Dari Grafiti Sampai Spot – Spot Tersembunyi: 10 Easter Egg CSGO Yang Bisa Bikin Kamu Mindblown (Part 3)

in , , ,
courtesy reddit

Artikel ini adalah sekuel dari artikel sebelumnya. Untuk artikel sebelumnya klik link berikut.

Part 1, Part 2.

Apalah arti sebuah game tanpa easter egg? tentunya mencari dan memecahkan easter egg memberi kepuasan tersendiri bagi kita kan? Bagi kamu pecinta game fps paling populer ini bergembiralah, kami sudah merangkum 10 easter egg yang bisa kamu buktikan sendiri ke-valid-an nya. Apa saja easter egg-easter egg tersebut?

1. Malaikat Yang Terbakar

courtesy steam community

Terdapat grafiti yang menggambarkan pasukan CT yang sedang menjinakkan bom di site b di map overpass. Grafiti ini dtambahkan oleh valve sebagai simbol peringatan akan permainan yang cemerlang, yakni usaha menjinakkan bom yang dilakukan pemain bintang tim fnatic, Olofmeister ditengah-tengah kobaran api molotov.

Kenapa hal ini sangat spesial adalah karena hal ini terjadi di major turnamen ESL Cologne 2014, Fnatic vs LDLC. Dan dianggap sebagai lambang keberanian dalam mengambil risiko yang membuat fnatic memenangkan ronde tersebut.


2. Senapan Terbang Coldzera

courtesy steam community

Permainan no scope AWP nan cemerlang yang dilakukan oleh Coldzera di laga penentuan antara SK.Gaming vs Team Liquid. Coldzera yang menjaga site B bertengger diujung apartment map mirage. Kill pertama dibuka dengan peek yang sangat tipis yang membunuh s1mple.

Kill selanjutnya dilakukan sembari lompat! Piercing shot! Tanpa scope! Membuat aksi ini pastinya tak terlupakan bagi pemirsa CSGO di seluruh dunia. Yang juga membuat aksi ini spesial adalah fakta bahwa laga ini dilakukan di matchpoint 15-10 untuk tim liquid. Yang berujung pada kemenangan SK.Gaming di babak perpanjangan.


3. Soundtrack Portal 2

Disitus Tspawn map Overpass, terdapat sebuah pintu besi setelah grafiti 1up. Kalau kamu dengarkan dengan seksama akan terdengar dengan samar sebuah musik yang tak lain adalah soundtrack dari game Portal 2.


4. Logo Chernobyl Di Cache

source reddit

Seperti yang kita tahu map Cache memang bersetting di negara Rusia (USSR). Tapi yang menariknya adalah kenyataan bahwa bukan dimap Cache valve menyelipkan referensi tentang sejarah paling kelam dari teknologi nuklir yang pernah terjadi, Chernobyl.

Tragedi chernobyl sendiri terjadi pada tanggal 26 april 1986 ketika reaktor dari pembangkit nuklir ini bocor mengakibatkan ledakan dan efek susulan radioaktif yang menelan korban dengan total sekitar 900 ribu jiwa.


5. Gaben Mebawakan Acara Berita (Office)

Di Tspawn map Office, terdapat sebuah radio di meja. Kalau kamu dekati radio tersebut dan mencoba mendengarkan kamu akan mendapatkan sebuah berita tentang penyanderaan disebuah gedung kantor (pada dasarnya skenario di map Office itu sendiri). Suara yang kamu dengar sedang menyiarkan berita ini tak lain dan tak bukan adalah suara dari founder valve, Gabe Newell.


6. Dermaga Kapal Left 4 Dead

courtesy reddit

Antara CSGO dan Left 4 Dead memang sudah sering ditemukan korelasi. Kali ini berada di map saint marc. Terdapat dermaga dengan kapal yang bernama Saint Lidia. Kapal dan lokasi yang sama juga ditemukan di game valve lainnya Left 4 Dead.


7. Animasi Janggal Cz-75

https://www.youtube.com/watch?v=6FtJ5ZbHcqA

Kalau kamu menginspect pistol Cz-75 (tombol F) sambil menekan terus menerus tombol reload (R) ada kemungkinan kamu akan mendapati animasi inspect yang unik yang menyebabkan tangan karakter kamu seolah – olah berputar 180 derajat.


8. Kaleng Peluru Left 4 Dead

Masih di hubungan antara CSGO dan Left 4 Dead. Kali ini berada di tspawn map overpass. Terdapat sebuah mobil kontainer persis dibelakang posisi kamu spawn. Nah didalam box mobil yang setengah terbuka tersebut kamu akan menemukan sebuah kaleng berisikan peluru. Kaleng yang identik juga ditemukan di game Left 4 Dead.


9. Adam Savage (Creator Of Mythbuster)

courtesy steam community

Adam Whitney savage pencipta dari realiti show populer, Mythbuster bisa kamu temukan mirip dengan model seorang CT di map Office. Baik Adam dan Valve sendiri belum mengkonfirmasi hal ini. Namun komunitas CSGO sangat yakin bahwa model bot tersebut memang didasari oleh Adam Savage.


10. Simbol Tersembunyi Di Cobblestone

Di lorong yang menuju situs B di map cobblestone terdapat sebuah palet kayu. Kalau kamu bermain di non PVP match dan mengaktifkan cheat zero collission kamu akan mendapati sebuah logo aneh bercahaya di bagian dalam palet kayu ini. Logo tersebut adalah logo dari tim yang menciptakan map Cobblestone.


Sampai sini saja pembahasan easter egg CSGO kita kali ini, kalau kamu punya easter egg yang belum tercantum di artikel diatas jangan ragu untuk tinggalkan komen. Pantengin terus gamebrott untuk pembahasan easter egg yang ke part 4 ya.

Avatar

Written by Ryan Wirawan