Cuplikan Video Game “Kerad” Milik Donald Trump Dibalas dengan Video Serupa Tapi Tak Sama ?

in

Dibalas dengan “Cinta” ?

Masih ingat dengan beragam cuplikan adegan kekerasan dari video game yang Donald Trump tunjukan di Gedung Putih beberapa waktu lalu ? Dalam rangka mengadakan pertemuan dengan para pelaku yang terlibat dalam dunia industri video game guna membahas insiden penembakan kemarin. Trump menunjukan sebuah video kompilasi dari adegan-adegan video game yang sangat tidak pantas untuk dipertontonkan kepada publik. Tentu tujuannya demi meyakinkan dirinya dan orang di sekitar bahwa video game memiliki hubungan dengan masalah kriminalitas yang telah terjadi di US baru-baru ini.

Cuplikan video tersebut memang mendapat sejumlah reaksi yang bermcam-macam. Namun, lagi-lagi sayangnya video game tetap dianggap menjadi satu-satunya poros utama dari permasalahan ini. Oleh karena itu, salah satu organisasi non profit yang berfokus pada bidang pengembangan video game untuk kepentingan sosial dan kemanusiaan, yaitu Games for Change telah merilis sebuah cuplikan video game di youtube yang berbanding terbalik dengan apa yang Trump tunjukan dalam pertemuannya kemarin.

 

Dalam videonya, kalian akan melihat cuplikan yang seakan mengulik sisi lain dari sebuah video game. Dengan menampilkan sejumlah adegan yang dapat membuat kita merasa terharu sekaligus juga simpatik dari beberapa cuplikan game-game kenamaan seperti Horizon Zero Dawn, Life is Strange, Legend of Zelda, dan masih banyak lagi. Melalui video ini, Games for Change ingin memberi pesan bahwa video game itu tidaklah seburuk seperti yang ditakutkan banyak orang. Menurut mereka, video game sebenarnya juga mempunyai efek positif yang dapat menginspirasi kehidupan sosial dalam bermasyarakat.

Pandangannya tentang video game

Susanna Pollack, selaku presiden dari Games for Change mengungkapkan bila video yang dipertontonkan oleh Donald Trump tersebut sangatlah berlebihan. Karena itulah, Pollack merasa terpanggil untuk meluruskan potensi dari anggapan-anggapan miring media tentang video game dengan meluncurkan video ini. Pollack menyatakan bahwa video yang ia dan para timnya buat, dipersembahkan khusus sebagai bentuk dukungan kepada para developer dan gamer yang telah sukses membuat dunia video game menjadi semakin kuat seperti sekarang.

Pollack tak lupa juga menambahkan bila banyak orang seringkali terjebak dengan penilaian video game secara hitam dan putih.

Sama seperti bentuk karya seni. Video game dapat memberikan sebuah pengalaman yang bisa menginspirasi kita, mengajari banyak hal, hingga yang dapat memberi efek buruk bagi kita. Karena itulah jika banyak orang menganggap bahwa video game selalu dihubung-hubungkan dengan kekerasan, maka hubungan keterkaitan tersebut juga bisa berlaku sebaliknya bukan ?

Susanna Pollack

Organisasi yang Susanna Pollack bangun mempunyai pandangan bahwa mereka mempercayai video game itu mempunyai efek positif dalam mendidik seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan juga menumbuhkan kesadaran mereka pada lingkungan sosial di sekitarnya. Pandangan yang mereka pegang ini berdasar dari hasil riset para peneliti yang sudah dikerjakan selama bertahun-tahun dan telah terbukti efeknya melalui program kampanye yang selama ini Games for Change selenggarakan.

Mencoba mengkambinghitamkan video game tanpa mempertimbangkan aspek-aspek lain yang juga mempunyai dampak tak kalah besar, nampaknya adalah salah satu alasan kenapa Games for Change tidak bisa tinggal diam begitu saja atas hal tersebut ?

Sumber: Polygon

 

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]