CPY Bobol Proteksi Denuvo PES 2018 Dalam Waktu 9 Hari

in ,

Oh Denuvo, apakah kau masih pantas dibilang “ampuh” untuk urus pembajakan di PC? Semakin lama proteksi dari perusahaan Austria ini semakin mudah untuk dibobol tim peretas. Mungkin tak satu hari langsung terbobol, tapi dibandingkan dulu yang bisa makan waktu berbulan-bulan hinga satu tahun, kini tembok Denuvo terlihat lebih mudah untuk ditembus.

Metal Gear Solid V: The Phantom Pain dan Pro Evolution Soccer 2017 kemarin tergolong sukses terproteksi oleh Denuvo, pada akhirnya masih terbobol namun butuh waktu lama untuk para tim cracker berhasil sentuh. Konami memutuskan untuk kembali menggunakan layanan anti-tamper tersebut untuk PES 2018 dengan harapan perlindungi ketat serupa seperti dua game sebelumnya. Sayangnya kali ini hanya memakan 9 hari untuk tim peretas CPY berhasil bobol proteksi anti-tamper tersebut.

PES 2018 gunakan versi terbaru Denuvo yang mereka sebut sebagai “V4.6”. Maka bisa dikatakan Denuvo telah memperbarui proteksi mereka setelah V4.5 yang dipakai pada Sonic Mania, Agents of Mayhem dan F1 2017 dibobol dalam hitungan hari juga setelah rilis oleh mereka.

Dalam urusan penjualan, PES 2018 terjual 50 ribu kopi di PC dalam waktu 9 hari. Angka yang tinggi dibandingkan dengan tahun kemarin yang hanya sampai 200 ribu kopi setelah satu tahun. Namun kemungkinan besar itu karena Konami akhirnya berikan kualitas visual next-gen ke game sepak bola ini.

Dengan bulan-bulan akhir 2017 ini akan ditumpuki banyak game kelas AAA, Denuvo tampaknya harus segera mencari cara untuk bisa terus proteksi game-game mendatang tanpa terbobol dalam hitungan hari lagi seperti game ini dan game V4.5 sebelumnya. Apakah Denuvo akan kembali jaya kembali seperti di tahun 2014 lalu, atau apakah akan terus dibobol oleh CPY dan tim-tim peretas lainnya? Kita lihat saja nanti.

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.

Leave a Reply

Your email address will not be published.