Perkembangan Komunitas Speedrunning di Indonesia, Kenapa Sulit Berkembang?


75
1 comment, 75 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang ODA lakukan disini

Di luar negri sana sudah banyak komunitas komunitas yang menjadi wadah bagi para speedrunner. Ada yang dibagi dari genre game, wilayah mereka tinggal atau speedrun secara general. Nah sekarang mari kita membahas sedikit tentang perkembangan speedrunning di indonesia. Saya telah terjun di dunia speedrunning general selama 5 tahun, bagi sebagian orang 5 tahun tersebut adalah waktu yang cukup lama untuk mendalami speedrunning. Tidak semudah itu mexico!, speedrunning sendiri sudah ada mulai tahun 90 an, dan komunitasnya mulai berkembang secara pelan pelan pada awal 2000. Peningkatan tajam komunitas speedrunning yang paling signifikan adalah pada tahun 2015 yang hampir melunjak hingga 150% dari tahun sebelumnya. Peminat speedrunning sudah banyak begitu pula dengan speedrunner yang berbondong bondong datang untuk menunjukkan kebolehan mereka.

Tetapi dalam kurun waktu 5 tahun mendalami speedrunning saya masih belum bisa melihat perkembangan komunitas speedrunning di indonesia. Bahkan pada pelonjakan di tahun 2015 tersebut masih belum ada sehelai rambut pun dari komunitas speedrunning indonesia yang menampakkan dirinya. Dengan memiliki sebuah inisiatif kecil akhirnya saya mencoba untuk menanyakan tentang kendala apa saja yang membuat gamers di indonesia kurang meminati speedrunning. Dan inilah beberapa dari jawaban yang mereka berikan.

1. Terlalu menyita waktu

Jawaban yang paling sering disebutkan oleh para responden yang saya temui. Memang speedrunning menyita waktu dan energi yang sangat banyak, dan saya sendiri sudah sering merasakannya. Tetapi setelah dilihat dengan lebih teliti, streamer yang sekaligus speedrunner rata-rata akan mengabiskan waktu lebih dari 50 jam perminggu hanya untuk memainkan sebuah game dan memperbaiki catatan waktunya. Jadi kita tidak bisa menyangkal jika speedrunning memang sangat menyita waktu

2. Tidak Mendapatkan Income Layaknya Game Kompetitif

Untuk poin yang kedua ini saya memiliki dua tanggapan yaitu antara setuju dan tidak. Saya setuju karena ketika kalian memainkan sebuah game secara kompetitif apalagi sudah mencapai taraf profesional, pemasukan yang akan kalian terima akan lebih dari cukup untuk bisa hidup sendiri. Alasan saya tidak setuju karena untuk mencapai taraf kompetitif yang bisa memberikan pemasukan cukup akan membutuhkan waktu dan latihan yang cukup lama. Jika kalian bisa mengolah channel youtube atau streaming di twitch dengan begitu kreatif akan lebih mudah memperoleh sponsor dan mendapatkan pemasukan (yang tidak terlalu besar jika dibandingkan professional e-sports) yang cukup untuk mengisi kantong. Apalagi sekarang media sosial juga bisa menjadi media publikasi kalian

3. Game yang Dimainkan Itu-itu Saja.

Jawaban yang salah besar. Didalam speedrunning community kalian bebas memainkan video game apa saja, dengan kategori apa pun. Dan setiap orang boleh memainkan lebih dari satu game dan lebih dari satu kategori. Jika kalian suka bermain pokemon tapi hanya menggunakan beberapa pokemon dengan satu element saja, kalian sudah bisa membikin category baru misal fire%,Fly% atau dragon% sebagai contohnya.


Saran Untuk Komunitas SpeedRun Indonesia

Sebagai masukan dari saya agar komunitas speedrunning di indonesia bisa berkembang dan mulai menunjukkan hidungnya di kancah internasional. Pertama, janganlah takut perkara pemasukan, sekarang sudah banyak sponsor sponsor yang mulai melirik para speedrunner. Selain itu terkadang game developernya sendiri akan menghampiri kalian dan akan sedikit menanyakan tentang seluk beluk game yang kalian speedrun. Biasanya para developer akan mengangkat para speedrunner sebagai tester dan QA.

Yang kedua selalu gunakan media sosial untuk mempublikasikan tentang hasil jerih payah kalian, suatu saat hal itu pasti akan membuahkan hasil yang dapat kalian nikmati. Ketiga, dengan membangunnya komunitas speedrun di indonesia secara tidak langsung kalian juga akan mendapatkan banyak teman dan pengalaman baru, dengan begitu kalian akan memiliki wawasan yang lebih sekaligus membangun sebuah keluarga baru.

Keempat, tidak perlu sampai kalian menggunakan seluruh waktu kalian hanya untuk berlatih dan berlatih terus, manfaatkan waktu luang saja dan jangan sampai mengganggu kuliah atau perkejaan kalian yang tentunya lebih penting. Dalam tahun 2017 lalu saya memiliki angan angan jika salah satu dari kita,warga indonesia yang juga suka atau hobby speedrunning akan pergi dan mewakili indonesia dalam event GDQ. Dan sedikit demi sedikit mengharumkan nama indonesia .


Like it? Share with your friends!

75
1 comment, 75 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
1
SEDIH
WKWK WKWK
1
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
ODA

Grand Master

Easily i'm a speedrunning scene Fans since 2012 and still following it til today

P.S Do not stalk my Twitter Please

One Comment

  1. sepertinya komunitas speedrunner itu sendiri masih kurang begitu terexpose kalau disini. dari sudut pandang penonton sendiri, yg saya lihat sebagai konten kreator yg sering memainkan game2 non-competitive (game adventure, action etc), saya lihat sebagian besar penonton disini kurang menikmati konten2 game non competitive, mereka cenderung lebih suka menonton konten2 competitive seperti Mobile legend, pubg, PB dan sejenisnya.

    well, mudah2an penonton2 kita nantinya lebih bisa menikmati konten2 yg lebih bervariatif, biar komunitas gaming itu sendiri semakin beragam. termasuk mengenai konten speed running itu sendiri.

    jujur saya sendiri cukup amaze dgn speedrunning di luar sana yg benar2 bisa memberikan perubahan untuk dunia. bayangkan saja, hanya dgn main game bisa menggalang dana untuk berbagai permasalahan didunia. and thats very cool 😀