Daftar Publisher dan Developer yang Hadir di E3 2021

in
E3 2021 Cover

Meski telah diubah menjadi event digital, E3 2021 yang rencananya akan hadir tanggal 13-15 Juni nanti akan tetap meriah dengan kehadiran beberapa publisher dan developer video game yang ikut berpartisipasi di dalamnya.

Sayangnya kita tidak akan melihat EA dan PlayStation tahun ini karena mereka memiliki acaranya sendiri sebelum dan setelah E3 2021. Meskipun demikian, bukan berarti event yang diselenggarakan ESA tersebut tidak patut untuk ditunggu.

Beberapa publisher dan developer memang akan hadir di event media tertentu selama E3 berlangsung, namun tak sedikit pula yang akan menggelar eventnya sendiri dengan pengumuman yang tentu saja akan lebih banyak.

Lantas, siapa saja developer dan publisher yang akan hadir di E3 2021? Berikut daftar lengkapnya.

Guerrilla Collective (Showcase 2)

Guerrilla Collective

Guerrilla Collective akan hadirkan beberapa publisher dan developer indie dan semi-indie untuk pamerkan gamenya di E3 2021. Showcase pertama telah digelar beberapa hari lalu, namun showcase kedua akan hadir saat E3 2021.

Wholesome Direct

Wholesome Direct merupakan acara digital layaknya Nintendo Direct namun untuk developer dan publisher indie. Mereka kembali tahun ini dengan kumpulan pengumuman beberapa game seperti Moonglow Bay, We Are OFK, dan Ooblets.

Ubisoft

Ubisoft Forward 1

Ubisoft akan hadir dengan Ubisoft Forward dalam E3 2021. Mereka akan berikan informasi terbaru dari beberapa gamenya. Salah satunya adalah Rainbow Six: Extraction yang baru saja digoda. Mereka juga diharapkan akan kupas franchise lain seperti Far Cry 6, update Assassin’s Creed Valhalla, dan Riders Republic.

Gearbox

Gearbox

Hingga saat ini masih belum jelas apa yang akan Gearbox umumkan. Gearbox adalah publisher dari Godfall dan Risk of Rain 2.

Xbox + Bethesda

Xbox And Bethesda Games Showcase

Setelah akuisisinya atas ZeniMax, induk perusahaan Bethesda, Xbox diharapkan akan promosikan banyak game buatan Xbox Game Studio. Salah satunya adalah milik Bethesda. Tentu saja mereka juga akan umumkan apa saja judul yang akan muncul di Xbox Game Pass.

Devolver Digital

Devolver

Hadir dengan humor yang absurd dan kekerasan ekstrim adalah ciri khas Devolver Digital dan para developer indie yang mereka bawahi. Belum jelas apa yang akan mereka umumkan, namun bagi kamu yang suka game indie berkualitas, mereka adalah publisher yang patut ditunggu pengumumannya.

Square Enix

Square Enix E3 2021

Ohh tentu saja Final Fantasy dan Dragon Quest jadi game yang wajib dinanti oleh para fans di showcase Square-Enix tahun ini. Perlu diingat, mereka juga masih punya Babylon’s Fall yang masih belum punya kabar sampai sekarang.

PC Gaming Show

Pc Gaming Show

PC Gamer akan hadirkan banyak developer dan publisher game indie dan AAA di acaranya. Tentu saja semua game akan ditargetkan ke PC. Namun tahun ini mereka kedatangan tamu yang kita semua tahu dan mungkin sebagian memujanya yakni Valve yang disebut akan punya pesan terkait Steam. Kira-kira apa yang akan Valve umumkan?

The Future Games Show

Future Games Show

Diselenggarakan oleh GamesRadar, acara ini akan hadirkan beberapa game PC, mobile, dan console dari beberapa publisher ternama. Beberapa di antaranya termasuk judul dari SEGA, Private Division, Team17, dan XSEED Games.

Take-Two, Capcom, Mythical Games, dan Lainnya

Take Two InteractiveCapcom E3 Showcase

Take-Two, induk perusahaan Rockstar dan Capcom akan ikut andil di E3 2021 nanti. Mereka akan presentasikan beberapa game misterius dan update dari judul yang telah dimiliki. Tak ketinggalan ragam publisher lain seperti Mythical Games, Freedom Games, dan yang lain. Capcom sendiri telah konfirmasikan bahwa mereka akan umumkan The Great Ace Attorney Chronicles, Monster Hunter Stories 2, Monster Hunter Rise, dan Resident Evil Village.

Bandai Namco

Bandai Namco Logo 1920.0.0.0

Bandai Namco akan hadir dalam “Focused Event” yang tentu saja akan umumkan dua game terbaru mereka: Tales of Arise dan yang akan rilis bulan Juni, Scarlet Nexus. Belum ada kejelasan apapun tentang Elden Ring yang dirumorkan akan muncul di Summer Game Fest, event sebelum E3 2021.

Nintendo

Nintendo

Nintendo akan kembali melalui Nintendo Direct yang kemungkinan akan berjalan sekitar setengah hingga satu jam. Beberapa game yang akan mereka umumkan adalah yang akan dirilis tahun 2021. Namun tak menutup kemungkinan mereka juga akan mengumumkan versi “pro” dari Switch.

Razer

Razer E3 2021 Keynote

Ya, kamu tidak salah baca bahwa Razer juga akan ikut ke E3 2021. Perusahaan peripheral gaming asal Singapura ini akan umumkan inovasi dari hardware gaming PC yang mereka persiapkan. Apakah ini pertanda bahwa mereka akan mengumumkan kabel USB RGB dan SATA RGB Chroma?

Limited Run Games

Limited Run Games

Penggemar PC Gaming wajib menunggu Limited Run Games yang sebenarnya bukan menyasar ke gaming PC, melainkan console. Namun dengan hubungan erat mereka bersama beberapa publisher dan developer indie untuk PC, maka mereka menjadi salah satu yang patut ditunggu kehadirannya di E3 2021.


Daftar publisher, developer, dan acara di atas bisa menjadi salah satu acuanmu untuk menanti game terbaru yang akan dirilis di tahun 2021 dan seterusnya. Kira-kira, publisher dan developer mana yang kamu tunggu kabarnya di E3 2021? Cantumin semua pendapatmu di kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Written by Ayyadana Akbar

Sr. Writer and Video Editor.
Mostly will cover PC/Console Japanese game, RPG, and shooter games.
Contact him at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.