[Review] Another Eden, Bernostalgia dengan Game Klasik Turn-Based JRPG Di Smartphone


85
85 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Advertisements
[bsa_pro_ad_space id=1]

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ? seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

Another Eden, Sebuah game murni Turn-Based JRPG yang dengan gaya seni yang unik di mobile, di mana fitur utama dalam game ini adalah cerita yang menarik, dan meminimumkan efek dari mikrotransaksi. Meskipun itu bergantung pada kiasan perjalanan waktu yang cukup usang dan mengumpulkan teman-teman dari waktu yang berbeda / dunia / apa pun yang Anda miliki.

Advertisements
[bsa_pro_ad_space id=1]

Gameplay bersifat 2,5D

Gameplay-nya cukup menarik yaitu pemain mengendalikan karakter dalam sebuah bidang 2D dengan cukup menyentuh dan menggeser jari ke kanan atau ke kiri. tetapi selain bergerak ke kanan dan ke kiri, pemain bisa melakukan swiping ke atas atau ke bawah di jalan vertikal agar karakter bergeser lokasi ke atas atau ke bawah makanya game ini disebut dengan game bergaya 2,5D.


Combat System

Sistem combat dalam Another Eden bersifat turn based, dimana pemain hanya menyentuh tombol attack untuk menyerang musuh. Apabila pemain sudah memiliki enam karakter di party, maka mereka bisa menganti karakter kapan pun saat bertarung. Ini dikarenakan, karakter yang aktif hanyalah empat orang saja, sementara dua lagi adalah karakter cadangan yang sedang melakukan penyembuhan. Game ini tidak ada sistem Auto-Battle. Dan ada fitur Another Force yang jika bar terisi penuh, memungkinkan pemain untuk menghentikan waktu dan kemampuan spam selama beberapa detik. Saat waktunya habis, tim Anda melakukan serangan kombo.


Benar-Benar Game Free-To-Play

Tidak seperti kebanyakan RPG seluler, Another Eden memiliki mode single player (mode cerita) yang sepenuhnya didorong oleh narasi. Tidak ada sistem energi, tidak ada misi harian, tidak ada sistem PvP (atau bahkan daftar teman), dan tidak ada event Limited Time. Seperti event collab antara Another Eden kolaborasi dengan Persona 5. kalian bisa lihat trailernya di sini.

Mikrotransaksi masih tetap ada karena game ini gratis, dan ini sudah biasa. Meskipun mikrotransaksi ada dalam game ini, tapi itu tidak akan menganggu jalan cerita dan gameplay si game itu sendiri. Mata uang premium pada game ini bernama Chrono Stones yang dijual dari harga Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 1.000.000. Kegunaan dari Chronos Stones ini adalah untuk melakukan continue ketika terjadi party wipe, namun jarang ada alasan untuk melakukannya karena party wipe hanya akan membuat pemain kembali ke kota terdekat.


Gacha Yang Tidak Terlalu Agresif

Penulis mengkonfirmasi game ini ada sistem gacha, yang membutuhkan keberuntungan untuk mendapatkan karakter yang dibutuhkan. Tetapi gacha ini tidak akan merusak pengalaman bermain karena Another Eden menawarkan fitur yang diutamakan yaitu story telling. Game ini mungkin menggunakan sistem Gacha seperti game RPG lainnya, tetapi sistem ini jauh lebih murah daripada yang lain.


Resource Yang Berat

Another Eden memang game JRPG klasik yang sangat keren untuk dimainkan. tapi resource yang dibutuhkan untuk memainkan game ini sangatlah berat. Selain game-nya sering force close jika smartphone kalian kurang memadai, Another Eden juga wajib dimainkan secara online, dan game-nya akan sering melakukan download data. Sekali main saja mungkin pemain akan kehabisan sekitar 100MB mobile data, belum lagi download data awal sekitar lebih dari 2GB, dan game-nya akan terus berkembang ukurannya di smartphone kalian sampai melebihi 3GB. Inilah kenapa game ini membutuhkan 100% Wi-Fi.


Another Eden tidak memiliki mode multiplayer dan sebenarnya bermain game sendirian tanpa harus memikirkan tentang skor dan kompetisi, akan membuat Anda merasa tenang dan fokus akan cerita. Game ini mungkin bukan RPG yang paling sulit di pasar, tetapi jika Anda kangen dengan game JRPG Klasik dan bebas sistem stamina / energi, maka Another Eden adalah game yang tepat untuk Anda. Another Eden bukanlah game yang dimainkan di waktu senggang, karena jika ada gangguan dan pemain harus mengganti ke aplikasi lain, maka ada kemungkinan saat kembali ke game-nya akan terjadi crash.

Another Eden: The Cat Beyond Time and Space dikembangkan oleh Wright Flyer Studios (WFS) dan diterbitkan oleh GREE, dirilis untuk Android dan iOS di Jepang pada 12 April 2017, di Amerika Utara pada 28 Januari 2019, dan di Eropa pada 26 Juni 2019. Dan tersedia secara gratis di perangkat iOS dan Android.


Like it? Share with your friends!

85
85 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
DchristR

Elite

I'm a Gamer and I'm always be the Gamer.

0 Comments