[Review] OneShot – Game Story Driven Dengan Puzzle Yang Unik


62
62 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Faza Rabbani lakukan disini

OneShot adalah game story-driven, adventure, puzzle solve racikan Little Cat Feet yang dikeluarkan pada akhir tahun 2016 di Steam. Game ini menghadirkan konsep Metafiction, cara penyelesaian teka-teki yang tidak biasa pada umumnyavisualnya yang gelap terang, serta ceritanya yang cukup menyentuh (No Spoiler!). Game ini juga telah mendapatkan rating 10/10 pada Steam.

Trailer


Menyelamatkan Dunia Tanpa Matahari

OneShot bercerita tentang anak kecil bernama Niko yang tiba-tiba terbangun tanpa alasan yang jelas dan bingung kenapa dirinya bisa berada di dunia gelap yang terdapat banyak sekali robot, karena dia berasal dari dunia yang berbeda. Tapi dia diberitahu kalau dia adalah Messiah yang datang untuk menyelamatkan dunia ini. Diketahui matahari telah mati dan dunia tersebut sedang mengalami krisis sumber bahan bakar yang sangat besar. Tugasmu disini adalah membantu Niko membawa matahari yang baru menuju ke sebuah menara yang sangat tinggi.

Tidak ada combat, kamu akan sepenuhnya focus menikmati cerita. Tapi, tentunya kamu akan diberi pilihan-pilihan. Walaupun begitu, pilihan yang kamu pilih tidak akan mempengaruhi akhir dari game ini. Bahkan pada saat cutscene sedang berlangsung kamu tidak bisa menutup game ini.


Game Ini Tahu Kalau KAMU Itu Ada!

OneShot menghadirkan konsep Metafiction dimana game ini tahu kalau kamu (pemain) itu ada dan sedang memainkannya sehingga kamu akan saling berkomunikasi. Bahkan game ini bisa tahu jika kamu berbuat curang seperti menyelesaiankan teka-teki tanpa paduan dari game ini sendiri. Sedikit bocoran game ini memanggilmu dengan nama User PC yang kamu gunakan.


Penyelesaian Puzzle Yang Sangat Unik!

Walaupun tidak semua cara penyelesaian teka-tekinya sama, OneShot menghadirkan penyelesaian puzzle yang unik! Sampai-sampai kamu harus menggerakan layar, membuka, memindahkan, atau menghapus, file-file yang ada pada PC milikmu, hingga menutup game itu sendiri merupakan cara untuk membuka jalan keluar dan masih banyak lagi. Tentu saja hal-hal ini sepenuhnya aman, karena file-file tersebut merupakan bagian dari game ini.

Bahkan kamu nantinya akan disuruh untuk membuka 2 jendela sekaligus untuk mencari jalan keluar yang tepat. Oleh sebab itu juga kamu sangat disarankan untuk memainkannya dalam “Window Mode.”

   


Visual Yang Gelap Terang

OneShot telah menghadirkan visual pixel-art yang dibuat menggunakan RPG Maker XP yang terlihat gelap terang. Meskipun begitu, tetap bagus untuk dilihat dan dinikmati. Hal ini mungkin tidak dapat kamu rasakan ketika kamu masih berada di awal-awal.

 

 


Game ini Memohon Kepadamu 

Sebenarnya setelah kamu menamatkan ini game untuk pertama kalinya kamu masih bisa memainkannya lagi dari awal. Tapi, kamu dimohon untuktidak memainkannya untuk yang kedua kalinya karena alur cerita yang baru saja kamu selesaikan tadi. Hal ini juga menjadi alasan yang kuat kenapa harus kamu mencobanya.


Score: 95

OneShot mampu menghadirkan ceritanya yang menawan dengan visualnya yang menawan dan penyelesaian teka-tekinya yang unik. Ditambah lagi game ini memomohon kepadamu untuk tidak memainkannya untuk yang kedua kalinya yang membuatmu kenapa harus mencobanya.

OneShot sekarang sudah bisa kamu mainkan dan hanya tersedia untuk platform PC saja melalui via Steam.


Tahukah Kamu?

OneShot pertama kali dirilis pada tahun 2014 dibuat menggunakan RPG Maker 2003 yang sebelumnya ikut serta dalam kontes Indie Game Maker Contest 2014 di situs RPGMakerWeb dan sayangnya tidak mendapatkan penghargaan apapun. Game ini kemudian di remake pada tahun 2016 menggunakan RPG Maker XP dan masuk dalam nominasi PC Game of the Year pada Golden Joystick Awards 2017.

Pada akhir Maret 2017, OneShot mendapat update baru berupa tambahan cerita berjudul “Solstice.” Bagian ini juga telah menutupi lubang-lubang cerita, serta tambahan ending baru.


Jika kamu tertarik memainkan game ini, kamu bisa membaca Guide game tersebut melalui link di bawah ini.

[Guide] OneShot – Part 1 The Barrens

[Guide] OneShot – Part 2 The Glen

[Guide] OneShot – Part 3 The Refuge

[Guide] OneShot – Part 4 The Refuge (surface) dan The Tower

[Guide] OneShot – Part 5 “Solstice” The Barrens

[Guide] OneShot – Part 6 “Solstice” The Glen

[Guide] OneShot – Part 7 “Solstice” The Refuge dan The World Machine


 


Like it? Share with your friends!

62
62 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
2
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Faza Rabbani

Grand Master

Gua Hanyalah Penulis Amatiran Yang Misqueen xD.

Halo! Nama gua Faza Rabbani. Tinggal di Jakarta. Disini gua suka review game-game kecil atau game-game lama yang mungkin jarang diketahui banyak orang terutama di Indonesia yang sebenarnya tidak kalah bagusnya dengan game-game besar lainnya. Gua bukanlah kritikus atau semacamnya, tapi hanyalah orang yang hobi bermain video game.

Ada ungkapan yang mengatakan “Jangan Menilai Buku Hanya Dari Sampulnya Saja!” sama halnya dengan “Jangan Menilai Game Hanya Dari Grafisnya Saja!”

Kontak: dariusdarker@gmail.com

Facebook: https://www.facebook.com/darker.darius (Paling Aktif)

WA: Maaf, Saya tidak punya Hand Phone.

0 Comments