Dan Salvato Ungkap Game Yume Nikki sebagai Inspirasi Doki Doki Literature Club

Doki Doki Literature Club Yume Nikki

Kehadiran versi terbaru dari game Visual Novel atau VN “romantis” berjudul Doki Doki Literature Club Plus menambah daftar penggemar baru. Dengan berbagai fitur baru seperti cerita dan juga plot twist, game tersebut wajib dimainkan oleh penggemar lama maupun baru. Ternyata salah satu inspirasi lahirnya game Doki Doki Literature Club berasal dari game klasik berjudul Yume Nikki.

Yume Nikki, Salah Satu Inspirasi Lahirnya Game Doki Doki Literature Club

Dan Salvato Ungkap Game Yume Nikki sebagai Inspirasi Doki Doki Literature Club 5

Informasi ini berasal dari sebuah interview dari PC Invasion dengan kreator game Doki Doki Literature Club, yaitu Dan Salvato. Ada banyak informasi menarik dari interview Dan Salvato, salah satunya adalah informasi mengenai darimana inspirasi game Doki Doki Literature Club.

Pada saat ditanya darimana inspirasi game tersebut, Dan Salvato menyebutkan bahwa salah satu inspirasinya adalah sebuah game klasik RPG Maker berjudul Yume Nikki. Berikut adalah pernyataan Dan Salvato yang sudah saya terjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Pertanyaan: Darimana inspirasi dan pengaruh lahirnya game Doki Doki Literature Club? Apakah dari film, drama atau game lain yang memberikan pengaruh besar pada saat membuat game ini?

Dan Salvato: Fitur anime/dating sim terinspirasi dari pengalaman saya dari anime dan bermain game visual novel. Selain itu dari hasil observasi saya terhadap kultur anime dari konsumen Barat. Untuk unsur horror, saya terinspirasi dari banyak game yang membuat saya menjadi emosional, salah satunya adalah Yume Nikki dan Eversion.

Pengalaman Mengerikan Ketika Bermain

Dan Salvato Ungkap Game Yume Nikki sebagai Inspirasi Doki Doki Literature Club 6

Dan Salvato menjelaskan kenapa Yume Nikki menjadi salah satu inspirasi game Doki Doki Literature Club dalam unsur horror. Dia menjelaskan apa yang menarik pada game tersebut bukanlah pada kontennya, melainkan apa yang dia rasakan dari pengalaman memainkan game-nya.

Dia masih ingat momen memainkan Yume Nikki ketika penutup CD Tray tiba-tiba terbuka sendiri saat menjelajahi Pulau Riven.

Doki Doki Literature Club Plus Akan Bawa Ekstra Cerita yang Lebih Romantis

Melalui situs resminya, Team Salvato memberikan banyak informasi baru mengenai Doki Doki Literature Club Plus! Game ini adalah versi terbaru dari Doki Doki Literature Club dengan menghadirkan banyak sekali konten baru, seperti cerita tambahan, gambar event dan BGM terbaru.

Sebuah video trailer pun diperlihatkan untuk memperkenalkan versi terbaru game Doki Doki Literature Club. Kalian bisa tonton video trailer-nya di bawah ini.

Game ini telah rilis sejak 30 Juni 2021 untuk platform game PlayStation 5, Xbox Series, PlayStation 4, Xbox One, Nintendo Switch serta PC melalui Steam dan Serenity Forge.

Tentang Yume Nikki

Dan Salvato Ungkap Game Yume Nikki sebagai Inspirasi Doki Doki Literature Club 7

Yume Nikki atau Dream Diary adalah game surreal adventure yang dibuat oleh developer misterius bernama Kikiyama dari Jepang. Game yang dibuat dengan RPG Maker 2003 menjadi salah satu creepypasta di awal era internet dimana hingga saat ini tidak ada yang tahu sosok dari pembuat game Yume Nikki.

Menceritakan protagonist bernama Madotsuki dimana dia menelusuri dunia mimpi. Dunia tersebut memiliki banyak unsur surrealistic dam horror di tiap lokasi serta makhluk aneh yang akan pemain temukan.

Game ini pertama kali rilis pada Juni 2004 secara gratis yang kurun waktu mendapatkan update hingga tahun 2007. Yume Nikki menjadi salah satu game yang melahirkan cult dan menjadi banyak inspirasi game dengan genre sama seperti Doki Doki Literatur Club.

Pada 23 Februari 2018, sebuah 3D Reboot berjudul Yume Nikki: Dream Diary dirilis untuk PC melalui Steam. Game tersebut dikembangkan oleh Active Gaming Media dengan diawasi oleh Kikiyama dalam proses pembuatannya.

Itulah informasi mengenai salah satu inspirasi Doki Doki Literature Club adalah game klasik Yume Nikki. Tidak heran jika unsur horror game tersebut memiliki kesan mengerikan yang bikin merinding seperti Yume Nikki.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Doki Doki Literature Club Plus atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version