Seri Video Game Yang populer di Speedrunning Dan Cerita Dibaliknya


67
67 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang ODA lakukan disini

Yang selalu kita ketahui adalah kini setiap game yang keluar pasti akan memiliki beberapa orang yang berdedikasi untuk bisa merusak game tersebut (dalam artian speedrun), dan juga bisa men-speedrun game itu. Tetapi walau dengan berjalannya waktu masih banyak para speedrunner yang menetap dan mendedikasikan dirinya untuk bisa meraih puncak dalam waktu tercepat dalam menyelesaikan game tersebut. Bahkan untuk seri game lawas yang bisa dibilang sangat outdated masih memiliki segudang rahasia dan mekanisme yang akan terus digali oleh para penikmat speedrunner dan khalayaknya. Berikut ini adalah beberapa Seri yang sangat populer di kalangan sepeedrunner.


1. DOOM

The Original DOOM dirilis pada tahun 1993 dan hampir berusia 25 tahun. Pada saat itu DOOM merupakan sebuah game yang sangat sukses bahkan penjualannya bisa melebihi jumlah komputer yang beredar dikalanya. Digandrungi sebagai game yang inovatif pada zamannya, DOOM juga memiliki sebuah fitur dimana kita bisa merekam permainan kita dan menyimpannya dalam sebuah file. Kemudian pada tahun 1994 Frank Stajano memperkenalkan DOOM honorofic titles dimana para pemain diseluruh dunia bisa berkompetisi untuk bisa memperoleh gelar (title) dengan mengirimkan rekaman permainannya yang kemudian akan dianalisis oleh para admin. Dengan meluncurnya DOOM II pada tahun 1994 para legenda DOOM pun mulai berdatangan dan mengawali karir mereka lewat DHT. Nama seperti Steffen Udluft,Thomas pilger,yonatan donner dan juga frank “jesus” Siebers merupakan para legenda speedrunning DOOM yang memulai karir mereka dengan HDT.

Kemudian pada tahun 1994 Simon wildlake membuat sebuah situs yang ditujukan untuk mengumpulkan catatan waktu para pamain DOOM didunia.  Lalu pada tahun 1998 situs tersebut berpindah tangan kepada Adam Hegyi. Dan akhirnya pada tahun 2012 seorang legenda DOOM Zvonimir “fx” Buzanic mengambil alih situs tersebut dan merawatnya hingga kini. Sudah tercatat lebih dari 6072 demos (terdiri dari custom dan official maps) dengan total waktu 462 jam, 8 menit, dan 20 detik.


2. Super Mario Series

Seri super mario memang sudah menjadi sarapan bagi para penikmat speedrunner. Hampir keseluruhan seri super mario,super mario bros,Super mario 64 merupakan tinta penting dibalik suksesnya Speedrunning scene sampai saat ini. pada saat ini pemegang world record untuk game pertama dari Super mario, Super mario bros adalah Kosmic dengan catatan waktu 4 menit,55 detik dan 931 milisekon yang dicatatnya pada tangal 24 september 2018. Run ini menandai catatan 4:55 pertama yang pernah dilakukan.

Untuk rekor Super mario World dipegang oleh FURiOUS yang bisa menyelesaikan game dalam waktu 41 detik dam 866 milisekon. Run ini dilakukan dengan menggunakan Arbitary Code Injection pada level awal game tersebut. Sayangnya Run ini tidak bisa divalidasi sebagai non-Toll Assistance dan dianggap curang.

Dan untuk Super Mario 64 (a timeless game indeed), sudah banyak speedrunner yang bisa melakukan bermacam-macam hal untuk menyelesaikan game ini. dengan memanfaatkan segudang Glitches, dan yang paling terkenal adalah trik “backward long jump” dimana runner melopat kebelakang dengan begini runner memanipulasi logic game yang menempatkan posisi pada kecepatan yang tidak ada pbatasannya dan dapat menembus tembok. Dengan menggunakan BLJ para runner bisa menyelesaikan Super Mario hanya dalam hitungan menit saja. Menyelesaikan Super Mario 64 100% yaitu dengan mengumpulkan 120 bintang yang terdapat didalam game juga merupakan kategori yang sangat populer dan kompetitif. Pada saat ini World Record holder untuk 100% 120 stars dipegang oleh streamer Cheese05 dengan catatan waktu 1 jam,39 menit,dan 19 detik.

3. Dark Souls Series

Pastinya Dark souls series sudah menyimpan kenangan bagi para pemainnya,bukanlah kenangan manis tetapi kenangan pahit karena kesulitan game ini yang di luar expektasi. Tetapi hal ini tidak menghentikan para speedrunner untuk bisa mencari sela-sela dalam game ini dan pada akhirnya bisa menghancurkannya. Bahkan dari From software juga sering mengeluarkan patch yang memperbaiki glitch tersebut,tetapi pada runner tetap bisa menemukan celah dibalik patch tersebut.

Setiap game pasti memiliki glitch yang melekat dihati para speedrunner ataupun para penontonnnya. Contohnya pada Dark Souls satu ada sebuah trik yang dinamakan “The Kiln Skip”, skip ini bisa melewati lebih dari separuh jalannya game. kemudia pada dark souls 2 ada “Binoculars”, item yang bisa kita dapatkan pada awal game ini bisa sangat merusak Dark souls 2, hanya dengan menggunakannya dan dengan bersamaan kita harus meloncat lalu sprint maka kita akan mendapatkan speed boost yang disertai dengan non collision box, yang mana kita bisa melewati semua objek yang ada digame. Sayang nya binoculars trick ini sudah dipatch oleh from software dan jika kalian ingin menggunakannya kalian harus mendowngrade patch build dengan build awal game.


4. Metroid Series

Dalam Seri metroid kita bisa mengambil rute permain dengan sesuka hati. Dimulai dari point A kalian bisa menggunakan Point B atau point H untuk melanjutkan Run. Maka dari itu Metroid masih menjadi salah satu seri yang sering dimainkan oleh para speedrunner veteran maupun yang baru saja mencoba. Berbagai macam rute tersebut juka memerlukan berbagai macam skill untuk bisa dimaksimalkan. Metroid juga memberikan ikon untuk GDQ dengan tautan “Save or Kill the animals”. Pada akhir game kita bisa memilih untuk menyelamatkan atu meninggalkan para binatang di planet yang akan hancur tersebut. Metroid juga pada setiap gamenya mengharuskan para pemainnya untuk bisa melakukan Frame Perfect Trick dan juga skip.


5. 007: Golden Eye

Tidaklah lengkap jika speedrunnning community tanpa adanya Golden Eye N64. Salah satu game FPS yang sangat jadul dan masih memiliki ribuan runner diseluruh dunia yang ingin menunjukkan skill mereka. Salah satu speedrunner yang sangat terkenal dalam komunitas golden eye N64 adalah RwhiteGoose. Goose denhgan segudang informasi dan beritanya akan selalu memberikan apa yang kita butuhkan tentang Golden Eye N64, entah itu World record breaking atau menemukan kejanggalan dalam sebuah run yang direkam oleh seorang runner. Golden Eye juga memiliki segudang Speedrunner veteran yang masih tetap berkompetisi untuk bisa merebut gelar The Secret Agent.


Itulah tadi beberapa seri Game yang masih memiliki banyak peminat dan penikmat dari dunia speedrunning. Sebenarnya masih banyak seri-seri game yang menjadi bahan speedrunning, tidak akan cukup jika saya menyebutkan semuanya. Setidaknya dengan beberapa seri game yang populer diatas, kalian jadi tertarik untuk melakukan speedrunning.


Like it? Share with your friends!

67
67 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
ODA

Grand Master

Easily i'm a speedrunning scene Fans since 2012 and still following it til today

P.S Do not stalk my Twitter Please

0 Comments