Tips dan Trik Untuk Supir Pemula di Euro Truck Simulator 2


60
2 comments, 60 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar đź’µ seperti yang caduk18 lakukan disini

Euro Truck Simulator 2 adalah sebuah game bergenre Open World Driving Simulator yang sudah dirilis sejak 13 Oktober 2012 oleh SCS Software, yang sebagaimana kita tahu bahwa SCS Software ini juga merilis game Driving Simulator lain, seperti Euro Truck Simulator 1 dan 2, Scania Truck Driving Simulator dan American Truck Simulator.

Tips dan Trik ini akan ngasih kamu beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjadi seorang supir pemula di kawasan Benua Eropa yang luas dan ramai akan kendaraan.

Selalu Mengikuti Peraturan Lalu Lintas Dan Jangan Ugal-Ugalan

Contoh pelanggaran dan damage.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menjadi seorang supir adalah selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku dan selalu berkendara dengan hati-hati agar tidak menyebabkan kerugian yang lumayan. Hal ini memanglah sangat sepele jika kita lihat, tetapi akan sangat berpengaruh jika selalu kita ikuti.

Kenapa kamu harus selalu mengikuti Peraturan Lalu Lintas dan selalu berhati-hati dalam menyetir? Karena di Euro Truck Simulator 2 ini sistemnya jika kita melanggar suatu peraturan lalu lintas tertentu kamu akan dikenai denda berupa uang, dan jika kamu menabrak atau ditabrak mobil, truk npc juga akan dikenai denda, walaupun hanya menabrak sedikit atau menyenggol.

Dengan mengikuti Peraturan dan selalu berhati-hati, kamu akan terhindar dari beberapa resiko yang disebutkan diatas tadi, karena jika kamu mendapatkan denda, uang kamu akan langsung berkurang, dan jika kamu mendapatkan damage pada truk atau trailer, kamu harus membawanya ke bengkel dan meraparasinya menggunakan uang. Maka dari itu kamu harus bijak dalam berkendara, dan selalu mengikuti peraturan yang berlaku supaya tidak mengalami kerugian.

Selalu Berhati-Hati Dalam Membawa Muatan

Dalam setiap Job yang kamu pilih, tentunya kamu akan membawa sebuah muatan trailer yang harus kamu antar ke tempat tujuan dengan hati-hati supaya tidak terkena damage. Kenapa harus berhati-hati? Karena jika tidak berhati-hati dalam membawa muatan tersebut, muatan kamu akan terkena damage, dan akan mempengaruhi gaji serta XP kamu ketika muatan sudah sampai.

Selalu Bijak Dalam Menggunakan Uang

Contoh Akun Bank dan beberapa pinjaman uang.

Banyak dari setiap player di Euro Truck Simulator 2 tidak terlalu mementingkan hal ini. Uang di dalam game ini sangatlah penting, karena uang ini berfungsi sebagai alat pembayaran kamu dalam membeli part atau bensin, mereparasi, menggaji supir yang lain, dan untuk memelihara kesehatan truk atau trailer kamu. Jadi harus dipergunakan secara bijak dan teratur supaya tidak cepat habis. Kalau kamu pemain baru dan sangat membutuhkan uang, saran saya jangan selalu meminjam kepada Bank, karena nanti akan repot ketika kamu tidak bisa membayarnya dan uang kamu akan menjadi minus(-).

Pilihlah Muatan Yang Tepat

Seorang supir truk pemula harus memperhatikan ini, karena ada banyak sekali jenis muatan yang ada di game ini. Setiap muatan pastinya memiliki gaji yang berbeda-beda, tergantung rute, jarak, berat, resiko dan seberapa pentingnya(Valuable) muatan itu. Di Euro Truck Simulator terbagi menjadi 4 macam Job yang bisa kamu ambil, yaitu(dari sebelah kiri[Quick Job]) :

  • Quick Job : Kamu bisa memilih Job jenis ini bila kamu ingin pekerjaan yang lebih cepat, dan praktis karena sudah disediakan truk dan trailernya langsung.
  • Cargo / Freight Market : Seperti job pada biasanya, kamu bisa memilih rute, jarak, berat, dan berbagai macam muatan trailer atau palette disini.
  • External Contract : Job yang hanya bisa diakses ketika kamu sedang Online, Job ini adalah job yang tidak bisa dibawa santai, karena memiliki durasi deadline yang lebih cepat dibanding Cargo Market biasa, dan biasanya kalau setiap ada event, akan diadakan di External Contracts ini. Pastikan juga akunmu sudah terhubung dengan akun World Of Trucks yaa.
  • External Market : Sama seperti Cargo Market, External Market ini hanya bisa digunakan ketika online, dan sudah memiliki akun World Of Trucks.
Ini adalah contoh Job muatan dengan jarak pendek.

Kalau kamu ingin mendapatkan uang dengan cepat, pilihlah muatan yang memiliki jarak pendek, karena dengan memilih jarak yang pendek, kamu akan terhindar dari beberapa resiko seperti, kecelakaan, kekurangan bensin, dan keterlambatan waktu. Tetapi muatan yang memiliki jarak pendek ini biasanya hanya memiliki gaji yang kecil.

Ini adalah contoh Job muatan dengan jarak panjang

Sebaliknya, dengan muatan yang memiliki jarak tempuh panjang, tentunya kamu akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi, tapi dengan catatan gaji tersebut belum dihitung dengan bensin, dan biaya reparasi truknya, bila terjadi kecelakaan atau tabrakan pada truk dan muatan.

Mau itu muatan dengan jarak yang pendek atau panjang, tetap sesuaikan dengan kekuatan mata dan tubuh kamu yaa, karena jika kamu sudah mulai lelah dan mengantuk, hal tersebut akan mempengaruhimu dalam menyetir dan bisa menyebabkan terjadinya ugal-ugalan.

Terakhir Adalah Kamu Harus Fokus Mengumpulkan Uang

Ini adalah contoh rekap penghasilan saya di akun ETS 2 saya.

Kenapa saya bilang harus fokus mengumpulkan uang? Karena bila kamu sudah memiliki uang yang banyak, kamu bisa membeli beberapa garasi dan merekrut supir untuk dipekerjakan dengan kamu. Nah, kamu bisa mulai nyicil dengan cara mengupgrade garasi pertamamu, dan merekrut beberapa supir supaya penghasilanmu bisa lebih cepat untuk membeli garasi baru atau mengupgrade truk kamu supaya semakin powerfull dan nyaman.

Sekian dari saya, dan selamat mengendarai!


Like it? Share with your friends!

60
2 comments, 60 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
caduk18

Elite

Halo semua! Perkenalkan nama saya Nur Ihsan Permadi, biasa dipanggil Adi atau Ihsan, saya adalah seorang PC Enthusiast yang suka berkecimpung di dunia hardware komputer. Saya sangat suka bermain game Simulator, khususnya yang memiliki grafis dan detail yang bagus, dan saya juga suka bermain game yang memiliki alur cerita yang bagus, dunia yang luas, dan tidak monoton.