Daripada Dijual, Sebaiknya Lakukan 7 Hal Ini Pada Konsol Handheld-mu

Img 26062020 142920 (800 X 450 Pixel)

Img 26062020 142920 (800 X 450 Pixel)

Dominasi dari flexibilitas smartphone dan standar baru yang diciptakan Nintendo Switch sebagai ‘konsol portabel’ membuat variasi  konsol handheld semakin sulit  menampakkan dirinya. Dengan hanya beberapa unit yang masih diperjual belikan dan dukungan game yang dihentikan, banyak orang memilih untuk menjual handheld-nya dan membeli perangkat gaming yang lebih relevan. Namun jika kita melihat sisi lain dari fungsi handheld, ada banyak hal lain yang lebih bermanfaat daripada menjualnya sekarang dengan harga relatif rendah, berikut adalah 7 hal yang bisa anda manfaatkan dari handheld.


1. Jadikan MP3 Player

Konsol handheld modern umumnya dilengkapi dengan fitur multimedia yang lengkap, salah satu yang bisa anda manfaatkan dari fitur ini adalah MP3 player. Beberapa handheld seperti PSP 3000 memiliki kualitas audio yang bisa mengungguli smartphone sehingga mendengarkan musik semakin asik. Dengan ini anda bisa menghemat penyimpanan smartphone anda dan mendengarkan musik dengan kualitas audio yang lebih baik.


2. Penyimpan File

Handheld modern juga memiliki kemampuan untuk membuat koneksi dengan PC anda, umumnya fitur ini digunakan untuk mem-backup file game anda. Selain untuk backup anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk menyimpan file seperti foto, video, bahkan file office. Bagi anda khawatir penyimpanan komputer atau flashdisk suatu saat korup, anda bisa menyimpan file pada handheld anda.


3. Controller/Secondary screen

Remote play kini memang sudah tersedia di smartphone, namun kenyamanan dari controller tidak akan pernah digantikan oleh layar sentuh. Terlebih lagi software yang ada pada handheld sudah teroptimisasi dengan baik agar bisa menggunakan fitur remote play. Dengan menggunakan fitur remote play pada handheld, anda kini bisa menikmati game AAA di berbagai ruangan yang umumnya tidak dapat dijangkau oleh home console atau pc anda seperti teras, kebun, atau loteng.


4. Gunakan Untuk Eskperimen

Selain sebagai media untuk bermain game, handheld secara teknis juga merupakan sebuah ‘komputer mini’, dan apapun yang bernama komputer pastinya dapat diutak-atik. Banyak hal bisa anda utak-atik dari handheld anda mulai dari sekedar mengubah tampilan, menambahkan program tertentu untuk menambah fitur, hingga menginstal program yang baru pada handheld. Namun karena umumnya security patch sudah dihentikan, anda harus berhati-hati terhadap serangan malware.


5. Koleksi Game

Meskipun ada, namun tidak banyak game dengan seri utama yang benar-benar ditujukan untuk handheld, beberapa dari game yang ada di handheld biasanya merupakan spin-off untuk mengeksplor lebih dalam dunia yang dibangun dari sebuah seri utama game. Bagi anda yang benar benar mencintai suatu franchise, anda anda bisa ‘menggunakan’ handheld anda untuk melengkapi koleksi anda, beberapa spin-off yang menarik seperti Metal Gear Solid Peace Walker, Final Fantasy Crisis Core,  dan Killzone Mercenary merupakan game yang hanya tersedia di handheld. Beberapa game ini juga  ada yang langka sehingga mengoleksi game tersebut mungkin bisa menjadi investasi anda di masa depan, anda bisa menjual koleksi game ini di masa depan dengan harga yang tinggi.


6. Sebagai Bentuk Investasi

Melanjutkan no.5 dan sedikit bertentangan dengan judul, anda bisa menggunakan handheld sebagai bentuk investasi di masa depan. Karena beberapa handheld sudah tidak diproduksi, handheld menjadi langka, kelangkaan ini dalam satu dekade kedepan mungkin bisa menjadi hal yang dicari-cari dan menjadi barang yang bernilai lebih, terlebih untuk handheld yang cukup langka seperti Nvidia Shield, Gameboy Advance, dan Tapwave Zodiac. Daripada dijual dengan harga yang relatif rendah pada saat ini, anda mungkin bisa bersabar demi meningkatkan nilai dari handheld yang anda miliki.


7. Berikan Kepada Saudara/Anak

Beberapa orang berpendapat bahwa perkembangan game mobile memberi dampak yang buruk bagi player karena adanya gameplay berbasis microtransaction yang agresif, tentu saja hal ini semakin berbahaya apabila ada di tangan anak-anak. Konsol handheld memiliki ribuan game menarik dengan gameplay yang seru dan bisa didapatkan dengan full price tanpa microtransaction, sehingga mengenalkan handheld pada saudara/anak merupakan langkah yang lebih bijak daripada memberikan game smartphone. Dengan ini anda juga bisa membantu membangun komunitas game yang lebih sehat dan membantu memerangi mictotransaction.

Exit mobile version