[Review] The Long Dark : Bertahan Hidup Di Dunia Apokaliptik Musim DIngin


76
1 comment, 76 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang ibraputrif lakukan disini

Jika kalian melihat banyak sekali game Triple A yang akan muncul pada tahun 2020 ini, maka tidak ada salahnya untuk mencoba game Indie dengan unsur survival yang telah rilis bahkan belum didengar oleh sebagian gamers. Game Indie itu bernama The Long Dark yang dibuat oleh developer games asal Kanada, Hinterland Games. Game ini dirilis kurang lebih 6 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 22 September 2014. Game ini menceritakan 2 karakter yang berusaha untuk pergi ke suatu tempat, namun mengalami sebuah kejadian misterius bernama “The First Flare” yang menyebabkan mereka terpisah dan terjebak pada suatu wilayah bernama “The Great Bear.” Bagaimanakah kedua karakter ini bertahan dari segala rintangan yang ada? Bahaya apa saja yang menanti mereka saat berpetualang di wilayah tersebut? Apakah mereka akan bertemu di “tempat” tersebut? Mari kita simak impressionnya di bawah ini.


The First Flare

Di dalam main campaignnya yang berjudul Wintermute, The long dark menceritakan tentang petualangan Will Mackenzie dan Astrid Greenwood di wilayah The Great Bear, Kanada untuk pergi ke suatu tempat yang bernama Perceverance Mill. Namun dalam perjalan menggunakan pesawat ditengah badai yang berbahaya, Mackenzie dan Astrid menyaksikan suatu fenomena alam dimana sebuah Aurora bernama The First Flare muncul yang menyebebabkan mesin pesawat mereka mati dan menyebebabkan mereka mengalami kecelakaan. Hal itulah yang memisahkan Mackenzie dan Astrid di dalam wilayah The Great Bear yang terisolasi akibat The First Flare. Hilangnya kontak antara kedua karakter dan apa yang menyebabkan wilayah The Great Bear terisolasi, membuat mereka harus bertahan hidup ditengah bencana musim dingin yang menyimpan misteri dan marak bahaya yang ada.

Frist Flare

Gameplay

Sama seperti game survival lainnya, hal yang kalian lakukan adalah bertahan hidup. Namun, dalam game The Long Dark ini kalian akan merasakan berbagai detail yang ada dalam setiap aspek gamenya. Dalam game ini kita harus pintar dalam memanajemen persediaan kita, mulai dari makanan, minuman, obat-obatan, pakaian, senjata, dan sumber api unggung pada saat kita berada di dunia The Long Dark. Sebagai contoh jika kalian memakan makanan yang memiliki presentase yang rendah, maka kalian akan keracunan dan harus meminum obat dengan waktu penyembuhan yang sangat lama. Selain itu, minuman seperti teh dan kopi yang hangat akan menambah jangka waktu suhu badan kita untuk tidak terlalu berkurang. Ada dimana persediaan kita sudah melebihi batas maksimum yang bisa kita bawa, maka ada dimana resiko kita tidak akan bisa berlari bahkan dapat menyebabkan resiko keseleo saat kita berjalan dalam medan yang tinggi.

Secangkir kopi
Resiko keseleo dikarenakan membawa barang yang berlebihan
Berbagai jenis pakaian yang ada pada The Long Dark

Berbeda dengan game survival biasanya dimana kalian akan melawan monster atau zombie yang menakutkan,  kalian akan berhadapan dengan alam itu sendiri. Dalam game The Long Dark, kalian akan berhadapan dengan kejamnya badai salju yang akan membuat suhu badan kita menurun hingga menyebabkan hipotermia sehingga kalian harus terpaksa beristirahat ditempat yang aman. Meski begitu, kalian juga harus bersiap siaga jika kalian tidak memiliki persediaan sumber api unggun yang cukup, jika tidak kalian akan dibuat putus asa dalam game ini meski kalian hanya bermain dengan mode easy ditambah hewan-hewan buas yang selalu memantau pergerakan kalian dalam menyusuri The Great Bear ini.

Turunnya salju membuat pakaian kita basah dan membuat suhu badan menurun
Merasakan hangatnya api unggun saat kita berisitrahat di tengah badai salju yang kejam
Berjalan pada saat turun salju yang tenang lebih baik dibanding berjalan didalam badai salju


Fast Travel? Vehicle?

Dalam game, kita akan diberikan sebuah option fast travel dan menggunakan kendaraan saat kita bosan berjalan kaki karena jarak object yang sangat jauh, namun dalam game The Long Dark kalian tidak akan memiliki kedua opsi tersebut. Object misi yang sangat jauh serta cerita dimana sebuah fenomena First Flare yang menyebabkan seluruh barang elektronik termasuk kendaraan akan mati dan tidak bisa digunakan membuat kita sebagai pemain harus berjalan kaki demi mencapai object tersebut bahkan harus melawan marabahaya yang ada di setiap perjalanan kita. Hal ini mungkin akan membuat para pemain yang tidak memiliki kesabaran yang tinggi akan bosan memainkan game ini, tetapi bagi para pemain yang sangat menikmati perjalanan dalam game seperti ini termasuk penulis, akan merasakan keindahan dan feeling tersendiri pada game The Long Dark.

Mobil rusak karena First Flare
Pemandangan subuh yang indah

Kesimpulan

Game The Long Dark merupakan game survival dimana kalian harus bertahan didalam dunia apokaliptik musim dingin. Kalian diharuskan menyiapkan berbagai perlengkapan seperti makanan dan senjata yang ada, serta persiapan yang matang dan jika tidak, kalian akan merasakan putus asa saat menghadapi segala resiko yang ada.  Perjalanan setiap langkah kaki kalian serta pemandangan yang mencekam dan juga indah membuat setiap perjalanan yang kita lakukan terasa menyenangkan bila kita menikmatinya.

Pros :

  • Disukai oleh pemain game survival
  • Aspek survival yang detail
  • Cerita yang menarik
  • Cuaca dingin yang dinamis

Cons :

  • Tidak disukai tipe pemain yang ingin cepat selesa atau tidak sabaran
  • Tidak ada fast travel dan kendaraan
  • Object misi yang jauh

Jika kalian penasaran mengenai game The Long Dark, kalian bisa membelinya di Steam di link ini.

Bonus :

Bonus video :


Like it? Share with your friends!

76
1 comment, 76 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
ibraputrif

Elite

Normal Ningen desu. /'-')/

One Comment