[Review] To the Moon Versi Mobile – Remake Mahakarya Dengan Grafis Lebih Menawan Dan Indah


94
94 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Faza Rabbani lakukan disini

To the Moon adalah sebuah game story driven yang diracik oleh developer indie Freebird Games yang dirilis pertama kali pada tahun 2011 untuk platform PC saja. Game ini telah membuat banyak orang tersentuh karena ceritanya yang menawan dan memenangkan penghargaan katagori Best Story untuk Gamespot Game of the Year pada tahun 2011. Kemudian, game ini telah diremake oleh X.D Network dengan peningkatan grafis yang menawan dan hanya tersedia untuk versi mobile saja.

Trailer


Story

To the Moon menceritakan dua orang karyawan bernama Dr. Eva Rosalene dan Dr. Neil Watts dari Sigmund Coperation dimana perusahaan ini menawarkan kepada pasien-pasien atau client mereka yang sekarat untuk membuat mereka bahagia melalui perubahan ingatan.

Disini Dr. Eva adalah orang yang selalu berfikir dan bertidak dengan rasional sebelum melakukan sesuatu namun, dia juga sebenarnya sedikit usil. Disisi lain rekan kerjanya, Dr. Neil yang kocak dan selalu berbuat sesuka hati tapi, dia juga menyimpan sosok yang sangat peduli dan sedikit misterius.

Kali ini mereka akan menangani pasien bernama John Wyles yang sudah terbaring coma dirumahnya ditemani oleh seorang Dokter medis dan pembantu bersama kedua anaknya. Sebelum Eva dan Neil mulai bekerja, mereka meminta informasi mengenai John kepada pembantunya Lily namun, dia sebenarnya tidak begitu banyak tahu dan menyarankan untuk berkeliling rumah bersama kedua anaknya yang mungkin dapat membantu.

Diketehui kalau John sudah memiliki istri bernama River Wyles yang sudah meninggal 2 tahun lalu dan mereka menemukan banyak sekali kertas origami berbentuk kelinci yang terdapat pada ruang bawah tanah dan menara lampu yang berlokasi tidak jauh dari rumah John. Belum diketahui bagaimana asal usul origami tersebut tapi akhirnya mereka memutuskan untuk langsung mulai bekerja. Setelah masuk ke dalam ingatan John menggunakan mesin yang disedikan oleh perusahaan Sigmund, Eva dan Neil berbicang dengan John mengenai permintaannya yaitu, untuk pergi ke bulan.

Namun, John tidak tahu kenapa dirinya ingin pergi ke bulan, dia hanya punya firasat kalau dia harus melakukannya. Dan untuk memenuhi permintaan tersebut dia harus memiliki alasan yang kuat, jika tidak maka itu tidak bisa terlaksana. Eva dan Neil akhirnya memutuskan untuk menggali lebih dalam ingatan John untuk menemukan alasannya. Disana mereka melihat semua kehidupan yang dilalui oleh John secara mundur mulai dari masa tua ke masa muda.

Singkat cerita ketika hampir sampai di ujung jalan, Eva dan Neil terhenti karena ada sesuatu yang menghalangi ingatan John yang munuju ke masa kecilnya. Akhirnya mereka menggunakan semua info yang mereka dapat untuk mewujudkan permintaannya. Tapi semua usaha yang mereka lakukan hasilnya nihil dan disini mulai lah mereka menemukan sesuatu yang ganjil dari ingatan John.

Semua misteri-misteri tersebut akan tejawab setelah kalian memainkan game dengan ceritanya yang menyentuh ini. Untuk remake versi mobile ini tidak ada penambahan cerita tapi, ada beberapa dialog tambahan yang dihilangkan dari versi PC tanpa diketahui alasannya walaupun dialog tersebut tidak termasuk dari inti cerita. Dan sayangnya, tidak menghadirkan 2 tambahan chapter bonus yang berisi misteri yang cukup besar.

Berbeda dari versi PC yang dibagi menjadi 3 chapter tanpa adanya pengulangan, versi mobilenya telah dibagi menjadi 6 chapter dan kamu bisa memilih bagian yang mana ingin kamu mainkan lagi.


Gameplay: Mencari dan Menyusun Memento

To the Moon menghadirkan gameplay yang simple tanpa memerlukan keahlian apapun. Kamu nantinya akan melakukan eksplorasi untuk mencari serpihan-serpihan atau memento ingatan John yang kemudian akan kamu gunakan untuk menuju ingatannya yang lain. Ketika kamu mencari memento tersebut, sebagian kamu akan melihat hal-hal yang telah dialami oleh John saat dia masih bisa beraktivitas.

Note: Penulis disini bermain menggunakan emulator android.

To the Moon juga menghadirkan element puzzle yang wajib kamu selesaikan, dimana setelah kalian mendapatkan semua memento, kalian akan disuruh untuk menyusun memento dalam bentuk sebuah gambar objek terlebih dahulu untuk mengaktifkan memento tersebut dan menuju ingatan selanjutnya.

Sedikit bocoran ada satu puzzle dimana kamu harus menjawab pertanyaan untuk mendapatkan memento. Jawaban tersebut dapat kamu temukan jika kamu menyimak cerita dengan teliti.


Graphic: Tampilan Yang lebih Menawan Dan Indah Tapi Sedikit Menurun

Untuk To the Moon versi mobile ini dibuat dengan munggunakan Unity, berbeda dengan versi PC yang menggunakan RPG Maker XP dengan perbandingan yang cukup besar. Untuk versi mobile nya sendiri telah menghadirkan peningkatan kualitas grafis yang lebih segar dan menawan dari versi PC. Tapi, ada beberapa bagian yang rasanya justru malah lebih menurun. Untuk camera perpektive top-down yang dihadirkan untuk versi mobile ditampilkan dengan jarak yang lebih dekat.

SPOILER ALERT


Tampilan Menu Yang Lebih Menarik

Untuk To the Moon versi mobile memiliki tampilan menu yang justru terlihat lebih jauh menarik dan lebih bervariasi dengan tambahan-tambahan baru. Dibandingkan dengan versi PC yang terlihat simple dan biasa-biasa saja namun terkesan membosankan.

Tampilan Menu versi PC yang terlihat simple tapi terkesan membosankan

Untuk tampilan menu versi mobile ini terilihat hampir sama tapi dengan modifikasi yang mantap yang membuatnya terlihat lebih manarik dan menawan.

Pada bagian info kamu dapat melihat kartu nama Dr Eva dan Dr. Neil serta target yang harus kamu tujui.

Lalu bagian Item, berisi semua barang-barang yang kamu dapatkan selama perjalanan.

Kemudian bagian Notes, berisi tentang hal-hal penting mengenai John selama kalian menyimak cerita.

Terakhir yang merupakan bagian baru yaitu Log, berfungsi sebagai Journal perjalanan dan disini kamu dapat memilih chapter atau bagian yang ingin kamu mainkan lagi, serta hal yang harus kamu lakukan.

Serta tambahan berupa monitor pasien yang menampilkan semua keadaan John yang bisa kamu lihat kapanpun dan dimanapun.


Soundtrack 

To the Moon menghadirkan sountrack dimusisikan oleh Kan Gao yang juga menulis cerita game ini, Laura Shigihara dan musisi lainnya. Sebagian besar soundtrack game ini diisi dengan suara piano yang dapat menghiasi suasana mulai dari bahagia, menyentuh, sedih, tegang, lucu, hingga creepy yang terdengar sangat pas dan membuat game ini menjadi lebih hidup. Soundtrack To the Moon sendiri telah masuk dalam nominasi Best Music dan Song of the Year pada tahun 2011.




Score: 4.5 / 5 

To the Moon versi mobile berhasil menghadirkan sebuah remake mahakarya yang memuaskan dengan peningkatan grafis yang menawan dan indah serta peningkatan-peningkatan lainnya meskipun ada bebarapa bagian yang rasanya justru malah menurun.

To the Moon Sekarang sudah bisa kamu mainkan untuk PC, Android, iOS dan akan segera menuju ke Nintendo Switch dengan versi yang sama dengan mobile.

Baca juga konten gaming lainnya di Gamebrott Community yang ditulis oleh Faza Rabbani melalui Link berikut ini.


Like it? Share with your friends!

94
94 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
1
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Faza Rabbani

Grand Master

Halo semua! Nama saya Muhammad Khoidir Faza Rabbani. Saya akrab dipanggil Faza atau Musa. Lahir di Tasikmalaya tapi, tumbuh besar di Bandung dan Jakarta.

Ada ungkapan yang mengatakan “Jangan Menilai Buku Hanya Dari Sampulnya Saja!” sama halnya dengan “Jangan Menilai Game Hanya Dari Grafisnya Saja!”

Kontak: dariusdarker@gmail.com atau Facebook

0 Comments