Video Game Musics (OST)


24
24 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang ODA lakukan disini

Siapa yang waktu kecil pernah memainkan final fantasy series. Untuk kalian yang lahir pada tahun 80-90an pasti pernah sesekali menjajali final fantasy. Walaupun kita saat ini sudah berumur 20 atau 30 tahun pastinya kita tidak akan lupa akan irama yang mengiringi main menu dari final fantasy 4 atau battle theme pada final fantasy 6. Tetapi bagi mereka yang memainkan final fantasy 7 pasti masih akan merinding jika mendengar kata “one winged angel”. Sepiroth adalah salah satu final boss yang sangat memorable pada eranya, dan kemungkinan hingga kini. Dengan character development yang berakhir naas namun epik tersebut, penambahan character theme pasti akan sangat memiliki dampak yang besar. Hampir semua theme song yang dikerjakan oleh nobuo uematsu pasti akan memiliki special place di hati pecinta seri final fantasy tidak terkecuali saya.

Kini semua game pasti akan memiliki OST mereka masing masing yang memorable di hati para fans. Untuk saya salah satu OST yang sangat melekat di hati adalah pursuit of amber dari serial game legend of heroes. Setiap gamers pasti memiliki video game music memorable mereka masing masing apalagi para gamers veteran yang memulai bermain dari zaman kejayaan NES.

Siapa yang tidak tahu theme iconic game mario, walaupun sudah beredar lebih lama dari umur saya sendiri (saat ini saya 23 tahun) tetapi jika ada orang yang mendengar lagu tersebut pasti akan langsung menyebutkan bahwa ini adalah lagu dari game mario.

Kekuatan dari video game music saat ini tidak bisa diremehkan, karena VGM sudah menjadi bagian dari sebuah game. jika ada developer yang mengeluarkan game tetapi tidak memiliki background song ataupun character theme didalam game tersebut pasti sang devloper akan mendapatkan kartu kuning dari para reviewer atau gamer. Saking kuatnya sebuah VGM, jika sebuah game memang sudah menjadi cult tersendiri seperti FF dan juga Monster Hunter, tidak segan segan sang developer akan mengadakan konsor ataupun live orchestra dimana mereka akan memainkan musik musik yang memikat hati para pemainnya.

Dan sekarang sudah sangat umum dimana sebuah game akan memiliki special bonus atau sebuah add on berupa VGM yang bisa mereka dapatkan di dalam box kaset atau mereka download secara digital. Selain itu sudah banyak yang mengupload VGM yang sudah terlisensi secara resmi memlalui applikasi aplikasi musik digital.

Jika seseorang bertanya “Kenapa sebuah game harus memiliki Video Game Musc (VGM) ?”, jawabannya simpel sekali “karena dengan VGM, game yang kita mainkan bisa terasa hidup dan secara tidak langsung akan menanamkan berbagai macam memori kepada otak kita”. Bisa dibilang VGM saat ini sudah menjadi holy trinity dari sebuag Game yaitu, Gameplay,Story dan Music. Kenapa saya tidak menyertakan grafik ?, karena dengan campuran Gameplay,Story dan Music yang tepat bahkan game dengan grapic 8 bit atau pixelated pun pasti akan menghasilkan sebuah game yang bagus. Kita ambil contoh saja Undertale, sebuah game dengan grafik pixelated. Tetapi sang developer sangat handal daalam meracik Holy Trinity nya dan akhirnya menjadi game yang sangat epik dan sangat memorable. Atau doom 2016, sebuah game yang memiliki story simple, gameplay mekanik yang sangat memuaskan dan Theme song yang sangat sangat membuat darah kita mendidih juga bisa menjadi contoh bahwa dengan grafik bagus dan musik yang sangar bisa membuat sebuah game dicintai oleh para playernya.

Video Game Music (VGM) keharusan dalam industri game saat ini. jadi tidak bisa dipungkiri setiap developer dan setiap game pasti akan menawarkan VGM mereka masing masing. Dan setiap VGM pasti akan unik dan memiliki kisah tersendiri.


Like it? Share with your friends!

24
24 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
ODA

Grand Master

Easily i'm a speedrunning scene Fans since 2012 and still following it til today

P.S Do not stalk my Twitter Please

0 Comments