jauh lebih tinggi, yaitu sekitar 19 FPS lebih tinggi dari FPS yang didapat di file exe yang diproteksi oleh Denuvo.

Dalam screenshot yang ia tampilkan sebagai bukti, ia menunjukkan bahwa game Devil May Cry 5 tanpa Denuvo berjalan di sekitar 93 frame per detik, sedangkan versi exe yang menggunakan Denuvo berjalan di 74 frame per detik saja.

Devil May Cry 5 Tanpa Denuvo

Devil May Cry 5 Dengan Denuvo

Bukan hanya dari pengguna Steam saja, walau jumlah FPS yang didapatkan tidak sebesar dari yang dilaporkan oleh pengguna Steam di atas, suara senada juga dikeluarkan oleh berbagai pihak lainnya yang mengatakan bahwa hasil dari pengetesan untuk DMC5 yang tidak menggunakan Denuvo memberikan FPS lebih tinggi dibandingkan dengan yang dilindungi oleh Denuvo. Pihak-pihak tersebut adalah EuroGamer yang merupakan media besar di dunia game, dan juga DSOGaming.

Menurut EuroGamer, kalau dari hasil pengetesan yang mereka lakukan, Devil May Cry 5 tanpa DRM Denuvo berjalan sekitar 13 frame per detik lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan DRM itu.

Sedangkan kalau menurut DSOGaming, hasil tes mereka menemukan bahwa game yang tidak dilindungi oleh Denuvo menawarkan jumlah FPS yang lebih tinggi, sekitar 6 hingga 10 FPS lebih tinggi tergantung dari lokasinya. Tidak berbeda jauh dengan angka yang disebutkan oleh EuroGamer.

Bagi para pemilik PC dengan spesifikasi tinggi yang gamenya pastinya akan berjalan di FPS yang tinggi, angka yang disebutkan tersebut mungkin tidak akan berarti banyak. Namun bagi yang memiliki PC dengan spesifikasi rendah, peningkatan jumlah FPS itu tentunya akan terasa sekali.

EuroGamer sendiri sudah menanyakan kepada Capcom langsung perihal temuannya itu. Namun hingga saat ini mereka masih belum mendapatkan jawaban apapun dari Capcom.

Devil May Cry 5 PC’s Denuvo DRM has a CPU hit


Like it? Share with your friends!

82
82 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !

0 Comments