[Review] Touhou Luna Nights – ZA WARUDO! TOKI YO TOMARE!


58
58 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang Faza Rabbani lakukan disini

Touhou Luna Nights adalah game Metroidvania 2D dengan grafis pixel yang sebenarnya murupakan game buatan fans yang diracik oleh developer indie Team Ladybug yang berkerja sama dengan Vaka Game Magazine yang juga menjadi publisher game ini bersama dengan PLAYISM.  Game ini pertama kali diluncurkan pada steam early acces pada agustus 2018 lalu, yang kemudian dirilis secara penuh pada febuari 2019 dengan update terakhir pada 14 juni 2019. Game ini juga telah mendapatkan rating 10/10 di toko Steam.

Jujur penulis sendiri sebenarnya tidak begitu tahu banyak tentang serial Touhou Project ini selain dari gambar-gambar fan-art atau doujin serta hentai yang tersebar di internet seperti facebook, Twitter, Pixiv, atau lain sebagainya.

Penulis juga sebenarnya kesulitan untuk mengambil gambar screenshot karena sepertinya akan lebih baik jika diperlihatkan dalam bentuk GIF untuk game yang satu ini agar mudah dimengerti.


Trailer

Terjebak Dalam Dunia Pararel

Dalam Touhou Luna Nights bercerita tentang pelayan perempuan atau maid bernama Sakuya Izayoi yang secara tiba-tiba diseret masuk ke dalam suatu dimensi palsu atau buatan yang mirip dengan dunia nyata oleh majikannya Remilia Scarlet. Hal ini sebenarnya dilakukan oleh Remilia hanya untuk sekedar hiburan atau permainan sekaligus tantangan kepada Sakuya untuk mengalahkannya.

Semua kekuatan Sakuya dalam dunia tersebut telah tersegel dan membuatnya lemah. Tapi, dia dibantu oleh Nitori yang memberikannya sebuah gadget yang dapat menghentikan waktu selama beberapa saat dan menyediakan berbagai persediaan. Namun, Sakuya mulai merasakan ada hal-hal yang ganjil seiring dia menjelajahi dunia pararel tersebut.

Ceritanya sendiri terdiri dari 6 stages saja yang kompleks dengan plot-twist yang diluar dugaan. Setelah kamu menamatkannya, game ini juga menyediakan Extra Stage dengan tambahan cerita baru dan ending alternative. Dan juga tambahan mode Boss Rush.


ZA WARUDO! TOKI YO TOMARE!

The World! Time Stop! atau ZA WARUDO! TOKI YO TOMARE! adalah kalimat yang berasal dari salah satu kemampuan antogonis dari serial anime Jojo bernama Dio Brando  dimana dia memiliki kemampuan dapat menghentikan waktu untuk membantai semua lawannya yang kini menjadi sangat populer dan kian menjadi bahan meme.

Hal yang paling unik dan special dalam game ini adalah dimana kamu akan mendapat jam penghenti waktu yang dapat kamu gunakan sesuka hati, kapanpun dan dimanapun kecuali dalam air hingga durasinya habis.

Ketika jam tersebut diaktifkan, maka semuanya akan berhenti bergerak, kecuali dirimu saja dan ketika hal itu terjadi, kamu bisa mengumpulkan atau mengeluarkan banyak serangan untuk menjadi satu dengan damage yang lebih dahsyat, atau menghindar dari serangan musuh. Tapi, perlu juga ingat kalau jumlah seranganmu akan dibatasi dan memeras durasi jam penghenti waktu tersebut.

Jam tersebut juga tidak hanya berguna untuk menghadapi musuh, tapi nantinya juga akan kamu gunakan untuk menghadapi rintangan atau membuat jalan seperti berjalan di atas air atau pisau yang kamu lempar dan lain-lain. Selain dapat menghentikan waktu kamu juga dapat memperlambat waktu dengan cara yang berbeda.

View post on imgur.com

View post on imgur.com

View post on imgur.com


Musuh Yang Akan Selalu Ada

Semua musuh dalam Tohou Luna Nights dapat muncul kembali JIKA kamu memilih untuk kembali ke tempat dimana kamu mengalahkannya kecuali untuk musuh boss. Hal ini membuat musuh-musuhmu akan selalu ada dan siap untuk bertempur denganmu. Mungkin, terkesan sedikit menjengkelkan. Tapi, disisi lain hal ini juga memudahkanmu untuk melakukan grinding uang dan exp apalagi jika berdekatan dengan safe room.


Kamu Akan Memerlukan Analisis Dan Strategi

Analasis dan strategi juga menjadi hal yang penting untuk mengalahkan semua musuh termasuk boss dalam Touhou Luna Nights. Kerena sebagian besar mereka menyerang dengan urutan pola yang sebenarnya mudah untuk dibaca. Namun, kamu bisa saja terdesak karena persiapan yang belum matang atau musuh yang kuat atau banyak dan lain sebagainya yang membuatmu harus berhati-hati. Tentunya musuh yang kamu hadapi akan semakin sulit.

Sedikit bocoran ketika kamu melawan boss, pada keadaan sekarat mereka dapat mengeluarkan pola serangan baru yang membuatmu harus lebih berhati-hati dan memaksamu untuk merubah strategi yang membuatnya sebagai element kejutan.


Combat

Tohou Luna Nights menghadirkan system combat RPG yang mudah dan unik untuk dicoba. Untuk menyerangnya kamu dapat melempar 3 buah pisau tiap satu serangan dan kamu juga bisa menggunakan banyak skill seperti Stun knives, Thousand Dagger dan lain-lain secara bersamaan.

Semua seranganmu akan dibatasi MP dengan regenerasi yang lambat. Tapi, kamu bisa menggunakan Jam penghenti waktu sebagai alternative untuk MP ketika diaktifkan. Kamu juga bisa memulihkan tubuh jika kamu menemukan mesin kaleng minuman atau safe room yang dapat kamu gunakan sebanyak apapun dan gratis.

Untuk Levelnya sendiri sebenarnya hanya berfungsi untuk meningkatkan damage, defense dan kecepatan regenerasi saja dan tidak ada skill point atau semacamnya yang akan kamu dapatkan.

Uniknya disini kamu bisa mendapatkan HP, MP, dan tambahan durasi Jam penghenti waktu jika berdekatan dengan musuh atau serangan yang mereka keluarkan seperti bola api atau semacamnya. Hal ini tentu akan sangat membantu, terutama ketika melawan boss. Singkatnya ini adalah Risk Awards mechanic.

View post on imgur.com

View post on imgur.com

MUDA MUDA MUDA MUDA MUDA MUDA MUDA MUDA!


Eksplorasi Juga Menjadi Kunci Utama

Alasan kenapa eksplorasi begitu penting dalam game ini kerena, semua skill termasuk skill passive sepenuhnya kamu dapatkan dengan cara eksplorasi yang memang perlu kamu butuhkan untuk menuju stage selanjutnya bersamaan dengan kunci untuk membuka pintu.

Untuk upgrade hanya berlaku untuk HP, MP, durasi jam penghenti waktu, dan jumlah serangan yang kamu keluarkan selama meng-aktifkan jam tersebut saja. Sebagian besar kamu dapatkannya dengan cara eksplorasi atau sebagian kecil kamu harus membelinya.

Untuk desain level atau stage juga dhadirkan cukup luas serta kompleks dan bervariasi seperti labirin. Tidak hanya itu, banyak jalan rahasia yang tak terlihat pada Peta yang didalamnya terdapat upgrade atau skill tersebut. Jalan rahasia tersebut biasa terdapat di sudut-sudut ruangan tanpa ada tanda yang menandakannya.


Visual

Touhou Luna Nights menghadirkan gaya klasik pixel art dengan gaya anime yang cukup bagus dan sedikit unyu walaupun sebenarnya tidak begitu banyak untuk dikagumi. Tapi, game ini menghadirkan efek-efek dan animasi yang keren dan menawan walaupun mungkin paling mencolok ketika melawan boss saja. Sama halnya dengan screenshot yang kamu lihat di atas.


Musik Khas Yang Selalu Menemanimu

Touhou Luna Nights juga menghadirkan genre musik khas dari serial Touhou Project yang terdengar sangat dapat menghiasi suasana atmosfir. Apalagi buat kamu yang sudah lama mengikut jejak serial ini.


Apa Kekurangannya?

Bisa dibilang sebagian besar rintangan game ini terlalu bergantung menggunakan Fitur Penghenti waktu tersebut dan ada beberapa skill yang rasanya tidak begitu perlu dihadirkan. Penulis juga tidak menemukan adanya bug ataupun glitch.

Untuk melakukan grinding uang memang terkesan mudah tapi sekaligus sulit karena harga jual yang begitu murah. Sedangkan untuk harga upgrade atau item sangatlah mahal. Walaupun sebenarnya game ini lebih menyampingkan hal tersebut dan tidak begitu diandalkan.


Score: 93

Touhou Luna Nights mampu menghadirkan keunikannya yang mantap walaupun memiliki kekurangan yang kecil. Game ini tidak hanya dapat diterima dikalangan fans-fans nya saja tapi juga dapat diterima untuk kalangan yang baru mengenal serial Tohou Project.

Touhou Luna Nights sekarang sudah bisa tersedia untuk PC saja di Steam. Belum ada informasi apakah nantinya akan hijrah ke platform lainnya.

Baca juga konten-konten gaming lainnya di Gamebrott Community yang ditulis oleh Faza Rabbani  melalui link berikut ini.


Like it? Share with your friends!

58
58 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
Faza Rabbani

Grand Master

Halo semua! Nama saya Muhammad Khoidir Faza Rabbani. Karena nama saya terlalu panjang, saya biasa menggunakan nama belakang saya saja untuk lebih mudah diingat. Lahir di Tasikmalaya tapi, tumbuh besar di Bandung dan Jakarta. Disini saya suka review game-game kecil atau game-game lama yang mungkin jarang diketahui banyak orang terutama di kalangan remaja dan anak-anak Indonesia yang sebenarnya tidak kalah bagusnya dengan game-game besar lainnya. Saya bukanlah kritikus atau semacamnya, tapi hanyalah orang yang hobi bermain video game.

Ada ungkapan yang mengatakan “Jangan Menilai Buku Hanya Dari Sampulnya Saja!” sama halnya dengan “Jangan Menilai Game Hanya Dari Grafisnya Saja!”

Kontak: Facebook

0 Comments