Cyberpunk 2077 Diprediksi Terjual 20 Juta Kopi di Tahun Pertama

in , , ,
20 juta kopi di tahun pertama?

Antisipasi fans akan kehadiran Cyberpunk 2077 tentu bukan sebuah isapan jempol belaka. Tangan dingin CD Projekt Red yang mencoba pendekatan yang benar-benar berbeda dengan developer lainlah yang membuat para fans semakin antusias untuk mendukung game buatan mereka tersebut setelah The Witcher 3. Sebagian besar dari mereka bahkan malu untuk membajaknya karena diberikan konten yang sesuai dengan uang yang dibayar. Dengan kepercayaan sebesar itu, maka tak heran apabila Cyberpunk 2077 diprediksi akan terjual jutaan kopi dalam perilisannya.

Seperti yang dituliskan oleh Bloomberg dalam daftar 50 perusahaan yang harus diperhatikan tahun 2020 mendatang. Dalam daftar yang didominasi perusahaan teknologi, makanan, dan asuransi tersebut, CD Projekt menjadi satu-satunya perusahaan video game yang masuk di dalamnya. Penulisnya, Matthew Kanterman mengklaim bahwa game teranyarnya, Cyberpunk 2077 akan menjadi rekor baru perusahaan mereka. Matthew memprediksi bahwa gamenya akan bisa terjual 20 juta kopi saat tahun rilisnya.



Meskipun kiprah studio asal Polandia tersebut memang tak perlu diragukan lagi. Namun terjual 20 juta kopi di tahun pertama tentu menjadi sebuah klaim yang cukup gila. Jika harus dibandingkan Marvel’s Spider-Man sebagai game eksklusif dan game super hero terlaris saat ini dengan total penjualan 13.2 juta kopi hingga Agustus kemarin. Sementara Red Dead Redemption 2 justru lebih gila lagi karena Rockstar berhasil menjual 25 juta kopi dalam perempat tahun perilisannya.

Hal tersebut tentu dipicu dengan kiprah mereka yang sangat luar biasa. Di satu sisi Spider-Man adalah franchise super-hero yang sangat dicintai oleh fansnya baik komik maupun film, di sisi lain Red Dead Redemption sendiri merupakan franchise koboi unik di masa PlayStation 3 dan Xbox360. Rockstar sebagai developer juga tak pernah diragukan kemampuannya untuk membuat game open-world berkat pengalamannya selama lebih dari 10 tahun mengerjakan Grand Theft Auto. 20 juta melawan para pemain lama tentu menjadi tantangan dan prediksi yang gila oleh Bloomberg dan bagi Cyberpunk 2077.

Namun, sepertinya klaim Bloomberg tak sendirian, karena firma makelar Stockwatch (via google translate) juga memprediksi bahwa Cyberpunk 2077 akan terjual setidaknya 19 juta kopi di tahun pertamanya. Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka ia akan saingi penjualan The Witcher 3: Wild Hunt dalam waktu singkat.



Dalam laporan keuangannya bulan Agustus kemarin, CD Projekt sendiri mengklaim bahwa saat ini Cyberpunk 2077 miliki jumlah pre-order yang cukup menggembirakan. Mereka percaya bahwa jika reviewnya miliki skor yang baik, maka ada kemungkinan bahwa IP teranyarnya tersebut akan mencetak rekor baru sebagai salah satu IP terlaris di sepanjang kiprahnya. Kita tunggu saja.

Cyberpunk 2077 akan dirilis tanggal 16 April tahun 2020 mendatang di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Kamu bisa mengikuti semua artikel terbaru kami tentang gamenya untuk dapatkan informasi terkini tentangnya.

Contact: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Hailing from East Java, Indonesia. Akbar plays almost all video game genres except horror games, but still trying to play it. A simple man who specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]