Crytek Umumkan CryEngine V

CE V

Ketika membicarakan game engine terbaik tahun 2013 lalu, mata kita pasti akan tertuju pada engine asal Jerman yang bisa menundukkan PC terkuat pada masa itu, CryEngine. Kekuatan CryEngine juga terbukti nyaris bisa menundukkan PC monster saat ini seharga kisaran 70-80 juta rupiah milik JackFrags yang mencoba memainkan Crysis 3 pada resolusi 4K dan mendapatkan framerate sekitar 40 fps, kamu bisa menonton videonya di bawah di menit ke 7:37.

Jika pada masa itu CryEngine sangat populer, namun tidak untuk saat ini. Saat ini kebanyakan game justru mengandalkan kompetitor CryEngine, yaitu Unreal Engine 4 buatan Epic Games. Namun hal ini tidak menghentikan Crytek untuk terus berinovasi mengembangkan game engine mereka. Developer asal Jerman ini akhirnya secara resmi mengumumkan game engine mereka yang terbaru, CryEngine 2016 atau bisa kita sebut CryEngine V, karena semenjak CryEngine 3 Crytek tidak akan menyebut varian CryEngine dengan angka di belakangnya.

Berbeda dengan versi sebelumnya, CryEngine V ini akan mengadopsi sistem “Pay What You Want” untuk developer yang ingin menggunakan CryEngine. Jika sebelumnya developer harus membayar untuk menggunakannya, sekarang developer bisa menggunakannya secara bebas dengan akses penuh seluruh fitur yang ditawarkan CryEngine V. Developer tidak akan diberi tanggungan seperti royalti atau biaya lain. Sebagai gantinya, developer bisa memilih untuk berkontribusi untuk program Indie Development Fund yang dirancang Crytek untuk mendukung beberapa proyek game Indie di seluruh dunia.

Masih belum ada kejelasan bagaimana jika CryEngine V ini menunjukkan seluruh kemampuannya. Yang jelas CryEngine V akan mendukung game berbasis VR atau Virtual Reality dan DirectX 12 yang hanya dimiliki Windows 10. Kira-kira game seperti apa yang benar-benar menunjukkan seluruh kemampuan CryEngine V ini ya? Yang pasti, semakin baru versi CryEngine, maka semakin berat game tersebut dijalankan di PC terkuat saat ini. Apakah PC mu siap untuk menangani game berbasis CryEngine V yang akan menunjukkan seluruh kemampuan CryEngine V di masa depan?

Source: Crytek

Exit mobile version