Data Kemenkumham Diduga Bocor, Banyak Data Pribadi Dijual oleh Hacker

Data Kemenkumham Bocor

Data Kemenkumham Bocor

Insiden kebocoran data di Indonesia tampaknya sudah mulai jadi ‘sarapan sehari-hari’ rakyat tanah air. Seolah data IndiHome, PLN, bahkan Badan Intelijen Nasional belum cukup, kini kita (kembali) dihadapkan insiden lainnya di mana Data Kemenkumham Bocor, dan dijual di forum kesayangan.

Data Kemenkumham Bocor, Sampel Dibagikan Gratis

Kembali kita dihadapkan insiden lainnya, di mana Data Kemenkumham Bocor, yang tentunya berisikan informasi yang sensitif di forum kesayangan kita.

Seorang user bernama WaterAndCoffee, baru-baru ini upload data-data konsumen yang bila ditotal sekitar 85.000-an data yang seharusnya rahasia. Kalian bisa lihat postingannya di bawah ini di mana ia berikan 1.000 baris data secara gratis:

Sumber: Breached

“Aku akan berikanmu sampel di bawah. Bilamana kamu butuhkan data secara komplit dalam bentuk SQL dengan sekitar 85.000-an baris data, kamu bisa hubungi saya terlebih dahulu.” – WaterAndCoffe

Berdasarkan postingan di atas, tampak bahwa Data Kemenmkumham Bocor ini termasuk fresh, yaitu per tanggal 25 Agustus 2022. Untuk besaran data yang berisikan 85.000-an baris data tersebut ialah sebesar 800MB, yang mana termasuk ‘kecil’.

Berisikan Informasi yang Termasuk Sensitif

Insiden Data Kemenkumham Bocor ini pun tak luput dari data-data pribadi yang bersifat rahasia. Mulai dari NIP, Nama, NIK, ERP, Nomor Rekening, dan masih banyak lainnya, yang tentunya bersifat rahasia.

Kalian bisa melihat sampel yang diberikan pada gambar di bawah ini:

Masih berdasarkan gambar dan forum kesayangan, di antara informasi pribadi lainnya termasuk Alamat, lengkap dengan RT RW yang bisa bahayakan keamanan korban.

Sudah barang tentu hal ini harus kembali jadi evaluasi para elite cybersecurity dan pihak terkait untuk senantiasa pastikan sistem keamanan aman terkendali.

Tidak sedikit banyak user di forum kesayangan tersebut yang menyayangkan betapa lemahnya sistem keamanan di tanah air tercinta bila memang benar-benar terjadi.

Duh, semoga data-data di tempat lainnya gak bocor ya, brott!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version