Pokemon Sword and Shield – Beberapa Pikiran dan Prediksi Fitur


63
63 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang bukanmaenandoang lakukan disini

Hari ini adalah Hari Raya Idulfitri, dimana ummat Islam sedunia merayakan setelah selama sebulan berpuasa. Hari ini juga, bertepatan dengan keluarnya Pokemon Direct oleh Nintendo, sebuah video yang berisi informasi tentang installment terbaru dari franchise Pokemon. Jika anda merayakan Idulfitri dan seorang fans Pokemon, nampaknya hari ini kebahagiaan akan belipat ganda.

Melalui video di kanal youtube Nintendo, Nintendo mengeluarkan trailer dan sedikit penjelasan dari Gamefreak dan Pokemon Company soal game terbaru mereka untuk konsol Switch.

Pokemon Sword dan Pokemon Shield

Sebelum masuk ke dalam opini, mari kita simak dulu video terbarunya.

Dalam video Nintendo Direct yang terbaru ini, selain region baru, Galar Region, yang nampaknya terinspirasi dari wilayah-wilayah di United Kingdom, terdapat pula beberapa Pokemon baru dan penambahan fitur-fitur baru. Salah satunya adalah Dynamax.

Basically, Dinamax akan merubah Pokemon kita, pemain menjadi berukuran sangat besar, dan ketika mode Dynamax sedang aktif, moveset Pokemon pun akan ikut berubah. dan akan menyusut kecil lagi setelah move Dynamax tersebut digunakan. Tapi nampaknya, Dynamax hanya bisa digunakan oleh satu Pokemon per battle, Mirip-mirip Z-Moves di dalam Pokemon Sun Moon / Ultra Sun Ultra Moon.  Dynamax juga nampaknya hanya dapat digunakan oleh satu Pokemon dalam satu party.

Ini akan menjadi menarik, terutama di dalam ranah yang kompetitif, bisakah Dynamax mode digunakan untuk Mega Evolved Pokemon / Primal Reversion Pokemon ?

(Toh nggak kebayang juga, Pokemon yang sudah berukuran besar, seperti Wailord, akan menjadi lebih besar lagi, atau Primal Reversion Groudon, bisa ketutup itu layar switch :D)

Tetapi kalau bisa, bukankah itu akan ngebuat beberapa Pokemon menjadi broken? Terutama Pokemon yang cukup OP seperti Rayquaza. Dynamax ini sepertinya akan menarik jika dapat digunakan untuk competitive battling. Meskipun dalam video tidak disebutkan secara pasti bagaimana cara kerja Dynamax, haruskah Pokemon yang ingin menggunakannya memiliki held item tertentu. Seperti mega stones untuk Pokemon agar mereka bisa Mega Evolve. Karena di game sebelumnya, Pokemon Let’s Go Pikachu dan Eevee, kita tidak bisa membuat Pokemon untuk meng-held item. Selain itu, dalam website resminya, Pokemon Sword and Shield juga akan mengembalikan fitur Ability yang dalam Let’s Go Pikachu and Eevee sempat ditiadakan.

Selain Dynamax feature terbaru dari Pokemon Sword and Shield adalah Max Raid Battle.

Caranya, nampaknya player harus pergi ke tempat di mana ada cahaya/pillar(?) ungu di overworld, dan berkoordinasi dengan player lainnya, (dalam trailer, nampaknya maksimal 4 orang saja), ini mirip dengan sistem Pokemon Go yang mana para pemain harus menuju ke lokasi tertentu, dan melawan Raid Boss disana, dan kedua Raid Boss, setidaknya, mirip dalam ukuran, dimana Pokemon yang akan dilawan di dalam Raid Boss memiliki ukuran yang lebih besar dibanding ukuran normalnya.

Melihat bagaimana ketika kita dapat memindahkan Pokemon yang kita punya di dalam game Pokemon Go ke dalam Pokemon Let’s Go Pikachu and Eevee, nampaknya mekanisme yang sama akan digunakan juga di dalam Pokemon Sword and Shield. Beberapa Pokemon pun sudah terkonfirmasi akan muncul di dalam Pokemon Sword and Shield.

Gym Battle pun diberi suasana baru, di dalam stadion, ketimbang di gedung atau tempat khusus seperti game-game Pokemon sebelumnya. Dalam stadion pun tersebut terlihat ramai penonton untuk menyaksikan player bertarung, memberikan suasana yang lebih immersive ketika pemain sedang bertarung melawan Gym Leader.

Untuk menangkap Pokemon, nampaknya masih menggunakan mekanisme yang sama seperti Pokemon Let’s Go Pikachu and Eevee, lewat rumput liar, serta Pokemon yang berkeliaran secara langsung di overworld seperti di dalam game Let’s Go Eevee and Let’s Go Pikachu. Namun, muncul tidaknya Pokemon tersebut nampaknya dipengaruhi oleh waktu bermain serta cuaca di dalam game.

Melihat Snorlax jalan-jalan, cukup aneh untuk diri ini~

Mungkin sistem season yang pernah ada dalam Pokemon Black and White akan diimplementasikan kembali, dimana beberapa Pokemon khusus akan muncul dalam waktu-waktu tertentu saja. Serta beberapa trainer dapat dilawan di musim-musim tertentu saja.

Yang dengan sangat mudah diakalin dengan mengganti kalender di dalam konsol.

Tentu, ada sedikit rasa penasaran yang diobati ketika melihat trailer terbaru. Tetapi, timbul juga perasaan skeptis yang saya rasakan ketika melihatnya. Terutama soal sistem Dynamax yang sudah saya jelaskan di atas. Tetapi terlepas dari sistem Dynamax, Pokemon Sword and Shield nampaknya cukup menjanjikan. Sebagai seorang fans Pokemon dari masih ada di Gameboy Color, Pokemon Sword and Shield patut ditunggu, terutama oleh para penggemarnya.

Pokemon Sword and Shield dijadwalkan rilis pada 15 November 2019.


Like it? Share with your friends!

63
63 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
bukanmaenandoang

Percaya bahwa videogames bukan hanya mainan semata. Percaya bahwa videogames punya kemampuan menumbuhkan rasa.

scrdwnd.wordpress.com

0 Comments