CTR Nitro Fueled Review – Tetap Seru dan Menyenangkan!


Monetisasi game jadul bukanlah hal yang baru lagi di industri video game. Mulai dari HD remaster hingga full remake merupakan segelintir dari banyaknya cara yang dilakukan developer dan publisher untuk hadirkan kembali franchise yang sempat berjaya di masanya. Tak jarang, mereka lakukan branding ulang agar franchise lama yang telah mati dan tak dilanjutkan lagi bisa tetap hidup untuk mengikuti zaman. Crash Team Racing: Nitro Fueled (selanjutnya akan disebut CTR: Nitro Fueled) adalah salah satunya.

Nulis artikel dibayar

Berawal dari kiprahnya di PlayStation pertama, game yang awalnya dibuat oleh Naughty Dog ini tak hanya mencoba hadirkan nostalgia bagi para fans terdahulunya, namun juga berikan rasa baru dan memperbaiki kesalahan yang sempat ada. Beenox Interactive dan Activision yang kini memiliki IP-nya nampak membuktikan bahwa game buatan Naughty Dog pada tahun 1999 tersebut tak lekang oleh waktu dan tetap asyik dimainkan dengan teknologi yang telah maju.

Gameplay Klasik yang Tak Terlupakan

Sebelum membahas lebih dalam, alangkah lebih baik apabila kita mengintip terlebih dahulu apa yang Beenox lakukan kepada gamenya. Bagi kamu yang dulu pernah memainkan CTR di PlayStation pertama, maka kamu takkan menemukan perubahan yang begitu signifikan di versi remasternya kali ini. Kamu tetap bisa melakukan manuver-manuver cantik seperti drift dengan turbo boost saat asap berwarna hitam muncul untuk meningkatkan kecepatanmu, mengambil powerup di setiap kotak yang tersedia, mengoleksi wumpa fruit hingga 10 untuk dapatkan kecepatan lebih tinggi dan powerup lebih kuat, atau memanfaatkan TNT untuk mengganti salah satu kotak powerupnya. Hal ini tentunya disebabkan karena mereka tak mengubahnya sama sekali kecuali parameternya. Jika dulu parameter kecepatan tinggi di salah satu karakternya tak memberikan hasil apapun dan lebih condong seperti “formalitas” saja, namun kali ini parameter tersebut benar-benar berfungsi dengan baik.

Setiap karakter miliki parameternya sendiri yang kini lebih berguna dibanding seri orisinalnya.

Tiny Tiger misalnya yang miliki kecepatan tinggi namun dengan handling yang buruk, akan benar-benar terasa jika dibandingkan versi orisinalnya. Polar dengan handling yang tinggi juga memudahkanmu untuk melewati kelokan trek yang tajam jika dibandingkan saat kamu harus menggunakan karakter seperti Coco Bandicoot yang miliki akselerasi tinggi. Beenox memperbaikinya dengan sangat baik dan pas. Mereka tidak mengaturnya secara berlebihan agar salah satu karakternya overpower, namun juga agar bisa dikalahkan oleh karakter lain yang miliki parameter yang rendah.



Sayangnya, bagi kamu yang belum pernah memainkannya sama sekali di masa lampau, nampaknya kamu harus berusaha keras untuk bisa menguasai beberapa trik seperti turbo boost saat drifting karena handlingnya yang cukup sulit dan beberapa jalan rahasia yang tak hanya menantang, namun juga cukup sulit ditemukan bagi pemula. Namun, jika kamu telah berhasil menguasainya, maka akan terdapat rasa puas yang mungkin jarang ada pada game zaman sekarang yang cenderung lebih simple dan mudah.

Ada yang ingin menantang diri di Crystal Challenge?
Tantang dirimu di Relic Mode atau CTR Challenge untuk mendapatkan CTR Token

Beberapa mode yang kamu kenal dulu juga masih tetap ada, mulai dari race klasik, battle, ctr token challenge, crystal challenge, hingga relic challenge bisa kembangkan senyuman di setiap menitnya.

Meski miliki auto-save, namun mereka tak meninggalkan manual save di Adventure Mode.

Berbeda dari seri lawas yang masih menggunakan manual save, CTR: Nitro Fueled implementasikan auto-save. Meskipun begitu, ia juga masih mempertahankan manual save yang ada di TV hijau di adventure mode.

Kode Cheat Bisa Digunakan!

Cheat dari PS1 bisa digunakan namun akan menghilangkan kesempatanmu untuk dapatkan hadiah. Tidak semua cheat bisa digunakan.

Dengan gameplaynya yang cukup klasik, tentunya tak afdol apabila game ini tak hadirkan kode curang atau yang biasa kita sebut dengan kode cheat. Kamu bisa menggunakan beberapa kode seperti invisibility (hanya menghilangkan karaktermu saat bermain), hingga membuka karakter rahasia seperti Penta Penguin hanya dengan pergi ke main menu dan menekan tombol yang ada.

BACA JUGA  Rekomendasi 20 Game Paling Dinanti di Bulan Desember 2019!

Setiap kode yang berhasil diaktifkan akan miliki suara tertentu saat memasukkannya. Sayangnya, tak semua kode cheat yang ada di versi PlayStation pertamanya bisa digunakan. Kode seperti demo Spyro takkan bisa digunakan sama sekali setelah saya mencobanya.

Menggunakan kode tersebut akan menghilangkan kesempatanmu untuk mendapatkan trophy atau achievement (ditandai dengan sebuah notifikasi). Namun khusus untuk membuka Penta Penguin, kamu takkan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan trophy.

Tampilan Visual Lebih Cantik

Efek ledakan jadi lebih cantik.

Meskipun miliki gameplay yang sama dengan beberapa perubahan yang menarik bahkan kode cheat retro, memang tak bisa dipungkiri bahwa tampilannya memang disesuaikan dengan zaman sekarang yang kurang lebih sama dengan Crash Bandicoot N.Sane Trilogy mengingat bentuk Crash cukup mirip dengan game buatan Vicarious Visions tersebut.

Tampilan Papu’s Pyramid dan Roo’s Tubes kini jadi lebih menarik.

Treknya juga kebanyakan miliki tampilan yang berbeda, namun tak melewatkan beberapa bentuk utamanya. Papu’s Pyramid misalnya yang kini miliki model piramida yang lebih cantik dibanding sebelumnya dengan segala pernak-perniknya, atau Roo’s Tubes dengan warna biru air akuarium yang indah, namun tak lupa memadukannya dengan sedikit sentuhan warna oranye dan merah untuk beberapa mekanisme bangunannya.

Dingo Canyon? Jadi lebih indah.

Beberapa efek seperti ledakan, boost, dan dunianya dibuat lebih kartunis dan memanjakan mata. Mereka juga tak membuatnya terlalu berwarna dan terlalu gelap agar memberikan kesan natural di dalamnya.

Membuka Karakter Jadi Lebih Mudah

Ingin membuka Papu Papu? Gampang! Kalahkan dia di Adventure Mode.

Selain gameplay yang akan mengingatkanmu pada kejayaan gamenya di tahun 1999 namun dengan perubahan parameter yang lebih masuk akal dan tampilan visual yang lebih cantik, Crash Team Racing: Nitro Fueled akan berikanmu kemudahan untuk membuka tiap karakternya.

Jika dulu kamu diwajibkan untuk memainkan beberapa kali adventure mode dan challenge untuk membuka salah satu karakternya, kali ini kamu hanya perlu mengalahkan tiap boss yang menantangmu di adventure mode. Hal ini otomatis membuat Papu-Papu, Ripper Roo, Komodo Joe, dan Pinstripe Potoroo sangat mudah untuk dibuka. Kamu juga bisa membuka karakter super rahasia yang tak ada dalam rosternya yakni Penta Penguin dengan menggunakan kode cheat.

Tantang Papu Papu dalam treknya untuk membukanya.

Meskipun lebih mudah, namun beberapa karakter klasik masih miliki cara membukanya yang menantang sekaligus cukup sulit. N.Tropy misalnya yang wajibkanmu untuk mengalahkan kecepatan waktunya di setiap trek yang ada untuk membukanya. Namun berbeda dari seri klasik yang tak berikanmu petunjuk sama sekali, CTR: Nitro Fueled dengan baik hati memberikan petunjuknya. Berikanmu sebuah konsekuensi dari yang mudah maupun berat untuk mendapatkan karakter favoritmu.

Menariknya, jika dulu kamu memerlukan gameshark untuk bisa memainkan boss utama gamenya Nitros Oxide, maka kini kamu bisa memainkannya tanpa harus menggunakan gameshark. Sama seperti empat boss yang disebutkan, kamu hanya perlu mengalahkannya saja untuk bisa membuka Oxide. Sayangnya, ia tak hadir dengan mobilnya karena ia hanya bisa dibuka secara terpisah melalui pit stop.

Adventure Mode dengan Animasi dan Karakter yang Lebih Baik

Aku-Aku/Uka-Uka akan membimbingmu di Adventure Mode dan memberikan tutorial.

Meskipun kamu diberikan kemudahan untuk membuka karakter di Adventure Mode, namun rupanya mode ini tak banyak berubah dan tetap sama dengan versi PlayStation pertamanya. Kamu akan diberikan penjelasan oleh topeng Aku-Aku (Crash, Coco, Polar, Pura, dan Penta Penguin) atau Uka-Uka (Cortex, N.Gin, Tiny, Dingodile, Roo, Papu, Komodo, Pinstripe, Fake Crash, N.Tropy, dan Nitros Oxide)  hanya perlu menyelesaikan empat trek di setiap area dalam posisi pertama untuk menantang boss yang ada seperti Ripper Roo, Papu Papu, Komodo Joe, dan Pinstripe Potoroo. Mengalahkan keempat boss tersebut akan berimu kunci untuk melawan musuh utamamu yakni Nitros Oxide.

Ripper Roo dan Papu Papu akan miliki animasi seperti ini saat mereka menantangmu.

Menariknya, setiap kamu siap melawan boss, perkenalan mereka akan miliki animasi karakter. Membuatnya terasa tak canggung dan lebih seamless tanpa batasan tertentu. Mengalahkan mereka juga akan berikan animasi di mana Roo atau Papu memberikan kunci yang kamu butuhkan untuk melanjutkan petualanganmu.

BACA JUGA  8 Game MMORPG Baru 2019 yang Bisa Dimainkan Sekarang Juga
Pilih salah satu: Nitro-Fueled atau Classic.

Namun terdapat perubahan yang menarik dalam mode ini, kamu akan diberikan dua pilihan sebelum melanjutkannya lebih lanjut: Nitro-Fueled atau Classic. Nitro-Fueled cenderung akan lebih mudah karena kamu bisa melakukan setting tingkat kesulitannya, selain itu, ia juga berikanmu kustomisasi dan mengganti karakter sesuka hati.

Hanya dengan mengalahkan Papu Papu, kamu bisa memainkan karakternya.

Sementara Classic akan miliki fitur yang sama seperti versi lawasnya, di mana kamu hanya akan memilih satu karakter saja sampai mengalahkan Oxide tanpa kustomisasi dan kemampuan untuk mengganti tingkat kesulitannya.

Trek Lebih Banyak

Selain trek orisinal, trek dari Crash Nitro Kart juga ditambahkan.

Selain adventure mode yang tetap mempertahankan keklasikannya, beberapa trek klasik tetap meramaikan CTR: Nitro-Fueled. Berbeda dari seri orisinalnya yang perlu membuka beberapa trek tertentu, di seri ini semua trek telah terbuka termasuk trek tempatmu bertempur melawan Nitros Oxide. Ia akan tetap miliki semua elemen trek dari versi PlayStation pertamanya, misalnya saja patung yang bisa menyemburkan api hingga tangki minyak yang bergulung. Berikanmu tantangan tambahan tak hanya dari musuhmu saja, namun juga treknya. Ia juga tak melewatkan beberapa jalan rahasia yang tentunya sangat mudah ditemukan, namun cukup menantang untuk ditaklukkan.

Menariknya lagi, semua trek dari Crash Nitro Kart kembali. Sayang, saya belum pernah memainkannya sama sekali, jadi saya tidak bisa memberikan keterangan lebih lengkap untuk trek tersebut.



Jika kamu mengikuti beritanya, Activision dikabarkan berencana untuk terus menambah trek dan karakternya dengan update DLC di masa mendatang, lengkap dengan sistem Grand Prix yang nampak seperti sistem Battle Pass yang sudah ada di beberapa game seperti DotA2, PlayerUnknown’s Battlegrounds atau Apex Legends. Jadi sepertinya game ini akan terus mendapatkan hal baru dari sisi konten dan tak stagnan di satu fase saja.

Kustomisasi Buatnya Tak Hanya Berpaut pada Satu Jenis Kart

Body, Stiker, Kart Set bisa mengubah semua tampilan kartmu.

Trek yang lebih banyak dengan banyak tantangan yang ada tentunya tak membuat Nitro Fueled yang menjadi embel-embel nama di belakang judulnya miliki identitas yang berbeda dari seri klasiknya. Beenox menambahkan kustomisasi yang meskipun cukup minim, namun sangat berpengaruh karena variasinya yang lengkap.

Kamu bisa mengkustomisasi karakter dan mobilmu sesuka hati. Mengganti skin karakternya dari skin normal yang mengubah warnanya saja hingga legendary yang mengubah total penampilannya. Sementara mobilmu akan bisa kamu kustomisasi body, ban, dan warnanya.

Seperti yang telah saya sebutkan tadi, membuka karakter takkan satu paket dengan mobilnya. Membuatmu harus menyelesaikan tantangan atau membelinya di toko bernama pitstop.

Pit-Stop, Alternatifmu untuk Membuka Karakter dan Item Kosmetik

Kustomisasi memang bisa dibuka dengan menyelesaikan challenge yang ada, namun beberapa di antaranya bisa dibuka dengan membelinya di pit-stop. Fitur yang sama seperti microtransaction ini sama sekali tidak memberikanmu kesempatan untuk menggunakan uang asli demi membukanya. Kamu membutuhkan Wumpa Coin yang bisa kamu dapatkan dengan memainkan gamenya, baik adventure, klasik, battle, hingga multiplayer online. Menang atau kalah, kamu akan tetap mendapatkannya.

Meski tampilannya seperti microtransaction, percayalah bahwa wumpa coin bisa didapatkan hanya dengan memainkan gamenya.Kamu bisa membuka karakter, skin, maupun ban dari kartmu. Namun hanya beberapa saja yang bisa dibuka.

Mengumpulkan wumpa coin dalam jumlah tertentu akan berimu kesempatan untuk membuka skin, karakter, hingga mobil yang khusus bisa dibuka di sini. Sementara skin dan mobil lain seperti hovercraft milik Nitros Oxide yang hanya bisa dibuka dengan menyelesaikan adventure mode dengan 100% completion takkan bisa dibuka sama sekali.

Musik dan Elemen Klasik yang Tetap Ada

Penambahan Pit-Stop bukan satu-satunya yang meramaikan game klasik tersebut, namun musiknya yang ikonik akan terdengar sama seperti seri klasiknya meskipun diaransemen ulang menggunakan instrumen modern. Beberapa sound effectnya dibuat dengan jauh lebih baik, namun tak menghilangkan ciri khas utamanya. Mulai dari suara kamu mendapatkan power-up, TNT, bahkan musik main-menunya masih sama.

BACA JUGA  Jadi Tim PUBG Mobile Terbaik Didunia, Bigetron RA Juarai PMCO Fall 2019
Hei, animasi sebelum menu ini muncul yang jadi ciri khas klasik gamenya juga masih Beenox pertahankan.

Elemen klasik seperti animasi Crash di menu utama sebelum dia memegang piala juga kembali dihadirkan dengan lebih halus tanpa berikan skip frame dan animasi yang tak perlu. Ekspresinya yang lucu saat ia ditimpa huruf “CTR” masih akan buatmu tersenyum kecil. What a good ol’ days!

Multiplayer Online yang Seru dan Offline Split Screen Kembali!

Ingin mainkan gamenya secara online? Bisa! Player yang terkumpul saat online akan bermain bersamamu dan AI dalam sebuah match.

Dengan musik yang sama lengkap dengan elemen klasiknya yang masih dipertahankan, rupanya Beenox masih memberikan fitur multiplayer split screen yang mulai ditinggalkan oleh banyak developer modern berkat kecanggihan fitur online. Kamu bisa bermain hingga empat player dalam game ini seperti seri orisinalnya. Membuat pengalamanmu dan teman-temanmu menjadi lebih seru dibanding bermain sendirian.

Tak punya koneksi internet? Tenang! Kamu masih bisa memainkannya bareng temenmu secara offline split-screen.

Tentunya CTR: Nitro Fueled takkan melepaskan elemen modern yang ada. Mereka juga tambahkan mode online yang mana mungkinkanmu untuk bermain bersama teman-temanmu baik dalam custom room atau matchmaking dengan orang asing. Beberapa mode seperti battle dan balapan klasik akan bisa kamu mainkan dengan lap dan tingkat kesulitan AI yang bisa kamu atur sendiri, atau biarkan sistem yang mengaturnya saat kamu melakukan matchmaking.

Sayang, Mereka Melewatkannya

Menghadirkan nyaris semua elemen klasik tentu bukan berarti Beenox melewatkan hal yang cukup kecil namun berikan atmosfir yang begitu mendalam dalam gamenya, yakni beberapa ucapan karakternya.

Jika kamu memperhatikan dan membandingkan dengan seksama, versi orisinal justru lebih unggul di sini karena Naughty Dog memberikan teriakan-teriakan karakter saat mereka terkena misil, TNT, atau Nitro, bahkan di jarak yang cukup jauh. Karaktermu juga akan tertawa ketika power-up mereka mengenainya.

Di versi remasternya, Beenox justru meminimalisirnya. Memberikan minimnya rasa puas saat jebakanmu mengenai musuh. Saya tahu mereka ingin memberikan efek realisme dalam gamenya, namun karena pada dasarnya game ini merupakan sesuatu yang fiksi, alangkah lebih baik mereka tetap memberikan efek tersebut demi memberikan rasa puas bagi para playernya.

Beberapa suara dari karakter lain yang seolah menghilang saat balapan juga berikan rasa kurang rame di setiap balapannya. Dari yang Tiny sering berteriak dengan beberapa voice-linenya hingga teriakan N.Gin yang tak jarang berikan gelak tawa yang jarang terdengar bagaikan memakan sayur tanpa suara kerupuk yang ramai.

Kesimpulan

Crash Team Racing: Nitro Fueled akan tetap menjadi game paling superior jika dibandingkan game balap power-up lainnya. Penggabungan elemen klasik dan modern baik gameplay, musik, maupun treknya yang sangat detil, berhasil dibawakan oleh Beenox dengan memperbaiki beberapa kesalahan yang dilakukan Naughty Dog seperti parameternya yang kini berfungsi dengan baik.

Perubahan tampilan visual yang lebih cantik dan penambahan elemen kustomisasi tak hanya tunjukkan kemudahan dalam membuka dan memainkan beberapa modenya saja, namun juga tambahkan keseruan yang belum sempat terpenuhi di seri orisinalnya.

Handling dan trik balapnya memang cukup sulit bagi mereka yang belum pernah memainkannya. Namun kesulitan tersebut justru menjadi tantangan tersendiri yang harus dikuasai dan dipecahkan sama seperti game zaman dulu yang penuh dengan elemen tersebut. Berikan efek puas saat berhasil melewatinya.

Meskipun Beenox melewatkan beberapa elemen kecil seperti voice line di tengah permainan yang membuatnya menjadi tambah seru, namun tak bisa dipungkiri bahwa game yang dibuat oleh Naughty Dog di tahun 1999 ini masih sangat superior, seru, menyenangkan, dan berikanmu senyuman di setiap balapnya.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item