Tembus 2,3 Juta Player Per Hari, Ini Dia Rahasia Marketing Rainbow Six Siege


79
79 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang CoffeeMaker lakukan disini

Sebagian dari kita mungkin beranggapan bahwa Rainbow Six Siege hanyalah game yang datang dan pergi begitu saja. Meskipun ada sedikit peningkatan dalam standar pemasaran setelah dirilis oleh Ubisoft pada 1 Desember 2015 lalu, kelangkaan konten yang dimiliki hingga kritikan pun sempat menjadi trending topik di community internal Siege sendiri.

Namun, bukan Ubisoft namanya apabila menyerah dalam menghadapi masalah tersebut, terlebih mereka telah menginvestasikan uang yang tidak sedikit dalam projek besar mereka ini. Dilansir oleh situs mereka sendiri, game ber-genre tactical team shooter ini memiliki total player hingga 20 juta player. Tidak sampai disitu saja, hal yang lebih mengejutkannya lagi ialah Rainbow Six Siege memiliki rata-rata 2,3 juta player yamg aktif bermain game tersebut setiap harinya, yang berarti kurang lebih 10% dari total jumlah player hingga saat ini. Data tersebut juga membuktikan bahwa Rainbow Six tidak dapat dipandang sebelah mata, karena dalam konteks ini angka tersebut merupakan angka yang sering didapatkan oleh game-game terkenal seperti Blockbuster, Destiny, dan Overwatch dimana ketiganya memiliki sekitar 30 juta player terdaftar.

Lalu, apa rahasia dibalik kesuksesan tersebut? Bagaimana bisa game ini bersinar kembali setelah seolah menghilang tak lama setelah perilisannya pada 1 Desember 2015 lalu? Bahkan mampu memberikan pukulan telak kepada para rival-rivalnya ditengah kerasnya persaingan game beberapa dekade terakhir. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita bahas apa saja sih rahasia kesuksesan ala Siege ini agar mampu “unjuk gigi” kembali setelah tidur panjangnya.

1. Update Tanpa Henti

Wind Bastion, adalah bentuk ekspansi terbaru dari Rainbow Six Siege yang dirilis pada 4 Desember lalu yang menandakan update besar kesebelasnya. Namun apabila kalian ikut andil dalam pengembangan update selanjutnya yang akan dibuat oleh Ubisoft nanti, dengan cara meningkatkan konektivitas dan melaporkan bug dan berbagai glitch in-game maka pihak developer akan dengan senang hati menerimanya. Hal itu merupakan sejumlah besar ekspansi yang bahkan untuk game sejenis MMO yang paling ambisius, dan sehebat CSGO milik Valve pun belum pernah ada sebelumnya, dan bahkan untuk game competitive shooter lainnya. Untuk dapat membangun ekspansi tersebut, hampir 30 patch dimasukkan kedalamnya termasuk variasi ukuran hingga kompleksitasnya. Dan mungkin yang paling mengesankan dari semuanya ialah setiap konten yang di-update semuanya benar-benar gratis.

Update-an terus-menerus dari konten baru tidak hanya berdampak pada jumlah pemain, melainkan juga untuk mempertahankan player yang sudah lama memainkan game tersebut. Selain dari pada itu, juga berarti akan selalu ada angin segar baru untuk dilihat bagi player baru maupun player lama. Dan bagi mereka sudah sering mencelupkan jari kaki mereka di sekitar Test Server, tentu akan ada banyak hal unik baru yang bisa dicoba, mulai dari operator hingga gear dan map, serta mode baru dan banyak fitur gameplay lainnya. Semua konten tersebut yang dihadirkan Ubisoft merupakan bentuk kolaborasi antara pemain dari seluruh dunia, dari AS ke Timur Tengah, hingga Canada ke Jepang. Sehingga membuat setiap map memberikan nuansa baru dan terasa berbeda.

Siege adalah game yang semakin menarik seiring berjalannya waktu, tetapi juga tetap menawarkan diskon yang cukup murah. Apabila kamu adalah orang-orang yang memiliki keinginan untuk membangun basis pengguna yang besar dan berkembang pesat, maka hal itu dapat menjadi salah satu kombinasi yang bagus untuk memberi pengaruh yang besar dan kuat. Dan dengan cara layaknya siklus ular yang memakan ekornya sendiri, komunitas yang besar berarti akan selalu ada orang baru yang memainkannya

2. Gameplay Yang Menarik

Saat sebelum ramai dibicarakan di forum online, game Rainbow Six Siege telah menawarkan kepada para pecinta game FPS dengan sebuah pengalaman yang tidak pernah mereka rasakan sebelumnya. Memang, ada sedikit kemiripan dengan CS:GO atau game tactical shooter lainnya, tetapi mulai dari mekanisme penyerangan dan bertahan, penggunaan gadget, hingga attachment pelengkap senjata yang modern menjadi hal unik yang menjadikan gameplay yang dimiliki Rainbow Six Siege menjadi luar biasa cepat dan brutal. Selain itu, eksplorasi dari ruangan satu ke ruangan yang lainnya dalam setiap map yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sehingga menjadikan pertempuran menjadi semakin sengit dan tak beraturan. Diikuti dengan hampir sebagian besar permukaan tembok tidak sepenuhnya aman untuk dijadikan cover, membuatmu akan semakin kebingungan dari mana arah datangnya musuh.

Rainbow Six Siege juga merupakan game yang menawarkan gameplay yang memiliki aspek terapis bagi mereka para claustrophobia (phobia terhadap ruangan sempit) yang belum pernah ada sebelumnya. Menempatkan player pada situasi ruangan yang sempit dengan pandangan terbatas lengkap dengan musuh yang siap menerkam kepan saja ketika lengah, aspek ini menjadikan atmosfer in-game menjadi jauh lebih tegang dan mendebarkan.

Tidak hanya seru untuk dimainkan, game ini juga cukup seru untuk ditonton. Menyaksikan momen-momen clutch ketika salah satu player yang mampu membasmi semua musuh dalam keadaan terkepung menjadi hal yang sangat menarik. Terlebih apabila hanya tersisa dia seorang diri melawan 5 player musuh di tim lawan yang masih utuh seolah memacu adrenalin para penonton untuk ikut merasakan ketegangan yang dirasakan. Sejauh ini tidak ada game lain yang mampu menandingi cerita underdog yang luar biasa ini.

3. Komunitas Dan Kontinuitas

Setiap komunitas game online akan selalu menghadapi masalah yang sama yaitu adanya kehadiran para toxic dan troll player. Hal ini merupakan kenyataan yang terjadi di dunia nyata namun memberi dampak positif kepada kebebasan demokratis di dunia online. Banyak yang berkata bahwa community Siege memiliki basis player yang cukup dewasa dan matang dalam percakapan in-gamenya. Kualitas yang dibangun atas dasar kebutuhan untuk berkomunikasi sebagai tim sehingga dapat bekerja sama untuk bisa memenangkan match tersebut.

Tim yang tidak saling berkomunikasi atau terdiri dari 5 orang egois yang berniat solo, tentu akan menjadi mangsa empuk bagi tim musuh yang memiliki kordinasi tim yang baik dan disiplin. Memberikan informasi tentang keberadaan posisi musuh menjadi poin vital yang wajib dipatuhi oleh setiap player Siege apabila ingin tim mereka menjadi sang juara. Selama kurang lebih 80 jam playtime mimin di game ini, seolah mimin memliki tim layaknya tim SWAT versi online hehe..

Disamping community Siege yang bagus, ada hal yang bahkan lebih menariknya lagi ialah berbagai cara yang dilakukan Ubisoft untuk membuat para playernya semakin terpikat. Mulai dari operator baru, senjata yang dapat diupgrade, attachment yang beragam, loot box dengan skin yang berbagai macam skin, dan berbagai macam kejutan lainnya. Selalu ada saja konten menarik dan tentu saja anti “pay to win”.

Nah, tadi merupakan poin poin penting yang dilakunan Ubisoft sebagai pihak developer untuk menjaga game mereka tetap dicintai. Mungkin sebian dari kita berangggapan bahwa hal-hal yang disebutkan di atas merupakan hal simple yang mudah untuk dilakukan. Namun, pada faktanya semua itu tidaklah mudah layaknya membalik telapak tangan, butuh pengorbanan materi dan waktu yang tidak sedikit pula. Seperti kata pepatah mengatakan bahwa sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Mungkin sekian yang bisa mimin bahas pada artikel kali ini, apabila kalian memiliki saran atau tambahan yang membangun, silahkan tulis di kolom komentar di bawah yaa… bye 🙂


Like it? Share with your friends!

79
79 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
1
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
4
SEDIH
WKWK WKWK
1
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
2
OMG !
KEREN KEREN
3
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
CoffeeMaker

Master

0 Comments