[Walkthrough – Bahasa Indonesia] Resident Evil 2 Remake (Leon dan Ada Wong) #9 – Pengejaran Annette Birkin


111
111 points

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang christianwolf lakukan disini

MENUJU SEL PENJARA

Sekarang kalian telah memiliki dua sekering yang dibutuhkan, maka waktunya kembali ke sel penjara melalui Break Room menuju Basement. Dari ruang Clock Tower, kalian belok ke kiri dan ikuti saja lorong gelap tersebut menuju Library dan terus saja ikuti peta menuju kembali ke Break Room. Dari sana perjalanan menuju Basement penulis rasa kalian sudah familiar dengan rutenya. Saran penulis, kembaliah ke Machinery Room melalui tangga bawah tanah di Basement dan bawa Flash Grenade atau Hand Grenade dari Storage Box sebelum melanjutkan perjalanan.

Zombie anjing yang menghalangi kalian di parkir Basement tidak perlu dipusingkan, karena kalian bisa menghadapinya. Langsung proses menuju sel penjara, belok ke kiri dan pasang kedua sakelar yang kalian miliki. Tugas kalian adalah mengaliri listrik ke seluruh sirkuit dengan mengubah posisi saklar agar terhubung satu sama lain. Apabila berhasil, maka listrik di ruang penjara akan hidup dan semua pintu penjara, termasuk yang berisi para zombie..  Surprise! Jangan lupa untuk mengambil Parking Garage Key Card yang tergantung di leher mayat informan Ada Wong.

Posisi aliran listrik antar sirkuit harus seperti ini.

Setelah itu kamu langsung saja proses menuju tuas di ujung penjara untuk membuka jalan alternatif. Tetapi hati-hati karena melalui jalan alternatif ini, kamu akan dihadang oleh Tyrant. Gunakan granat untuk membuat stun Tyrant dan mengulur waktu. Hati-hati dengan kumpulan zombie yang menghalangi kalian di depan. Apabila kalian berhasil keluar dari sel penjara, maka kalian akan diperlihatkan sebuah cutscene pendek di mana Ada Wong menyelamatkan Leon untuk kedua kalinya.

Cewe cantik, sendirian, malam-malam… sangat membuat penasaran.

GUN SHOP KENDO

Setelah cutscene selesai, selamat…  kalian telah keluar dari Racoon City Police Station di mana perjalanan kalian masih belum ada apa-apanya. Buka pintu gerbang menggunakan kartu dan ikuti saja Ada Wong ke depan. Di sebelah kanan kalian ada Green Herb yang bisa diambil. Kemudian kalian juga akan mendengarkan keduanya bercakap-cakap kecil tentang virus perusahaan umbrella dan sebagainya selama perjalanan berlangsung. Akhirnya kalian pun akan sampai di Gun Shop Kendo (familiar?). Ada Wong mengatakan akan mengambil jalan pintas melalui toko senjata ini. Di dalam toko kamu akan menemukan upgrade parts untuk shotgun dan Handgun Ammo di rak, ambilah. Kalau sudah tinggalkan ruangan toko dan kalian akan diperlihatkan sebuah cutscene di mana menunjukkan adegan yang cukup emosional.

Kalian bisa memainkan karakter ini di update terbaru Resident Evil 2 Remake, gratis!

Setelah percakapan selesai kalian masih akan terus mengikuti Ada Wong hingga sampai di Sewers. Ada Wong akan memberitahu kalian bahwa ia sedang mencari seorang ilmuwan bernama Annette Birkin yang harus bertanggung jawab atas semua kekacauan ini. Selama perjalanan di sumur bawah tanah, Ada Wong akan juga menceritakan sedikit bahwa selama ini Umbrella Corporation telah membuat fasilitas rahasia di bawah tanah Racoon City selama bertahun-tahun tanpa diketahui pihak berwenang. Kalian akan sampai pada sebuah ruangan yang berisi Typewriter dan Storage Box. 

Percayalah.. itu adalah sesuatu..

BERTEMU ALIGATOR MUTAN

Buka pintu dan jalan terus ke kanan. Di sisi lain sumur ini, kalian dapat menemukan Handgun Ammo yang terletak di atas drum. Jalanan ini akan membawa kalian dan Leon ke sebuah adegan kejar-kejaran oleh Aligator raksasa yang telah bermutasi akibat virus umbrella. Adegan kejar-kejar yang lumayan intens ini terbilang sederhana, kalian hanya perlu berlari ke kiri dan ke kanan untuk menghindari gigitan Aligator. Penulis tidak yakin untuk menyebut bagian ini sebagai Boss Battle juga. Di akhir pengejaran, Leon akan melompat dan Aligator tersebut akan tersangkut di sebuah pipa gas besar. Kalian tembak saja pipa besar tersebut dan Aligator pun meledak berkeping-keping. Sayang sekali, adegan Aligator hanya tampil bak cameo di seri remake ini.

Jurus ampuh Mustika; Musti Kabur!

Di sekitar sini, jika kalian mau sedikit berkeliling maka kalian akan menemukan Hand Grenade dan Mr. Racoon Toy. Tidak lama kemudian Ada Wong akan menurunkan tangga untuk membantu kalian naik. Sampai saat ini ikuti terus saja Ada Wong sampai kalian berada di sebuah ruangan dengan Typewriter. Save progres permainan kalian. Begitu kalian keluar dari pintu depan, maka kalian akan diperlihatkan sebuah cutscene di mana Ada Wong dan Leon akhirnya menemukan Annette yang sedang memeriksa sebuah mayat zombie. Adegan percakapan pun berubah menjadi adegan yang cukup intens di mana akhirnya Leon tertembak di bahu kiri oleh Annette karena melindungi Ada Wong.

Kini untuk sementara Leon akan absen dari permainan dan untuk sementara digantikan oleh Ada Wong. Faktanya, kalian hanya satu kali saja mengunakan Ada Wong , permainan.

Oke.. setelah pengenalan singkat Ada Wong, kalian langsung saja menuju tangga yang mengarah dengan sebuah kipas angin besar. Kalian harus naik menempuh rute melalui kipas angin tersebut. Untungnya gadget mata-mata milik Ada Wong sangat membantu. Gunakan EMF Visualizer untuk mengaktifkan dan membuat overload kipas angin tersebut. Caranya sangat sederhana; cari sumber energi listrik, arahkan EMF Visualizer, aktifkan panel listrik tersebut, kemudian arahkan kembali ke panel listrik yang berada di kipas angin untuk membuatnya overload. Kipas angin akan rusak dan meledak. Naiki tangga dan ikuti saja sepanjang lorong. Di depan, kalian akan bertemu kembali dengan kipas angin besar. Same plan, do it. 

Setelah berhasil turun, dan kini kalian akan menemukan sebuah pintu elektrik yang terkunci. Gunakan EMF Visualizer untuk mencari sumber sirkuit dan mengaktifkan sirkuit yang terhubung ke pintu elektrik tersebut untuk membukanya. Zombie di depan kalian akan terbangun dan mengganggu perjalanan. Jika kalian gesit, maka kalian bisa kabur dari ruangan ini tanpa konfrontasi langsung dengan si zombie. Lanjutkan proses menuju ruangan selanjutnya. Di ujung jalan, tepatnya di atas sebuah drum, ambil Handgun Ammo. Setelah itu belok ke kanan dan ikuti saja tangga turun.

 

Candy from baby..

Di sini, sekitar ini kalian dapat menemukan Flash Grenade dan Handgun Ammo jika berkeliling sedikit. Tujuan kalian adalah naik ke atas menggunakan lift. Same plan.. gunakan EMF Visualizer dan ikuti terus sirkuit listrik yang berada di bawah kaki kalian. Sirkuit ini akan membawa kalian ke ujung ruangan di mana akan ada sejumlah zombie yang muncul dan mengganggu. Saran penulis hindari dulu mereka, kecuali terpaksa (peluru juga terbatas). Setelah kalian menemukan sirkuit yang berada di ujung ruangan, aktifkan sumber listrik tersebut. Sirkuit listrik telah online, itu artinya lift sudah dapat digunakan. Saat perjalanan ke arah balik, zombie-zombie barusan sudah bersiap untuk menyantap kalian. Keahlian menembak kalian sangat diperlukan di sini. Setelah berhasil melewati zombie-zombie tersebut, proses menuju lift untuk menuju ke atas.

Kalian dapat naik ke lantai atas melalui lift ini yang sayangnya belum aktif.
Panel sumber listrik untuk mengaliri listrik ke lift barusan.

Kalian akan melihat Annette dari balik kaca berjalan menuju suatu pintu. Proses terus menuju pintu di depan kalian dan masuk ke dalamnya. Sayangnya kalian tidak bisa memasuki pintu yang dimasuki Annette. Kalian harus melalui pintu besi yang tertutup di depan kalian di mana pintu tersebut membutuhkan energi listrik agar dapat dibuka. Arahkan EMF Visualizer untuk menemukan panel sumber listrik yang berada di sebelah kanan. Aktifkan sumber panel listrik tersebut dan ubah tuas sirkuit listrik agar aliran energi listrik mengalir ke pintu besi tersebut.

Gerak cepatlah… karena entah dari mana Tyrant muncul dan mengejar kalian dari belakang. Itu artinya waktu kalian yang tersedia untuk kabur semakin sempit.

Setelah aliran sirkuit listrik untuk membuka pintu besi sudah aktif, buka pintunya tetapi jangan langsung masuk ke dalam. Melainkan, masih di tempat yang sama, ubah kembali tuas sirkuit listrik dari bawah ke atas agar sirkuit listrik mengalir ke arah kipas angin di depan. Langsung masuk ke dalam, cepat ambil Handgun Ammo di atas meja dan langsung rusakkan sirkuit kipas angin agar overload untuk kabur.

Setelah ini, kalian terus jalan dan belok ke kiri menuju pintu di ujung. Di level ini kalian akan membutuhkan Wrist Band sebagai satu-satunya akses memasuki pintu elektronik yang berada di sebelah kanan. Di sini kalian dapat menemukan Typewriter di atas drum. Save permainan kalian. Di tengah ruangan terdapat sebuah alat pembakaran besar, di mana pintunya masih tertutup. Sebelum dapat membuka ruang pembakaran tersebut, naiki tangga di depan kalian dan gunakan tuas untuk membuka pintunya. Di dalam ruang pembakaran kalian akan menemukan Wrist Band tersebut di tangan mayat pria. Ambil gelang elektronik tersebut. Tidak lama, kalian akan terperangkap di dalamnya dan hanya memiliki waktu sekitar tiga puluh detik untuk bisa keluar (ini adalah bagian dari jebakan Annette sebetulnya).

Untuk bisa keluar dari ruang pembakaran, cari dan nyalakan sumber energi listrik yang berada di sebelah kiri kalian menggunakan EMF Visualizer. Ikuti saja sirkuit arus listrik tersebut yang mengarah ke panel listrik di atas pintu yang berjumlah tiga buah panel. Intinya adalah kalian harus menghancurkan ketiga sumber panel energi listrik yang mengaliri pintu tersebut. Kalau sudah berhasil, keluar dari ruangan dan langsung masuk ke pintu elektrik. Sebuah cutscene pendek akan memperlihatkan Ada Wong dan Annette yang berseteru namun berakhir dengan momen di mana Ada Wong terjatuh ke sebuah tempat pembuangan.. menunggu untuk ditolong…

Cinematografi ini terlihat seperti artwork yang ciamik, meski nyatanya ini adalah cutscene. *Butuh kecepatan menangkap screenshot karena adegan ini hanya beberapa detik saja.

Damn..

Part: 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14


Like it? Share with your friends!

111
111 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
0
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
0
KEREN
WTF ! WTF !
0
WTF !
christianwolf

Grand Master

A person who loves Jazz.

0 Comments