Daftar Video Game yang Sempat Viral di Dunia

in
Among Us 2

Viral merupakan kata yang menjadi standar media maupun suatu produk bisa dikatakan sukses dalam beberapa tahun terakhir. Seolah menjadi salah satu patokan suatu produk laris manis karena banyak sekali peminatnya. Meskipun pada akhirnya, viral miliki masa yang cukup singkat karena sifat manusia yang mudah bosan.

Hal ini juga terjadi pada video game yang mendadak jadi fenomena dunia karena banyak yang memainkannya, membicarakannya, dan membuat kreasi darinya.

Beberapa video game sempat masuk dalam kategori tersebut selama beberapa bulan hingga tahun. Umumnya, permainan unik, menarik, seru, dan menggugah rasa penasaran menjadi beberapa dari banyak faktor yang membuat suatu video game masuk dalam kategori viral. Membuatnya banyak dimainkan oleh player dari seluruh dunia.

Lalu, apa saja gamenya? Berikut daftar video game yang sempat viral di dunia.

Overwatch

Hadir dari tangan dingin Blizzard, Overwatch menjadi salah satu IP terbaru mereka selama tujuh tahun. Game hero shooter yang sering dikaitkan dengan Team Fortress tersebut miliki keunikan tersendiri dari sisi lore dan karakternya. Membuatnya menjadi salah satu game yang sangat dicintai oleh para fansnya sejak pertamakali dirilis. Animonya yang luar biasa membuat nyaris tak ada satupun yang tak mengenalnya.

PlayerUnknown’s Battlegrounds

Hadir sebagai versi upgrade dari permainan yang sempat diimplementasikan kreatornya dalam mod DayZ, PlayerUnknown mencoba untuk membuat game baru dengan dasar permainan survival yang telah ia buat. PlayerUnknown’s Battlegrounds memulai debutnya sebagai game early access. Permainannya yang menitikkan pada sub-genre survival ciptakan genre baru yakni Battle Royale. Looting, shooting, dan bertahan hidup baik dari musuh maupun ring yang mengejar adalah inti permainan dari gamenya.

Game yang sering disingkat PUBG tersebut langsung viral setelah banyak sekali streamer sekaligus atlit esports memainkannya. Shroud, Dr.Disrespect, dan beberapa orang terkenal lain sempat jadikan gamenya konten utama di channel Twitch dan YouTubenya. Hasilkan jutaan view hingga berakhir pada perilisan gamenya di versi 1.0.

Apex Legends

Angkat genre yang sama dengan PlayerUnknown’s Battlegrounds, Apex Legends menjadi salah satu game viral selanjutnya yang menggemparkan dunia. Hero shooter dipilih oleh developernya, Respawn Entertainment untuk Apex Legends. Sementara dunianya mereka jadikan satu dengan dua game mereka sebelumnya yakni Titanfall 1 dan 2.

Sejak perilisannya yang mulus dengan server yang cukup baik, Apex Legends sempat dimainkan oleh para influencer dan streamer. Mantan atlit esports profesional CSGO, Shroud bahkan nobatkannya sebagai battle royale terbaik saat ini dalam salah satu stream teranyarnya.

Apex Legends hadirkan permainan squad berisi tiga orang hero yang mereka sebut legends dengan kemampuan uniknya masing-masing. Respawn ingin hadirkan permainan yang lebih taktikal dan pertahankan trio sebagai mode utama, meskipun pada akhirnya mereka tambahkan duo sebagai opsi dan solo sebagai salah satu mode terbatas dalam sebuah event tertentu. Sayang, update game ini tergolong lambat. Meskipun begitu, Respawn selalu hadirkan inovasi baru dalam setiap updatenya.

Fall Guys: Ultimate Knockout

Angkat tema permainan klasik dari beberapa acara TV termasuk Takeshi’s Castle, Mediatonic tentu tak menyangka bahwa game party-nya, Fall Guys: Ultimate Knockout langsung viral setelah rilis. Gamenya langsung meroket popularitasnya berkat permainannya yang sangat seru.

Banyak sekali Streamer dan YouTuber membantu mempopulerkannya, jadikan game ini fenomena luar biasa di kalangan para gamer. Terlebih ia menjadi salah satu game yang masuk dalam jajaran game gratis PlayStation Plus. Sayang, permainannya yang menyenangkan tak jadi menyenangkan setelah beberapa cheater merangsek masuk.

Among Us

Ambil dasar permainan keluarga yakni Werewolf, Among Us menjadi game yang sempat viral dan menurunkan popularitas Fall Guys: Ultimate Knockout. Player akan bisa bermain bersama maksimal sepuluh orang dalam gamenya. Dalam setiap permainan yang disetting oleh game master, terdapat satu hingga beberapa impostor atau penghianat yang dipilih secara acak.

Semua player wajib menebak siapa impostor dalam permainannya dalam beberapa waktu tertentu. Impostor akan mampu bersembunyi, sabotase, hingga membunuh player lain. Jika mereka salah, maka permainan akan dilanjutkan hingga menemukannya. Namun jika tidak ada yang berhasil menemukannya, maka Impostor akan memenangkan permainan.

Among Us langsung viral setelah ratusan streamer Twitch memainkannya. Terlebih gamenya bisa dimainkan secara gratis di Android/iOS dengan iklan. Jadikan fenomena terbaru kedua yang membuat game yang sempat dirilis tahun 2018 silam tersebut setelah Fall Guys: Ultimate Knockout. Developernya, InnerSloth bahkan batalkan sekuelnya dan fokus untuk kerjakan gamenya saat ini.


Itulah daftar video game yang sempat viral di dunia. Beberapa game berhasil bertahan hingga bertahun-tahun karena kontennya yang cepat diupdate, namun ada pula yang bertahan selama beberapa bulan saja. Bagaimana denganmu? Apakah kamu sempat memainkan daftar game di atas? Seperti biasa, cantumkan pengalamanmu melalui kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.