[Review] Unheard – Suara Adalah Segalanya


43
43 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang ibraputrif lakukan disini

Banyak sekali game yang rilis pada tahun 2019 ini, mulai dari game dari publisher besar hingga publisher kecil. Namun, ada sebuah game yang sangat unik muncul dan hanya sebagian kecil yang mengetahuinya. Ya, game Unheard. Game bergenre detektif yang pada awalnya hanya berawal dari penemuan iseng dari situs web asal Tiongkok, Bilibili ini ternyata menyimpan sesuatu yang tidak diduga oleh banyak orang. Apa yang membuat game detektif ini sangat bagus? Mari kita simak di bawah ini.


Acoustic Detective System

Unheard adalah game indie bergenre detektif, puzzle dan misteri yang dikembangakan oleh developer game asal Tiongkok, NEXT Studios dan dipublish oleh Bilibli yang dirilis pada tanggal 29 Maret tahun ini di Steam. Unheard menceritakan tentang seorang detektif yang menjalani sebuah eksperimen bernama “Acoustic Detective System”, dimana kita akan menyelidiki sebuah kasus hanya dari suara. Tujuan kita dalam game ini antara lain, mencoba untuk menuntaskan kasus tersebut dan mengungkap siapa pelakunya, hanya dengan mendengar suara.


Visual Yang Simpel, Audio Yang Menakjubkan

Unheard memiliki sistem dan tampilan layaknya rekaman video, seperti sistem pause, repeat, volume dan tombol rewind. Game ini juga menambahkan sistem comment dimana jika kalian menemukan sesuatu yang janggal pada percakapan antar karakter, kalian tinggal mengetik apa yang janggal dan akan ter-mark pada menit yang kalian komentari. Dalam tampilannya pula, kita hanya melihat sebuah map layaknya blueprint, , bentuk karakter yang hanya berbentuk lingkaran, dan terdapat daftar nama karakter serta sebuah pertanyaan dimana pertanyaan inilah yang menjadi sebuah dasar kita meneliti kasus di game ini. Game ini juga menyarankan bermain dengan earphone, headset, maupun headphone demi mendapatkan best experience.

Meski dengan visual yang begitu simpel, Unheard dalam segi audio memiliki kualitas yang sangat menakjubkan. Hal ini dikarenakan sensitifnya audio pada game yang sangat berpengaruh terhadap apa yang akan kalian tangkap dalam dialog antar karakter dalam game. Contohnya ketika kalian berdiri di samping kiri karakter, maka suara karakter akan terdengar sangat jelas di sebelah kanan earphone, dan sangat kecil di sebelah kiri earphone. Hal ini menjadi nilai plus bagi NEXT Studios karena mereka telah berhasil memberikan sebuah audio dengan kualitas yang menakjubkan.

Visual Unheard seperti blueprint.
Saat karakter berbicara di sebelah kiri, maka suara akan terdengar jelas pada earphone samping kiri, begitu pula sebaliknya.

Gameplay Berdurasi Pendek Yang Menguji Kesabaran

Unheard memiliki sistem gameplay yaitu mendengarkan dialog antar karakter. Pada awal memulai kasus, seluruh karakter dalam visual tidak memiliki nama. Untuk mengetahui nama tiap karakter, kalian akan ditugaskan untuk mendengar hingga kalian mengetahui siapa nama karakter tersebut. Berdampingan dengan mencocokan nama dan karakter, kalian juga harus meneliti kasus tersebut hingga mencapai suatu titik terang. Dimulai dari selalu mengulang rekaman, merewind, hingga berpindah dari satu tempat ke tempat lain, mengikuti kemana karakter tersebut pergi, hingga mematch suara samar karakter pada telepon. Kalian juga dibebaskan dalam memulai sebuah kasus, mulai dari toilet, gudang, dan sebagainya, demi mempermudah kalian memperoleh informasi lain mengenai kasus yang sedang kalian selidiki.

Kalian bebas memilih tempat untuk memulai sebuah kasus.

Hal seperti di atas mungkin bisa membuat kalian merasa bosan dan ingin cepat-cepat untuk menyelesaikan kasusnya. Namun, karena menggunakan media audio, tentu tidak mudah untuk menyelesaikannya. Meski sederhana, mengklik kanan untuk bergerak dan klik kiri untuk berinteract bahkan dengan bantuan keyboard sekaligus, ketelitian dan kesabaran kalian akan diukur. Bahkan, pada salah satu kasus yang hanya berdurasi 7 menit saja seperti membutuhkan waktu lebih dari setengah jam untuk menuntaskan kasus tersebut. Unheard juga menambah poin plus lagi dalam segi menguji kesabaran dan konsentrasi kalian dalam memainkannya.

Klik kanan untuk bergerak.
Penamaan karakter juga membutuhkan konsentrasi dan ketelitian yang kuat.
Karakter “detektif” yang bisa kalian gerakan.

Setelah kalian mengetahui semua informasi yang ada pada kasus tersebut dan membuat sebuah kesimpulan, kalian diperbolehkan untuk menjawab semua pertanyaan yang telah disediakan. Tidak masalah jika kalian salah, karena seluruh progress yang sudah kalian capai tidak hilang. Nilai positif dari game ini, mencoba mengulang hingga berhasil.

Tidak masalah jika kalian salah. Cobalah lagi hingga kalian berhasil.
I got it!

Subtitle? Maybe Nope

Bagi kalian yang berharap Unheard memiliki subtitle untuk meringankan beban kalian dalam menyelesaikan kasus, sepertinya harus pasrah karena Unheard tidak memiliki option subtitle di dalamnya. Hal ini cukup wajar bahwa kalian akan berhadapan dengan suara yang menjadi implementasi seluruh aspek yang ada pada semua kasus di dalam game ini. Unheard adalah game yang berfokus pada audio, bukan visual seperti yang sudah dijelaskan pada awal perkenalan.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri, ketika kita memainkannya, selain menguji konsentrasi dan kesabaran, kita juga akan diuji oleh game ini seberapa jauh kemampuan bahasa Inggris yang telah kita kuasai.

Tidak adanya subtitle pada menu option.

Kesimpulan

9/10

Unheard merupakan game yang sangat unik. Dibalik visualnya yang sederhana, audio yang disajikan sebagai fokus utama game ini sangat menakjubkan. Durasi yang pendek namun tidak terasa, serta banyaknya tantangan yang akan menguji kesabaran dan konsentrasi kalian, bahkan kemampuan bahasa Inggris kalian membuat game ini memiliki nilai plus yang lebih untuk sebuah indie game.

Sedikit info bahwa NEXT Studios selaku developer Unheard telah mengumumkan bahwa mereka akan merilis DLC untuk Unheard secara gratis. Namun masih belum diketahui kapan DLC tersebut akan dirilis.


Jika kalian berminat memainkan game Unheard ini, kalian bisa membelinya lewat Steam di link ini.

Dan jika kalian sedang mencari game detektif dengan inovasi baru, tidak ada salahnya untuk mencoba game ini.

Bonus :


Like it? Share with your friends!

43
43 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
ibraputrif

Elite

Normal Ningen desu. /'-')/

0 Comments