Cryptominer Asal Ukraina Gunakan Ribuan Unit PS4 untuk Menambang Mata Uang Crypto

PS4 Mining

Security Service Ukraine (SSU) pada hari kamis melaporkan bahwa penegak hukum Ukraina telah menangkap mining farm cryptocurrency di kota Vinnytsia. Pelaku mining ini mencuri tenaga listrik kota secara illegal ke dalam sebuah gudang dan membangun mining farm di sana. Dan yang menariknya lagi, penangkapan ini membuat orang kaget karena terdapat banyak sekali unit Playstation 4 yang digunakan untuk mining cryptocurrency.

dilansir dari tomshardware, pihak berwajib Ukraina melaporkan bahwa mereka telah mengamankan 5000 unit hardware, termasuk didalamnya 500 graphics card, 50 processor dan 3800 konsol PlayStation 4 yang sekarang tidak memiliki banyak stock yang beredar.

Sebenarnya tidak aneh melihat banyak processor dan graphic card ditemukan dalam mining farm ini karena dua hal ini diperlukan untuk mining cryptocurrency. Namun konsol PS4 sangat tidak pada tempatnya.

Cryptominer Asal Ukraina Gunakan Ribuan Unit PS4 untuk Menambang Mata Uang Crypto 2

Foto di atas memperlihatkan banyak rak berisikan PS4 yang terhubung dengan internet. Meskipun sebelumnya isu bahwa PS4 dapat dijadikan alat mining cryptocurrency, namun masih belum ada bukti pasti bahwa konsol ini dapat dijadikan alat mining yang efektif. Dengan penemuan ini, bisa dipastikan bahwa seseorang sudah menemukan cara untuk melakukan mining dengan konsol PS4.

Konsol PS4 memliki spesifikasi 8GB GDDR5 memory dengan clock speed 5.5Gbps, Memory bandwidth hingga 176GBps. Dan untuk versi Pro dari PS4 memiliki memory 217.6GBps. Sebagai perbandingan, Radeon RX580 yang memiliki memory bandwidth sebesar 25yGBps merupakan salah satu mining GPU terbaik. Dan PS4 Pro dapat mengimbangi performa Radeon RX580 untuk mining Etherium.

Meskipun mining menggunakan konsol dapat dilakukan, penggunaan graphics card dan ASIC Miner tetap menjadi hal yang lebih efisien. Akan tetapi, sepertinya miner asal Ukraina ini tidak mementingkan efisiensi karena telah mencuri listrik untuk melakukan mining.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version