Review Darkest Dungeon: Pantaskah Disebut Sebagai Rpg Tersulit?


64
64 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar đź’µ seperti yang Aru Akasa lakukan disini

Darkest dungeon merupakan salah satu rpg tersulit yang mungkin pernah dimainkan manusia. Hal tersebut masih terasa sanga sulit ketika anda memainkan radiant atau pengaturan paling mudah. Apalagi developer memang sengaja membuat game yang sangat membuat stres pemain. Walaupun sebenarnya sejak awal bermain para developer telah memperingatkan.

Darkest dungeon berkisah tentang sebuah dusun yang memiliki sebuah dungeon. dimana dungeon tersebut memiliki berbagai makhluk aneh yang harus anda kalahkan. Dungeon itu sendiri sangat gelap sehingga anda harus menggunakan penerangan. tak lupa tugas ini diberikan kepada para pendahulu anda untuk membasmi mereka.

Terdapat cukup banyak sistem unik dalam game ini. Pertama, sistem penerangan yang menjadi simbol darkest dungeon. kedua, sistem hero sebagaimana rpg pada umumnya. Ketiga, sistem stres yang benar-benar membuat stres. keempat, berbagai sistem pendukung lainnya yang anda dapat temukan di dusun.

Pertama, sistem penerang yang bisa dibilang menjadi sumber nama dari darkest dungeon. semakin gelap ruangan semakin tidak menguntungkan. Karena itu, anda perlu membeli obor untuk mengamankan diri. Ada juga beberapa skill yang dapat digunakan untuk meningkatkan cahaya dalam ruangan.  Walaupun begitu, ada beberapa quirk yang malah diuntungkan jika berada di ruangan gelap.

Kedua, sistem hero seperti pada game rpg pada umumnya. Bedanya darkest dungeon mengusung beberapa pekerjaan yang mungkin tidak lazim pada rpg lainnya. Misalnya, abomination yang bisa tiba-tiba berubah menjadi makhluk buas, plague doctor yang terlihat seperti dokter zaman kuno dengan topeng khasnya.

Ketiga, sistem stres yang mungkin menjadi salah satu inti dari darkest dungeon. stress merupakan sebuah parameter yang jika telah mencapai 100 biasanya akan memberikan sebuah efek. Terdapat dua efek yang biasanya negatif dan positif. Efek negatif seperti tidak bisa dikendalikan, menyerang teman sendiri, meminta pass sendiri.

Sangat berbeda jauh dengan efek negatif, efek positif atau yang biasa disebut virtue sangat diharapkan pemain. Dimana para hero akan mendapat beberapa kekuatan seperti mengurangi stres hero yang lain, status meningkat tiba-tiba, sering terheal sendir, dll. Efek positif ini bisa dimapulai dengan menggunakan kekuatan dari item atau dalam darkest dungeon disebut trinklet.

Keempat, berbagai sistem pedukung yang biasanya tersedia di hamlet atau Bahasa indonesianya dusun kecil. Ada beberapa fasilitas yang anda harus pahami. Guild untuk membuka skill dan meningkatkanya.  Tavern dan abbey dimana anda dapat merekoveri stress anda. Blacksmith untuk memperkuat senjata dan armor anda. Nomad wagon untuk mendapatkan trinklet. Stage coach untuk menambah hero.

Adapun kelebihan dan kelemahan dari darkest dungeon adalah sebagai berikut:

Kelebihan

Kelebihan pertama, Audio dan visual yang tepat. Fokus tema utama dari darkest dungeon adalah temanya yang  horor  yang berbalut kegelapan dungeon. berbagai audio dan visual menggunakan tema ini dengan baik. Audio diwakili dengan musik, percakapan dan suara narator. Visualnya diwakili dengan berbagai gambar yang  dominan dengan warna hitam.

Kelebihan kedua, Kesulitan yang mengasyikkan.  Darkest dungeon memang bisa dibilang sangat sulit bahkan, untuk radiant yang merupakan versi paling mudahnya. Namun, meskipun game ini sangat sulit, namun game ini cukup mengasyikkan jika anda dapat mengalahkan musuh yang kuat dan melakukan strategi yang tepat.

Kelemahan

Kelemahan Terlalu sedikit story dalam cerita. Penceritaan dalam game ini sangat sedikit. Apalagi musuh yang harus dilawan juga malah hanya dibentuk dengan sebuah daftar. Padahal cerita pada bagian awal cukup menarik. Ada beberapa cerita mungkin dapat anda temukan pada ancestor memoirs tapi hal tersebut umumnya hanya sebuah tulisan yang tidak terlalu menarik.

mungkin itu saja pemaparan kami tentang darkest dungeon. semoga penjelasan kami yang cukup singkat dapat memberikan sedikit gambaran tentang darkest dungeon. kami sangat merekomendasikan game ini bagi penggemar game rpg dungeon. apalagi bagi mereka yang suka game rpg yang tidak biasa.


Like it? Share with your friends!

64
64 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Aru Akasa

Grand Master

Penulis amatir yang menjadikan Gamebrott sebagai tempatnya latihan menulis, Akhirnya ia memberanikan diri menulis blognya yang berjudul meongeden.com

0 Comments