[Review] War Thunder, game simulator yang friendly dengan pc kentangmu


73
73 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Advertisements

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar ? seperti yang [gbauthorname] lakukan disini

Simulator merupakan game sebagaimana game lainnya yang hanya saja dibuat se-realistis mungkin dan dibuat semirip-miripnya dengan dunia nyata dengan berbagai pendekatan. Karena simulator merupakan ‘game’ yang identik dengan mesin yang harus kuat untuk menjalankannya, yang pastinya bagi mereka yang hanya punya mesin spesifikasi rendah hanya bisa menikmati video streaming atau broadcast saja, untung-untung kalau ada teman yang siap sedia meminjamkan untukmu dengan PC atau laptop yang memadai, miris bukan?.

Advertisements
[bsa_pro_ad_space id=1]

Kali ini penulis akan memperkenalkan game-simulator yang ringan bagi kebanyakan PC, yaitu War Thunder.

War Thunder merupakan game multiplayer dan multiplatform (Pc Windows, Linux, Mac), Playstation, dan XBOX) yang memiliki cita rasa sebagai simulator yang dimana pemain memainkan ranpur darat, laut, dan udara. Salah satu yang membuat menarik game ini ialah kalian sebagai pemain dapat mengatur setelan hingga grafik terendah serendah-rendahnya sehingga dapat dijalankan dalam PC yang berspesifikasi rendah atau low end PC, dan juga GRATIS.

Overview

War Thunder adalah game perang multiplayer yang berlatarkan Perang Dunia kedua dan era modern dari negara besar yang berperang pada saat itu seperti USA, Prancis, Inggris, Jerman, Jepang, Italia, dan Soviet yang memiliki ranpurnya tersendiri. Dalam permainan-nya terdapat ranpur yang jenisnya ada tiga yaitu: Ground (darat), Air/aviation (udara), Fleet (laut). dan dari masing-masing ranpur terbagi lagi oleh tech-tree yang memberi kelas pada ranpur seperti light tank, medium tank, fighter, interceptor, bomber, cruiser, destroyer, AA (anti-aircraft), dan sebagainya. Sekilas mirip World of Tank/Warship/Warplane, tetapi yang satu ini menyatukan semua elemen perang dalam satu game, dan tidak asing pula bagi yang pernah atau sedang memainkannya mendengar judul game War Thunder ini.

Laptop kentang saya

Sedikit pengalaman saya sebagai penulis artikel ini pertama kali bermain War Thunder menggunakan laptop yang berspesifikasi secara umum seperti ini:

-Processor: Intel Celeron 1.6 GHz

-RAM: 4 GB DDR3

-GPU: Intel Graphic (lupa seri apa)

Hasilnya ialah saya menurunkan setelan grafik ke tingkat yang paling rendah dan berjalan dengan fps kurang-lebih 35-an, asalkan internet lancar dan ping tidak lebih dari 300 ms tidak apa-apa masih bisa dimainkan, dalam minimum spec yang dicantumkan, laptop saya sendiri kekurangan dari segi GPU dan CPU, tapi bukanlah masalah, hanya 35 fps doang kok, kalau kalian bisa lebih baguslah, tidak sekentang laptop penulis (hehe). Dan itupun laptop yang saya punya waktu itu, tapi worth it lah bisa main game bagus di laptop segitu meski terkadang bisa macet sedikit :).

Spec minimun War Thunder
perbandingan low quality (atas) dengan HQ (bawah), sekiranya begitu lah ketika mencoba bermain War Thunder dengan spek laptop seadanya, seperti yang diatas

Gameplay

Gameplay dari War Thunder sendiri memiliki ciri masing-masing berdasarkan kombinasi dari kendaraan dan mode yang dipilih, gamemode dari War Thunder ada tiga macam berdasarkan cara mengendalikan kendaraan: Arcade Battle (AB), Realistic Battle (RB), dan Simulator Battle (SB).

Gameplay yang dimainkan bedasarkan mode ialah seberapa susahnya dalam mengendalikan kendaraan.

  • Arcade Battle, memiliki tingkat pengendalian yang mudah, memiliki panduan tembak agar tepat sasaran, dan panduan lainnya agar gameplay terasa mudah.
  • Realistic Battle, memiliki tingkat pengendalian kendaraan yang mulai realistic, tanpa panduan tembak, berkurangnya panduan lainnya sehingga perlu kehati-hatian lebih dari AB.
  • Simulator Battle, memiliki tingkat pengendalian yang lebih susah dan komplek dari RB, kalian berada dalam situasi perang sebenarnya, tidak ada panduan terutama pada tanda pengenal teman dan musuh sehingga harus bisa membedakan antara kendaraan lawan dengan teman, dalam hal ini, wawasan ranpur pada tiap negara harus dikenali lebih, bila tidak ya friendly-fire jadinya 😀 .

Kuncinya ialah, hafalkan key bindingnya, ada banyak lho….

Kendaraan Tempur

Bedasarkan kendaraannya, kendaraan terbagi tiga: Air, Ground, Fleet.

  • Air/Aviation (udara), dalam aviation tech-tree, terdapat kelas ranpur udara berdasarkan persenjataan dan penyerangannya terhadap musuh, semisal kelas bomber, attacker, fighter, dll.
  • Ground Forces (darat), dalam ground tech-tree, entah itu full-track, half-track, maupun kendaraan beroda biasa, terbagi pula kelas kendaraan darat tersebut seperti medium tank, SPAA (self propelled anti-aircraft), tank destroyer, dan sebagainya.
  • Fleet (laut), adapun dalam tech-treenya terbagi kelas kapal seperti torpedo boat, cruiser, destroyer, AA, dan sebagainya sebagaimana aviation dan ground.

Map

Adapun map dari permainannya diambil dari berbagai jenis lingkungan, ada lingkungan hutan, lembah gunung, padang rumput, padang pasir, dan sebagainya yang juga menjadikan gameplay-nya berbeda, ada yang semacam point capture, base destroying, dan lainnya.

Multiplayer PvP

Multiplayer PvP dapat dilakukan pada lobby utama game sebagaimana game lainnya dalam mode biasa seperti ini atau nama lainnya quickmatch, permainan multiplayer memiliki kombinasi dari kendaraan dan mode, semisal Air Realistic Battle, artinya permainan menggunakan kendaraan udara/pesawat dan memiliki kendali/mode Realistic (seperti yang sudah dijelaskan), dan map akan terambil acak.

Multiplayer PvAI

Gameplay ini merupakan tambahan untuk reward per hari atau bagi yang ingin grinding yaitu Assault-Arcade, gameplay ini mengharuskan kalian mempertahankan markas dari musuh AI/bot yang berjumlah besar dan terupgrade penuh hingga akhir perang, dan akan mendapat hadiah bonus. Sama seperti PvP, map akan terambil acak.

Singleplayer

Kalian dapat memainkan mode singleplayer di War Thunder, meski singleplayer, kalian tetap diharuskan online dan log in. Dalam mode singleplayer campaign, kalian bermain selayaknya campaign, melakukan penyerangan, pertahanan, patroli, dan lainnya. Dan juga dalam mode campaign kalian dapat melatih diri melawan bot bagi yang ingin mencoba playstyle kalian sendiri, seperti latihan tambahan karena tutorial belum memuaskan, mencoba memakai joystick atau flight stick (bagi yang sultan ? ).

Sekian dari reviewnya, singkatnya game ini memiliki citra antara game dan simulator, setiap gerakan mesti diperhitungkan, bagaimana bisa beradaptasi dengan situasi sebenarnya seperti perang sungguhan, ketika nembak tidak asal menembak. Namanya juga simulator. Dan juga game ini bisa saya bilang fleksibel, bisa dimainin dimana saja, tidak perlu spek yang berat, asal main game ini lancar dengan grafik rendah itu sudah bisa memuaskan.

 

Tips

Bila masih lambat, rendah kan grafiknya, bila tetap saja masih lambat walau sudah paling rendah, coba cari PC/laptop yang lebih bagus sedikit.

Buat kalian yang ingin mengotak-ngatik ranpurnya, bisa berkunjung ke komunitas workshopnya-nya, akan ada banyak sesuatu seperti lensa bidik tank, kamuflase, map, dan konten lainnya.

Untuk pembuatan akun, kalian bisa membuat akun Gaijin (selaku developer WT) menggunakan e-mail, atau lewat steam log-in menggunakan akun steam.

Untuk download gamenya, kalian bisa mengunjungi webnya atau download di steam

Masih kurang info ?, cari ditoko sebelah  coba lihatlah guide atau semacamnya dari komunitas-nya

Selamat bermain.


Like it? Share with your friends!

73
73 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
4
Love
OMG ! OMG !
2
OMG !
KEREN KEREN
2
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
GGEA

Elite

0 Comments