Record Audio Internal “HANYA” Bermodal Bluetooth


52
4 comments, 52 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ūüíĶ seperti yang Last Alphabet lakukan disini

Halo Sobat pasti kalian sudah tau kan, bahwa konten gameplay dari game sudah sangat menjamur apalagi di sebuah platform yang sudah sangat terkenal yaitu Youtube, ini membuat semua gamer ingin memberikan juga pengalaman mereka dalam bermain game. Nah tapi biasanya kita ingin bisa memberikan Gameplay berupa video dengan sebaik baiknya tetapi dengan budget seadanya. Tetapi kita malah memiliki kendala dalam merekam suara internal di ponsel kita, karena untuk mendapatkan suara gameplay yang jernih,kita harus meroot atau membeli barang barang audio lain untuk bisa mendapatkannya. Nah disini saya akan membagikan cara terbaru di 2019 untuk mendapatkan audio internal dengan jernih  dengan hanyabermodal Bluetooth. Berikut Langkah-Langkah nya :

1. Persiapan

Sebelum memulai kita harus menyiapkan barang di bawah ini :

  • ¬† ¬†Ponsel Android
  • ¬† ¬†Aplikasi Perekam Layar Android
  • ¬† ¬†Laptop/PC
  • ¬† ¬†Aplikasi Audacity

2. Nyalakan Bluetooth di kedua Device

Nah disini sobat harus menyalakan bluetooth di kedua device android sobat dengan laptop sobat, lalu setelah itu mengkoneksikan bluetooth dari android dengan laptop dan menggunakanya sebagai audio media sampai muncul di laptop atau pc jendela seperti dibawah ini (Untuk mengatur sebagai audio media terdapat di pengaturan bluetooth device pada android).

Jika sudah begini suara yang seharusnya keluar dari speaker android akan keluar di laptop atau pc sobat, jika tidak berhasil silahkan coba dulu putar video atau audio dari android sobat dan liat apakah berhasil.

3. Install Audacity

Install aplikasi Audacity pada laptop atau pc sobat kemudian atur atau ubah sesuai yang dibawah

  • ¬† Audio Host dari MME menjadi Windows Wasapi
  • ¬† Recording Device dari Microphone menjadi Speaker

4. Lakukan Perekaman dan Editing

Setelah langkah 1 sampai 3 telah di laksakan akhirnya  sobat bisa melakukan rekaman dengan biasa. Rekaman dapat dilakukan, sobat tinggal merekam layar android seperti biasa, dan juga lakukan perekaman audio di pc sobat lebih tepatnya  di Audacity dengan menekan tombol rekam(tombol yang berwarna merah). Setelah selesai tekan tombol kotak hitam untuk menyelesakan rekaman. Nah perlu diingat cara menyimpan rekaman di audacity adalah dengan fitur export. Export audio di audacity menjadi yang sobat inginkan tapi saya saran kan untuk menjadi mp3 saja karena compatible digunakan dimana saja. Nah yang terakhir adalah proses editing, proses ini juga sangat simple yaitu sobat tinggal gabungkan file video dari perekam layar diandroid dengan file audio yang sobat rrekam di audacity. Sobat bisa melakukan proses editing ini menggunakan dengan software editing video apa saja yang sobat mau, boleh dari Adobe atau lainya ataupun hanya dengan Android yaitu melalui KineMaster, di software editing sobat tinggal menyesesuaikan dan video dengan audio internal yang jernih berhasil di buat.


  • Jika android tidak terdeteksi sebagai audio media mungkin sobat belum enable di pengaturan bluetooth android sobat
  • Jika sudah selesai merekam audio sebelum export ubah kembali Audio host dan Recording source ke awal
  • Untuk PUBG jika ingin mengaktifkan mic, bisa dilakukan tapi saat mic aktif maka audio di¬† PC akan terpause dan ketika mic dinonaktifkan maka di PC akan dimulai lagi. (Matikan opsi rekam suara di aplikasi perekam layar android agar tidak crash atau tidak bersuara saat record)

Nah Sekian cara merekam audio internal android dengan jernih hanya bermodalkan bluetooth, tidak perlu membeli speaker atau microphone atau pun kabel AUX dan lainya dan ini adalah cara yang menurut saya paling efisien dikarena tidak perlu membeli hal yang lain, karena android dan laptop sudah lumrah dimiliki masyarakat sekarang ini. Terima kasih telah membaca.

Ingat!!

Dapatkan yang sobat mau dengan apa yang sobat punya.


Like it? Share with your friends!

52
4 comments, 52 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
4
Love
OMG ! OMG !
1
OMG !
KEREN KEREN
15
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Last Alphabet

Grand Master

Game for Fun, No Offense

4 Comments