Dark Mode di Android 15 Disebut Berfungsi di Semua Apps

Dark Mode Di Android 15

Antara light mode dan dark mode, perbincangan ini selalu menimbulkan perbedaan pendapat soal mana yang paling nyaman digunakan. Hanya saja selama ini, pecinta mode gelap ini tidak mendapatkan perlakuan yang adil.

Soalnya, tidak semua aplikasi bisa mengaktifkan mode dark mode meskipun dari pengaturan Android-nya sudah dinyalakan. Kebanyakan, pengembang aplikasi harus memasukkan fitur tersebut secara mandiri. Memang ada cara dengan mengandalkan developer option atau menginstall aplikasi pihak ketiga, tapi ada kabar kalau Google akan hadirkan force dark mode di Android tahun ini.

Dark Mode di Android 15 Disebut Bisa Paksa Semua Apps Berjalan di Mode Gelap

Tema gelap untuk semua aplikasi

Melalui informasi dari Mishaal Rahman dari Android Authority, menyebutkan kalau di Android 15 nanti, ada kemungkinan semua aplikasi yang tidak mendukung mode gelap akan dipaksa untuk bisa berganti ke skema warna yang lebih ramah di mata ini.

Dia pun memperlihatkan aplikasi Fitbit, yang sebelumnya tidak ada mode gelap sama sekali bisa diubah menjadi seakan-akan menggunakan tema gelap. Yang jelasnya, Mishaal juga katakan kalau gambar ini bukanlah sebuah konsep melainkan fitur yang sedang dikembangkan.

Kelak Tak Perlu Ribet, Tinggal Aktifkan dari Pengaturan

Mode gelap di aplikasi

Bila fitur ini benar diimplementasikan di Android versi 15, kelak pengguna tidak perlu lagi membuka akses lewat developer option atau menginstall aplikasi pihak ketiga seperti DarQ. Sebab, kedua cara seperti itu kebanyakan tidak sepenuhnya berjalan dengan baik. Ada beberapa bagian UI yang terlihat aneh dan menurunkan kenyamanan pengguna.

Tapi, tetap saja pengembang aplikasi diperbolehkan untuk tidak mengizinkan aplikasi buatannya dipaksa ke mode gelap. Yang berarti ada kemungkinan kalau aplikasi favoritmu berkemungkinan tidak dapatkan mode gelap juga.

Source code untuk force dark mode ini sudah bisa ditemukan di Android 15 Beta namun belum bisa digunakan. Mungkin, kita harus menunggu sampai versi tersebut rilis untuk mencicipi fitur keren ini. Gimana menurut kalian brott.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version