Data Statistik Tunjukan Jumlah Pengguna Gamepad di Steam Hanya Capai 10%

playstation 6689793 960 720

Bermain game di PC memang mempunyai banyak keuntungan dimana gamers mempunyai kebebasan terkait bagaimana mereka bermain. Termasuk salah satunya adalah kemudahan dalam menggunakan gamepad atau joystick, namun sepertinya hal tersebut tidak membuat gamers PC khususnya Steam lebih memilih bermain game dengan menggunakan gamepad.

Berdasarkan data laporan statistik tahun lalu yang dibagikan oleh Steam, terlihat banyak data disuguhkan oleh sang pionir dibidang penjualan game PC tersebut. Namun, dari sekian banyak hal tersebut terdapat satu fakta menarik dimana jumlah pengguna gamepad di Steam ternyata hanya berjumlah 10% dari keseluruhan gamers yang bermain di platform tersebut.

Jumlah pengguna gamepad di sana sangat kalah jauh dari Mouse/Keyboard

Steam menambahkan bahwa sebagian besar gamer PC memilih untuk menggunakan keyboard dan mouse daripada menggunakan sebuah gamepad. Namun, Steam juga mencatat bahwa terdapat 48 juta gamepad game yang terdaftar pada banyak gamers di Steam, angka tersebut tentu masih belum bisa bisa disandingkan dengan jumlah pemain aktif Steam saat ini yang telah mencapai 132 juta pemain.

Pengguna Gamepad di Steam mayoritas Hanya untuk game Fighting dan Balap

Selain itu, Steam juga mencatat bahwa penggunaan gamepad dipengaruhi oleh jenis permainan yang dimainkan gamers. Berdasarkan data yang didapat Steam, 70% gamers memainkan game fighting menggunakan gamepad, sementara untuk game bergenre racing 90% gamers menggunakan gamepad sebagai sarana bermain gamenya.

Terlepas dari hal tersebut, fakta bahwa gamepad dan fight stick menjadi sarana favorit dalam bermain game fighting tak melepas kenyataan bahwa penggunaan keyboard dan mouse juga bisa menjadi satu hal yang penting.

Data Statistik Tunjukan Jumlah Pengguna Gamepad di Steam Hanya Capai 10% 3

Kehadiran tombol yang lebih banyak tentunya bisa memudahkan gamers dalam melakukan konfigurasi sebuah shortcut ketika bermain game. Hal tersebut pastinya bisa menjadi salah satu faktor mengapa banyak gamers Steam memilih keyboard dan mouse menjadi sarana favorit di Steam dimana secara tidak langsung membuat jumlah pengguna gamepad di Steam begitu sedikit.


Baca berita terupdate terkait Steam, dan informasi menarik lainnya dari saya Aldhir

For any further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version