Pokemon vs Digimon: Manakah Game Monster Terbaik?


51
1 comment, 51 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang hattalasalwaka01 lakukan disini

Jika berbicara soal game monster ada banyak pilihan di luar sana. Monster farm, shin megami tensei, yugioh, monster hunter dan masih banyak yang lainnya. Namun, jika bicara game monster yang terbaik, dua judul game pasti dapat dipertimbangkan yaitu, pokemon dan digimon.

Kedua judul ini punya nilai tersendiri di hati penggemar. Mereka sama-sama punya anime yang ditayangkan dis seluruh dunia. Bahkan, kedua animenya masih berlanjut hingga sekarang. Terkhusus indonesia pun punya nostalgia sendiri. Misalnya, mainan tazos pokemon dan digivice digimon.

Keduanya juga baru-baru ini sedang merencanakan untuk merilis game terbaru mereka. Pokemon berencana merilis pokemon sword & shield. Digimon akan merilis digimon survive yang diundur sampai tahun 2020.

        

Hal yang menarik adalah cukup sulit ada membandingkan kedua judul tersebut, mana yang terbaik. Apalagi keduanya sama-sama mengusung tema berpetualang bersama monster. Mereka juga dianggap sebagai dua saingan berat dalam tema game monster.

Banyak sekali persamaan antara keduanya, namun tidak sedikit pula perbedaannya. Persamaan keduanya, terutama pada tema evolusi monster yang dimulai dari monster kecil dan imut berubah menjadi monster besar dan kuat. Adapun letak perbedaanya pada mekanik masing-masing yang menjual ciri khas masing-masing.

Digimon

Digimon merupakan kepanjangan dari digital monster. Mengangkat tema sebuah monster yang lahir di dunia digital. Mereka diibaratkan sebagai monster yang lahir dari interaksi perangkat lunak di komputer. Tidak heran terdapat pembagian jenis digimon menjadi data, virus dan vaksin yang menggambarkan jenis program dalam dunia komputer. Game Digimon pertama kali dirilis pada konsol sega saturn berjudul Digital Monster Ver.S: Digimon Tamers. Ia rilis pada tahun 1999. ia mengangkat tema memelihara digimon sekaligus bertarung melawan musuh yang disebut hacker.

Kemudian rilis beberapa judul pokemon di berbagai platform seperti playstation, nintendo, mobile serta pc. digimon world secara berseri diluncurkan pada platform ps1. digimon world ds rilis pada konsol nintendo ds. Digimon master online yang rilis di steam. Karakter ikoniknya adalah digimon berbentuk naga atau dinosaurus. Digimon bentuk naga atau dinosaurus selalu muncul sebagai partner dari anak-anak terpilih yang biasanya dianggap tokoh utama. Agumon muncul di dua serial digimon adventure dan digimon saver. Veemon yang muncul di digimon adventure 2. Guilmon muncul di digimon tamers. Mereka biasanya juga ikut muncul sebagai karakter digimon dalam game.

Ciri utama game digimon adalah gameplay yang terus berubah. Misalnya digimon world yang mengusung petualangan dengan satu digimon, sedangkan digimon world 2 dengan tiga digimon yang menggunakan kendaraan untuk masuk ke dungeon. Kita mendapati hampir setiap game digimon rilis memiliki perbedaan gameplay yang signifikan.

Hal ini menjadi kelemahan dan keunggulan dari digimon. Kelemahannya adalah perubahan tersebut kadang membuat penggemar merindukan gameplay lama dan kesulitan dengan yang baru. Keunggulannya adalah adanya gameplay terbaru yang inovatif dan tidak membuat bosan.


Pokemon

Pokemon merupakan kepanjangan dari pocket monster. Jika diterjemahkan berarti monster dalam kantung. Hal ini merujuk kepada pokeball kepanjangan dari pocket ball yang merupakan tempat menyimpan pokemon. Pokemon diciptakan pertama kali oleh developer game freak. Developer tersebut merupakan bentukan dari tajiri dan ken sugimori. Terinspuirasi dari kebiasaan tajir yang hobi mengoleksi serangga dan menyenangi film ultraman. Ia terinspirasi untuk membuat hewan berbentuk monster yang dapat dikoleksi seperti serangga. Kemudian, ia juga terinspirasi dari kapsul monster ultraman series yang akhirnya menginspirasi bentuk pokeball untuk.

Seri pokemon yang pertama kali dirilis adalah pokemon red and green yang rilis pada tahun 1996. ia dirilisi bada konsol nintendo game boy. Setelah berhasil sukses menyusullah game pokemon blue dengan grafis dan suara yang lebih baik. Kemudian, rilislah satu demi satu seri pokemon dengan kemajuan masing-masing. Pokemon memiliki karakter ikonik yaitu pikachu dan satoshi sebagai karakter pokemon anime. Setiap seri game pasti melahirkan seri anime sebagai pendukung gamenya di tiap generasinya. Dimana region di game pasti dimasukkan dalam cerita.

Game pokemon memiliki satu gameplay utama, yaitu petualangan memperoleh gelar pokemon master atau pokemon champion. Umumnya selalu dimulai dengan memperoleh pokemon awal, kemudian mengumpulkan pokemon, serta menantang para gym leader. Seri ini juga memiliki kelemahan dan kelebihan. Kelemahan, game ini sangat tergantung dengan gameplay utamanya. Sehingga, jika ada perubahan yang signifikan biasanya penggemar akan langsung protes seperti kasus nasional dex di seri terbaru pokemon sword and shield.

Keunggulannya pokemon ialah gameplay yang sama terus dipertahankan, sehingga penggemar lama tidak perlu terlalu sulit untuk memahami gameplay. Hanya beberapa hal yang mendapat perubahan, seperti jenis pokemon di region tertentu. Sebenarnya siapa terbaik di antara keduanya masih menjadi perdebatan dari fans masing-masing. Akan tetapi satu hal yang pasti, digimon tidak pernah melampaui penjualan pokemon yang dianggap lebih terkenal. namun, penjualan tidak dapat menentukan apakah hal tersebut memang terbaik untuk penggemar. hal yang terbaik untuk para penggemar game ialah ketika game yang dimainkannya menyenangkan.


Like it? Share with your friends!

51
1 comment, 51 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
1
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !

One Comment