DAC 2017 : Kesimpulan Group Stage & Hal Yang Harus Dinantikan Saat Babak Play Off

in
courtesy dbl tap

Rentetan match seru dan menegangkan dari fase group Dota Asia Championship telah berakhir kemarin dengan hasil OG, IG, Newbee  dan Empire menduduki posisi puncak klasemen masing-masing grup sementara 2  juara TI, EG dan Wings secara mengejutkan meringsek ke posisi lower bracket. Bisa dibilang dominasi OG di group A ini tidak mengejutkan, sementara bangkitnya IG dan kejayaan kuda hitam Empire di fase grup tidak pernah disangka kebanyakan pemirsa Dota 2.

courtesy wkyrhm reddy

Tentu saja kita bisa menarik kesimpulan dan membuat perkiraan dari 4 hari perhelatan Dota 2 yang diselenggarakan di kota Shanghai ini :

Kesimpulan

courtesy liquipedia

OG Too Stronk! OG menjadi satu-satunya tim yang tidak terkalahkan di fase grup. Mengantongi hasil 4 menang di grup A dan 1 seri melawan VG.J, juara major 3 kali ini dengan mantap melangsir ke upper bracket.                                                                                                                                                                                       

Rubik Menjadi Populer, Slardar Menjadi Momok. Seperti yang kita bahas sebelumnya meta 7.00 memaksa dota ke arah perkembangan game yang lebih dinamis dengan menekankan team clash khususnya di menit-menit awal. Dengan demikian banyak tim yang mimilih hero yang mengandalkan ultimate nya sebagai crowd controlling.Contohnya, Magnus, Centaur, Disruptor, Darkseer dan lain-lain.

Hal ini membuat Rubik dengan ultimate nya “spell steal” menjadi hero yang paling banyak dipick yaitu 121 kali dengan presentase kemenangan sebanyak 46,2.

Sementara slardar menjadi hero yang baling banyak diperebutkan/contested, yakni hero dengan jumlah ban dan pick paling banyak. Hal ini disebabkan karena tim-tim terlalu mengantisipasi Centaur sehingga banyak tim yang memilih Slardar sebagai alternatifnya.

Miracle > RTZ ? 😀 Sudah lama juga kita tidak melihat turnamen 1 vs 1 semenjak The International 4 ketika S4 tampil sebagai juaranya. Laga pertama turamen ini menampilkan 2 pubstomper, 9k mmr paling populer. Pertandingan Miracle melawan RTZ berjalan dengan RTZ memimpin jalannya pertandingan dari awal sampai menit 15 ketika usaha smoke gank yang dilakukan RTZ tidak membuahkan hasil.

Disini kita bisa melihat mental juara Miracle mengejar ketinggalan networth dengan sabar dan dengan 1 trick magic wand akhirnya membalikkan keadaan dan membuat RTZ bilang GG saat firstblood.

B-God is back! Ig tak disangka-sangka menjadi tim yang menduduki posisi puncak grup B. Grup neraka dengan Liquid, Newbee dan Eg didalamnya. Kesuksesan ini berbanding lurus dengan Burning sebagai pemain carry tersukses dengan catatan 17 kali menang, 2 kali kalah dengan 10.83 KDA rasio. Dan rata-rata 7 kill per game.

Hal-Hal Yang Harus Dinantikan

Hati-hati dengan langganan lower bracket. Bagi kamu fanboy EG pasti sudah  paham bahwa tim ini langganannya lower bracket. Berkali-kali EG melaju ke babak final sebuah turnamen dari lower bracket. Akankah tradisi ini bakal terulang lagi di DAC? Kita lihat saja.

Supremasi Juara Bertahan TI. Wings gaming yang terkenal akan keluwesan hero pool dan draft yang susah untuk diduga dan di counter ini akan menghadapi EG di laga pertama lower bracket. Pemenang melawan salah satu tim yang kalah dari upper bracket (status TBD). Yang kalah harus mengemas kopernya dan hengkang dari DAC.                                                                                                                                                      

Akankah Miracle membuktikan dirinya sebagai pemain dengan skill individu paling top tahun ini? Ada kalanya kalau kita membicarakan skill individu nama-nama S4, Dendi atau Ferrari430 keluar dari mulut kita. Namun sekarang era itu telah berakhir, karena RTZ sudah tereliminasi sekarang hal ini diserahkan ke 4 pemain yakni Miracle, Sccc, Burning dan Yuno-Paparazi.

Lebih banyak kejutan dari tim kuda hitam? Meskipun hasil kurang memuaskan dari tim Faceless dan tim VG.J dengan tidak pernah mengantongi kemenangan namun bukan berarti para kuda hitam akan tinggal diam. Tim Np, Ig.V dan LGD.FY terlihat sangat menjanjikan dan penuh dengan potensi.

Babak play off DAC yang recananya akan digelar lusa tanggal 1 april mendatang pastinya akan menjadi pegelaran Dota paling berkesan sebelum Kiev Major. Dengan banyaknya hasil upset (tidak diduga-duga) dibabak fase grup diperkirakan masih menyimpan lebih banyak misteri.

Pantengin terus gamebrott untuk ulasan harian DAC babak play off yang akan datang. Bye 😀

source : joindota, gosugamers, dotabuff

 

Avatar

Written by Ryan Wirawan