Video Game “Cheats”, Dari Fitur Yang Bertujuan Baik Menjadi Mesin Pencari Uang


80
80 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang ODA lakukan disini

Atas atas bawah bawah kanan kiri kanan kiri A B Start. Siapa kah yang masih mengingat cheats tersebut ?. jika dahulu kalian pernah memainkan Contra pada era NES tentunya pasti akan mengingat kode tersebut. Dengan menenekan tombol tombol tersebut kita akan diberikan nyawa 30 secara Cuma Cuma.  Mulai dari contra, Crash Bandicoot, Spyro, Twisted Metal, spiderman DLL memiliki cheats yang bisa kita gunakan untuk memberikan keuntungan saat bermain. Banyak sekali game game yang memiliki secret code didalamnya. Apalagi Devloper dari Game kesayangan kita pada era PS2 GTA San Andreas, Rockstar Games. Dalam setiap serian gamenya Rockstar Games pasti akan menyematkan cheat codes yang jumlahnya terkadang tidak bisa dihitung jari.

Tujuan Awal Yang Cukup Mulia

Secret code dalam game sebenarnya diperuntukan bagi para developer untuk mempermudah mereka dalam melakukan debugging. Karena dengan menggunakan secret code tersebut mereka bisa melakukan test akan object dan asset mana aja yang perlu dibenahi. Pada awal tahun 90 an industri game masih belum mengenal apa itu patch dan update, apalagi internet yang terbilang masih digunanakn oleh segelintir orang dan merupakan barang mewah pada saat itu. Maka dari itu sebisa mungkin developer harus bisa menghasilkan game yang minim sekali bug dan glitch agar game mereka bisa dinikmati tanpa gangguan. Dengan memanfaatkan secret code dan juga cheats yang mereka masukkan kedalam game, maka hal tersebut akan mempermudah pekerjaan mereka dalam melakukan debugging.

Cheat Nowadays

Namun dengan pergantian zaman sekarang cheats sudah menjadi hal yang diperjual belikan dan bukan lagi bagian yang meruipakan ciri khas dari sebuah game. Kita ambil hal yang paling mudah dari game yang baru baru ini menuai kontroversi, Star Wars Battlefront 2. Didalam Star Wars Battlefront 2 player disuguhi dengan adanya Loot Box, yang didalamnya berisi resource yang bisa dipakai didalam game.

Mungkin bagi sebagian orang ini hanyalah fitur dari game tersebut,tetapi untuk sebagian lainnya hal ini adalah cheats yang berbayar, dan itupun masih belum pasti kita akan mendapatkan resource yang kita inginkan. Star Wars Battlefront sendiri sudah dibandrol dengan harga full price yaitu 60$ (berkisar antara 750ribu) dimana konten yang ditawarkan masih jauh dalam kata “lengkap”, kalian masih harus membeli expansion pack dan DLC lainnya, kemudian kalian juga harus menghabiskan uang lebih hanya untuk membeli resource yang mungkin tidak akan kalian gunakan dalam game.

Apa itu Hack?, Bedanya Sama Cheat?

Kata-kata “Hack” juga pasti sudah tak asing ditelinga kalian. Hack merupakan sebuah software atau perangkat yang bisa digunakan untuk mengacaukan system dari game yang sedang kita mainkan. Akhir akhir ini banyak sekali orang yang mulai menjual belikan hacks, bahkan sudah bisa kita jumpai pro player E-Sports yang mulai berlaku curang dan menggunanakan hacks dalam Tournament Besar.

Secara garis besar hacking merupakan tindakan kriminal dan akan memiliki dampak pidana yang tidak main main. Contohnya saja di korea selatan, pemerintah akan memenjarakan siapa saja yang berani dan berniat menjual belikan hack. Kemudian bagi para pro player yang ketahuan memakai Hack lisensi e-sports playernya akan dicabut selamanya dan mereka akan di ban dari asosiasi seperti IESPA.

Lha kan dulu sudah sering kita pake cheat, kenapa sekarang udah dilarang aja ?. Dulu funsgi cheat hanya untuk di game single player saja, kalaupun multi player itu ada lah couch multiplayer atau splitscreen. Sekarang hampir 90% game sudah mengimplementasikan Online multiplayer. Jika sudah dalam Term online multiplayer pastinya para developer dan juga player harus saling menjaga ketertiban bermain. Jika kalian menemukan musuh yang menggunakan cheat atau hack pasti kalian akan merasa sangat jengkel. Nah dari sini kita bisa mengambil keputusan bahwa cheats atau hacks dalam Online multi player bukan lah sebuah tindakan yang harus dicontoh dan diacungi jempol. Mencapai keberhasilan dengan sebuah kecurangan maka tidak akan lama hal tersebut akan berbalik menyerangmu.

Kapan Sih Cheat Dianggap Bagus?

Terkadang bermain menggunakan cheats juga sangat diperlukan oleh beberapa orang, dikarenakan mereka tidak memiliki waktu lebih untuk bisa melakukan grind atau mengkoleksi semua collectibles pada game. jadi pengimplementasian Cheats dalam video game sebenarnya ada sisi baik dan sisi buruknya. jika digunakan untuk mempercepat suatu proses dalam bermain video game Single player maka Cheats masih bisa dimaklumi, tetapi jika sudah merusak inti dari permainan tersebut maka dengan cepat Cheats tersebut harus dihilangkan.


Like it? Share with your friends!

80
80 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
ODA

Grand Master

Easily i'm a speedrunning scene Fans since 2012 and still following it til today

P.S Do not stalk my Twitter Please

0 Comments