Ken Levine Creator Bioshock Game AAA – Dalam beberapa tahun terakhir, banyak developer dan publisher membuat game AAA dengan kualitas dan juga budget yang luar biasa tinggi. Namun tidak sedikit dari game tersebut justru tidak sesuia ekspektasi Gamer pada saat rilis, terlebih game yang rilis di tahun 2024.
Dan baru-baru ini, Kreator game Bioshock memberikan tanggapannya terhadap game AAA mengingat game tersebut sering diperbincangkan Gamer dalam beberapa tahun terakhir. Seperti apa tanggapannya?
Tanggapan Creator Bioshock Terhadap Game AAA
Dalam interview eksklusif Gamesindustry, Ken Levine selaku Kreator Bioshock diberikan berbagai macam pertanyaan, mulai dari game barunya berjudul Judas dan juga pengalaman yang sudah dia lalui ketika membuat game Bioshock. Dia juga membagikan pendapatnya mengenai game AAA.
Ken Levine mengatakan bahwa game AAA saat ini sangat sulit dilakukan. Apalagi developer harus mengambil resiko besar dan paling penting betapa mahalnya untuk membuat game Triple-A. Itulah yang dia hadapi sebagai developer game, baik itu ketika membuat game barunya Judas ataupun Bioshock.
Berikut ini pernyataan dari kreator game Bioshock dan Judas.
AAA sudah menjadi sangat sulit untuk mengambil resiko dan paling penting karena game itu sangat mahal Jadi saya merasa benar-benar beruntung untuk diberikan kepercayaan dari perusahaan untuk mengambil resiko tersebut dan menghabiskan waktu yang kubutuhkan agar game ini bisa sukses.
Ken Levine
Resiko Game AAA yang Tidak Ada Inovasi
Selain itu, sang Kreator juga mengungkap pendapat lainnya terhadap game AAA, terlebih apabila game tersebut tidak ada inovasi. Menurutnya game AAA sering memiliki masalah dalam membuat inovasi dalam video game.
Levine menjelaskan bagaimana semuanya saat ini sudah semakin mahal, apalagi dalam ruang membuat game AAA karena bakal banyak uang yang dihabiskan. Dan ketika developer menghabiskan banyak uang, Levine berpendapat orang-orang akan khawatir terhadap kelayakan game tersebut ketika rilis secara komersial.
Dari situ, dia menekankan ketika game AAA tidak memiliki inovasi, maka kalian akan mulai kehilangan orang-orang karena mereka sudah pernah melihat game itu sebelumnya. Jadi dia merasa kasus seperti itu membuat perusahaan video game bergantung pada potensi waralaba dimana hal ini terjadi pada franchise tertentu.
Semuanya menjadi lebih mahal, terlebih dalam ruang besar AAA karena itu akan menghabiskan banyak uang. Dan ketika kalian menghabiskan semua uang ini, secara alami kalian akan memiliki orang-orang yang khawatir terhadap kelayakan gamenya ketika rilis secara komersial.
Tetapi masalah yang dihadapi AAA adalah jika kalian tidak berinovasi, terlebih dalam video game, kalian mulai kehilangan orang-orang karena mereka sudah pernah melihat game seperti itu sebelumya. Jadi dalam beberapa kasus, kita berpotensi terlalu bergantung pada waralaba.
Ken Levine
Itulah informasi mengenai tanggapan Kreator game Bioshock terhadap game AAA, terlebih yang tidak punya inovasi. Bagaimana menurut kalian dengan informasi ini?
Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Bioshock, Game AAA atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.