[Walkthrough – Bahasa Indonesia] Resident Evil 2 Remake (Leon) #14 – Ending


81
81 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang christianwolf lakukan disini

Sejak awal kalian sudah membawa Leon bertualang melewati berbagai rintangan dan hambatan yang mencekam. Kini kalian selangkah lagi berhasil mengamankan sampel G-VIRUS. Tujuan Leon untuk menghentikan semua ini adalah mendapatkan G-VIRUS dan keluar hidup-hidup dari sana. Itu artinya kalian sedang berada di penghujung cerita.. dengan ini penulis ucapkan selamat kepada teman-teman semua. Di panduan terakhir ini, tantangan yang akan kalian hadapi di depan juga semakin sulit. So let’s make it happen and get out of here, okay?


CATATAN : Pada walkthrough sebelumnya, kalian sebetulnya belum bisa membuka pintu besi untuk mengisi Catridge Disposal sebelum membuka pintu besi dengan memasukkan kode dari ruangan Green House Control Room. Kalian dapat menemukan kode ini melalui rute pintu palka yang sudah kalian buka sebelumnya. Kemudian penulis sarankan kalian tetaplah membawa Flash Grenade atau Hand Grenade.

MENUJU LANTAI 2B LABORATORIUM TIMUR

Dari Greenhouse kalian turun menuju pintu palka di mana kalian sedang berada di lantai 2B Laboratorium Timur (cek peta). Belok kiri melewati lorong gelap ini dan kalian akan menemukan Research Lab East Area Map dan Gunpowder. Kemudian keluar dari ruangan gelap melalui pintu di depan kalian. Pintu ini akan menghubungkan kalian dengan area Lounge. Di dalam area listrik belum menyala dan untuk menyalakannya, kalian harus menemukan alat bernama Signal Modulator (semacam komputer analog yang bisa mengaktifkan sumber daya listrik). Itu artinya, kalian belum bisa mengakses semua pintu elektrik yang berada di ruangan ini selama listrik masih mati.

Di tengah ruangan terdapat meja makan di mana kalian dapat menemukan sebuah Trophy berwarna emas. Ambil dan pilih examine, kemudian tengok bagian bawah Trophy tersebut. Kalian akan melihat sebuah kode simbol untuk membuka pintu mesin di ruangan Drug Testing Lab. Selain itu di area ini kalian juga dapat menemukan Shotgun Shells dan Green Herb. Zombie-zombie yang sedang tergeletak nantinya akan bangun, saran penulis kalian habisi saja mereka selagi masih ‘tertidur’.

Trofi Emas. Di bawahnya tertulis sebuah kode.

Lanjutkan perjalanan dengan belok ke arah kanan lorong. Bersiaplah karena Lickers akan melompat turun dari langit-langit ruangan ini. Dari arah belakang kalian, satu Lickers lagi akan muncul dan mengganggu perjalanan. Bunuh Lickers tersebut karena situasi bisa menjadi rumit ketika kalian perlu kembali lagi ke ruangan ini lagi. Kalau sudah, masuk menuju pintu selanjutnya dan lari melalui tangga menuju ke lantai atas hingga kalian sampai di sebuah ruangan yang menghubungkan kalian kembali ke Lobby (cek peta). Di ruangan ini kalian dapat menemukan Gunpowder, Handgun Ammo, Somebody’s Note, danSignal Modulator (nah ini dia). Keluar dari ruangan ini dengan membuka kunci pintu dan dari sana berlarilah menuju Main Shaft untuk menuju gedung laboratorium bagian timur, tepatnya kalian akan kembali ke Nap Room (cek peta).


KEMBALI KE NAP ROOM

Sesampainya di Nap Roomgunakan Signal Modulator untuk menyalakan listrik di seluruh ruangan bagian timur sini. Masukkan kode MUF pada Signal Modulator dan samakan frekuensinya dengan papan panel. Listrik pun kembali online dan pintu-pintu tidur pun akan terbuka. Ambil Hip Pouch dan habisi zombie yang terbangun. Setelah itu langsung keluar dari sini.

Tujuan selanjutnya adalah kembali ke Green House Control Room untuk memasukkan kodel yang kalian dapat dari Trophy emas. Setelah sampai di ruangan Green House Control Room, pergi ke komputer sebelah kanan untuk dan masukkan kode yang kalian miliki dan membuka pintu besi mesin Drug Testing Lab.

Di walkthrough sebelumnya, penulis sudah memberitahu langkah sederhana memecahkan puzzle mesin ini. Tujuan kalian adalah mengisi volume cairan sesuai dengan kadar yang tepat (ditandai dengan garis hijau). Setelah berhasil menyelesaikan puzzle, ambil silinder yang berisi cairan dan turun kembali melalui pintu palka dan kembali lagi menuju Lounge (cek peta) untuk menyalakan listrik yang mati di sana.

Pergi menuju panel listrik di sebelah kiri dan pasang Signal Modulator dengan kode MURF. Setelah listrik kembali menyala, kalian bisa mampir terlebih dahulu menuju Server Room untuk melakukan save progres permainan di Typewriter. Kalian juga dapat menemukan Gunpowder, Fuel, dan Combat Knife di sini. Jika kalian sudah ambil semua item tersebut, keluar dari Server Room dan lanjutkan perjalanan menuju ruangan Low-Temp Testing Lab (cek peta) di dekat sini. Begitu masuk ke dalam, terus saja berjalan melewati mayat zombie di lantai. Cek komputer di samping kalian, setelah itu pergi ke ruangan dingin yang berada di ujung. Di sini kalian dapat menemukan Gunpowder di siniGunakan mesin pendingin di depan kalian. Setelah memasukkan silinder ke dalanya, cairan di dam Dispersal Catridge akan didinginkan.

Mesin pendingin.

Tugas kalian telah selesai dan sekarang saatnya kembali ke Green House Control Room. Pilih rute sesuka kalian (penulis memilih kembali melalui Lounge). Pasang kembali silinder di mesin Solution Sprinkler System maka seluruh ruangan Greenroom akan disemprotkan air dan tanaman yang memadati ruangan pun akan mati. Mayat peneliti di kaca pun akan terjatuh dan itu artinya kalian bisa mengambil Electronic Chip miliknya. Pergilah ke sana. Setelah kalian sudah mengambil Electronic Chip miliknya, tiba-tiba Tyrant akan muncul di tengah Greenhouse. Hindari Tyrant sebisa mungkin. Tugas kalian selanjutnya adalah pergi menuju Main Shaft, membuka akses area menuju Laboratorium Barat dan mengamankan sampel G-VIRUS yang ada di sana.


MENUJU AREA LABORATORIUM BARAT

Hal pertama yang akan kalian temukan begitu sampai di lorong men Lab adalah Lab Digital Video Cassette yang berada di samping mayat tim Alpha. Di samping mayat tersebut kalian dapat menemukan Hand Grenade. Di ruangan sebelah kanan, kalian dapat menemukan Typewriter, sedangkan di sebelah kiri ruangan kalian dapat menemukan Blue Herb. Kalian pasang Signal Modulator dengan kode OSS di ruangan sebelah kanan. Setelah listrik menyala, kalian bisa menyetel kaset video yang kalian dapatkan barusan. Lanjutkan perjalanan ke depan dan di ruangan ini kalian dapat menemukan Gunpowder, ambilah.

Tim Alpha pun tidak berhasil menghentikan William Birkin.

RUANG TESTING LAB DAN BOS WILLIAM BIRKIN FASE 3

Sekarang kalian berada di dalam ruangan P-4 Level Testing Lab. Jika kalian belok ke ruangan sebelah kiri, kalian dapat mengecek log catatan di komputer dan kemudian… mengambil sampel G-VIRUS di tengah ruangan. Jangan dulu pergi, karena di ruangan sebelah kanan kalian dapat menemukan Gunpowder, Red Herb, dan Typewriter, dan Storage Box. Save progres permainan kalian sebelum kemudian kembali menuju lorong jembatan satu arah di mana kalian akan diperlihatkan sebuah cutscene menegangkan di sini. William Birkin ternyata belum benar-benar mati dan sekarang G-VIRUS telah bermutasi ke level ketiga selanjutnya di mana William Birkin kini berubah menjadi monster seutuhnya. Tidak ada cara lain untuk kabur dari sini kecuali mengalahkan Birkin terlebih dahulu.

Belok kiri untuk mengambil G-VIRUS.

CATATAN : Cara mengalahkan Birkin fase ketiga susah-susah gampang (apalagi jika kalian belum tahu caranya). Kini William Birkin memiliki empat buah bola mata. Salah satu mata terakhir akan muncul apabila kalian menghancurkan ketiga matanya; satu di kaki, satu di bahu, dan satu lagi di punggung. Saran penulis selalu dan selalu jaga jarak aman dari Birkin karena jangkauan serangannya kini lebih luas dan cepat dari sebelumnya. Di area pertarungan ini jangan takut kehabisan suplai item, karena kalian akan menemukan Handgun Ammo, MAG Ammo, Hand Grenade, Flash Grenade, Fuel dan First Aid Spray. 

Apabila kalian melihat William Birkin sedang berusaha mengangkat tabung berdaya ledak besar, serang mata yang muncul di punggungnya. Tambahkan damage dengan menembakkan Flamethrower ke arahnya. Hindari lemparan tabung tersebut. Flash Grenade dan Hand Grenade lebih efektif untuk melakukan counter attack. Setelah beberapa kali menyerangnya, William Birkin akan terjatuh dan mengeluarkan mata keempat di bagian dadanya. Tembak menggunakan Lightning Hawk untuk menimbulkan damage yang lebih besar. Tambahkan damage dengan  menembakkan Flamethrower lagi. Setelah beberapa kali putaran, William Birkin pun akan mati. Kali ini benar-benar mati.

William Birkin Fase 3


MELARIKAN DIRI DARI LABORATORIUM DAN MELAWAN BOS SUPER TYRANT

Setelah selesai dengan Birkin, naik lift menuju ke lantai atas. Sebuah cutscene pendek akan memperlihatkan kalian di mana Annette memberitahu Leon bahwa Ada Wong ternyata bukanlah seorang FBI, melainkan agen rahasia yang memiliki agenda mencuri G-VIRUS untuk kemudian dilelang dengan harga tertinggi. Setelah cutscene selesai, kembali lah melalui rute yang sama menuju MainShaft. Satu lagi cutscene pendek akan memperlihatkan betapa naifnya Leon di versi Resident Evil 2 Remake ini karena telah berhasil tertipu oleh agen rahasia cantik (mungkin penulis pun bernasib sama jika jadi dia)

Setelah cutscene selesai, kini situasi menjadi rumit. Seisi gedung Laboratorium akan hancur. Protokol self-destruction telah diaktifkan. Kalian hanya memiliki waktu sekitar sepuluh menit untuk keluar dari tempat ini. Bergegaslah turun menggunakan lift di tengah Main Shaft. Kalian akan menuju ruangan Monitor Room. Sesampainya di sana kalian dapat menemukan First Aid Spray dan Combat Knife. Sebuah cutscene pendek akan muncul lagi yang memperlihatkan Leon dan Claire akhirnya bertemu kembali namun hanya melalui layar monitor. Setelah kalian bergegas keluar dari ruangan ini melalui pintu selanjutnya. Ikuti jalan turun menggunakan tangga. Di depan kalian terdapat Typewriter dan Storage Box. Karena di sini adalah pit stop terakhir untuk melakukan save, jadi save-lah progres permainan kalian

Ikuti terus sepanjang jalan yang ada di depan kalian. Turun menggunakan lift dan kalian akan melewati sejumlah zombie yang mencoba menghadang. Semoga peluru senjata kalian masih cukup. Jangan lupa ambil Blue Herb di sebelah kiri. Kemudian lanjutkan pelarian kalian terus melalui pintu di ujung. Di depan kalian, ambil Green Herb kemudian turun ke bawah menggunakan tanggaKetika kalian sedang menuju pintu selanjutnya, Tyrant akan turun dari atas. Hindari dia dan lari terus ke depan. Nanti sebuah pipa akan meledak di mana kalian akan terjatuh dan Tyrant akan terperangkap kemudian terbakar habis karenanya. Terus lari mengikuti terus jalan yang ada (tidak ada jalan bercabang juga di sini) dan kalian pun akan sampai sebuah ruangan dengan di lift berukuran besar di depan kalian. Kalian harus turun menggunakan lift tersebut sebelum bangunan ini runtuh. Ambil Handgun Ammo, Red Herb, dan Joint Plug di mejaJika penuh, Atur barang muatan item kalian di Storage Box (kalau bisa sisakan 4 slot item). Bawa suplai Herb dan Senjata yang kalian punya.

 

Superhero landing! Superhero landing!

Super Tyrant

 

Pasang Joint Plug di lift dan kalian pun akan memasuki cutscene di mana Tyrant yang terbakar ternyata masih hidup namun ia muncul dengan bentuk yang lebih menyeramkan a.k.a Super Tyrant. Super Tyrant adalah bos terakhir kalian, so let’s go get ready and give everything you’ve got..

CATATAN : Waktu terus menghitung mundur. Super Tyrant tidak seperti versi Tyrant sebelumnya. Ia kini dapat bergerak dua kali lebih cepat dan jarak serangannya pun dua kali lebih luas dari sebelumnya. Satu-satunya cara memberikan damage adalah dengan menembak tangan kanannya yang mengeluarkan api dan menembak kepalanya. Saran penulis sembari menembak titik lemahnya, berlarilah dan coba pelajari timing dan cari celah untuk menghindari serangannya. Penulis memiliki pengalaman bahwa jika jarak kalian terlalu dekat dan respon kalian cukup tinggi, maka setiap serangan Tyrant bisa dihindari. Cobalah selalu menghindar ke sisi kanan dan potong serangannya dengan berlari ke belakangnya.

Prioritas kalian di sini adalah menghindari serangan Tyrant dengan tujuan mengulur waktu. Nanti di menit tertentu sebuah Rocket Launcher akan sengaja dijatuhkan ke dekat kalian (tebak oleh siapa?). Cepat ambil dan langsung arahkan ke Tyrant. Rocket tersebut akan membuatnya hancur berkeping-keping. Selamat! Kalian sukses mengalahkan bos terakhir.

Begitu lift sampai di lantai dasar, langsung lari menuju pintu yang berada di sebelah kanan kalian. Tembak zombie yang muncul dari pintu tersebut dan kalian pun akhirnya benar-benar menyelesaikan petualangan Leon kali ini. Sebuah cutscene akan memperlihatkan Leon mengejar kereta dan akhirnya selamat. Claire dan gadis kecil bernama Sherry Birkin juga selamat. Tidak lama kemudian cuplikan post-ending misterius dan credit roll pun akan mengudara.

Do you think this is over? Not yet. See you soon Resident Evil next-gen console.
The smile on her face..

 

SELESAI.


NOTE : Penulis ingin mengucapkan terima kasih banyak bagi pembaca yang mengikuti panduan ini sejak bagian pertama. Kedepannya, penulis akan mencoba menghadirkan artikel panduan dan ulasan gim PlayStation 4 terbaru yang lebih baik lagi kualitasnya.

Part: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14


Like it? Share with your friends!

81
81 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
christianwolf

Grand Master

A person who loves Jazz.

0 Comments