Daftar Website untuk Dapatkan Game PC Gratis Legal

Coverx
Note: Artikel ini telah diupdate kembali pada tanggal 17 Agustus 2020 dari waktu publish yakni 16 Agustus 2020 dengan judul baru +”Legal” daftar dan catatan baru dari penulis. Saya pribadi ucapkan banyak terima kasih untuk komentar Facebook dan Disqus yang telah menambahkan website baru lainnya. Daftarnya telah saya update di bawah.

Saat pertamakali terjun di dunia per-gaming-an, orang-orang yang masih awam tentu bingung untuk memulai game apa yang harus mereka miliki. Terutama jika mereka merupakan orang yang hanya ikut-ikutan temannya atau baru pertamakali menggiati hobi ini untuk mencari kegiatan baru hingga menghilangkan stres karena masalah cinta atau kehidupan sehari-hari.

Kebanyakan dari mereka tak miliki modal dan langsung terjun ke dunia gaming PC yang umumnya dilabeli “PC Gaming Masterrace” oleh para penghuni internet atau netizen yang bergelut di hobi yang sama. Beruntungnya, tak seperti console yang jarang berikan game gratis setiap harinya, gaming PC merupakan opsi terbaik jika kamu tak miliki modal sama sekali untuk membeli game.

Hal ini karena banyaknya website yang tawarkan game gratis untuk PC gamer di luar sana. Namun, minimnya informasi akan keberadaan website ini mungkin bisa menjadi tembok paling tinggi yang harus kamu hadapi. Bahwa informasi tersebut hanya tersimpan di beberapa kanal tertentu seperti komunitas reddit, discord, dan yang lain. Beruntung, kami telah merangkumnya melalui artikel ini. Lalu, apa saja websitenya, berikut daftar website untuk dapatkan game PC gratis.

Disclaimer (Updated 17 Agustus 2020) 

Karena banyak yang salah paham dengan maksud judulnya dan asumsikan saya membagikan situs ilegal, saya pribadi tegaskan bahwa daftar situs berikut merupakan situs legal dan bukan ilegal. Judul juga telah kami update dengan menambahkan kata “legal”. Kami tidak akan mencantumkan apapun yang berbau ilegal dalam daftar berikut. Melalui daftar ini pula saya pribadi ingin menghimbau bahwa main game gratis tidak selalu ilegal. Kamu bisa dapatkan game legal tanpa harus membayar sepeserpun. Kecuali terdapat masalah moral pada dirimu sebagai manusia.

Epic Games Store

Sudah bukan sebuah rahasia apabila Epic Games Store merupakan salah satu toko yang sering dijadikan referensi untuk game gratis. Hal ini karena mereka pasti membagikan setidaknya dua game gratis untuk bisa kamu miliki setiap minggunya. Meskipun umumnya didominasi oleh game indie berkualitas, namun terkadang toko milik developer Unreal Engine tersebut membagikan game AAA untuk bisa kamu nikmati. Sebut saja Grand Theft Auto V yang sempat mereka gratiskan kemarin.

Link Epic Games Store

Indiegala

Meskipun tujuan utama website ini adalah berjualan game indie, namun mereka juga menjual game AAA. Terkadang Indiegala juga membagikan game gratis untuk bisa kamu nikmati. Tentunya game yang mereka berikan adalah sesuai namanya, yakni game indie. Menariknya, terkadang website ini juga berikan giveaway game AAA gratis untuk bisa kamu miliki hanya dengan login dan periksa silver indiegala milikmu.

Link Indiegala

Is There Any Deal

Is There Any Deal merupakan website yang sebenarnya ditujukan untuk kamu yang ingin tahu diskon di Steam, Indiegala, dan toko online lain. Namun tak jarang website ini juga berikan informasi giveaway hingga game gratis yang bisa kamu miliki. Tentunya tak terbatas apakah game tersebut game AAA atau indie. Sayangnya kamu harus mencatat satu hal bahwa website ini miliki kekurangan di mana mereka akan tetap pampangkan sebuah game dalam status giveaway atau gratis dan takkan mengupdatenya meskipun giveaway sudah berakhir.

Link Is There Any Deal

Indie Game Bundles

Sesuai namanya, Indie Game Bundles umumnya membagikan informasi tentang bundle atau paket game indie. Namun tak jarang mereka memberikan informasi tentang game yang tengah digratiskan dalam kategori tertentu. Terkadang informasi tersebut mereka ambil dari website resmi masing-masing dan tak berikan game gratis secara lebih spesifik. Dengan kata lain game gratis yang mereka pampangkan adalah game pilihan saja.

Link Indie Game Bundles

Grab Free Games

Ini merupakan website yang dikelola oleh komunitas untuk komunitas. Menariknya website ini akan terus berikan update bagi kamu yang hobi sekali mengincar game gratis. Game yang disajikan tak terbatas pada game indie saja meskipun umumnya memang didominasi oleh mereka, namun juga AAA. Semua informasi yang mereka berikan merupakan informasi dari komunitas sendiri. Dengan kata lain kamu bisa mendapatkan game yang tak terkenal sama sekali hingga sangat terkenal.

Menariknya, kamu yang miliki server Discord juga bisa menambahkan channel mereka untuk sekedar meramaikan servermu dengan informasi game gratis.

Link Grab Free Games

Giveaway.su

Meskipun namanya terdengar sedikit “ofensif” bagi kamu yang mengerti maksud saya, namun website giveaway.su miliki informasi giveaway game PC yang cukup oke. Seperti biasa, website ini akan didominasi oleh game indie yang mungkin belum kamu kenal sama sekali. Terkadang ia juga berikan game gratis secara acak.

Link Giveaway.su

FreeGameFindings

Sama dengan Grab Free Games, FreeGameFindings merupakan salah satu sub-forum reddit yang dikelola oleh para komunitasnya. Simplenya, kurang lebih sub-forum reddit yang satu ini berikan informasi teranyar tentang game apapun baik indie maupun AAA yang tengah digratiskan. Sayangnya karena pemerintah Indonesia memblokir situs induknya yakni Reddit karena masalah konten dewasa yang saya pribadi justru tidak tahu, kamu perlu menggunakan VPN untuk mengaksesnya.

Link FreeGameFindings

Gamerpower

Gamerpower mungkin menjadi salah satu situs dengan tampilan interface paling menarik dari yang lain. Situs ini berikan informasi teranyar tentang game gratis di PC baik indie maupun AAA. Menariknya, tak hanya game PC saja yang mereka cantumkan dalam situs ini, DLC dan beberapa konten tambahan lain juga mereka tambahkan.

Link Gamerpower

Games Free Today

Games Free Today merupakan website yang mungkin lebih sedikit daftarnya dibanding website lain. Hal ini karena game PC gratis yang dicantumkan hanya beberapa saja. Mereka tidak mencantumkan beberapa game indie yang kurang terkenal meskipun saat itu tengah digratiskan. Buatmu yang ingin miliki game berkualitas bisa memasukkannya dalam daftar bookmarkmu selanjutnya.

Link Games Free Today


Itulah daftar website untuk dapatkan game PC gratis. Apakah ada website favoritmu yang kami lewatkan? Jika ya, seperti biasa kamu bisa mencantumkannya di kolom komentar. Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Exit mobile version