Deep Web, 6 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Mengaksesnya


Follow Us

Deep web, tentu kamu yang udah melalang buana berselancar di internet pernah mendengarnya, kalo belum berarti mainmu kurang jauh. Banyak banget orang yang mengatakan bahwa deep web itu sarangnya penjahat, darkside atau sisi gelapnya internet, dan sebagainya. Namun sejatinya dia sama seperti website pada umumnya dengan sisi terang dan gelapnya. Bedanya, lebih banyak hal ilegal yang secara bebas tersebar di dalamnya. Tak jarang ia berujung bawamu untuk mengakses ke tingkatan yang lebih jahat yakni Dark Web.

Nulis artikel dibayar

Oleh karenanya, perlu perlindungan ekstra bagimu yang pingin menyelaminya. Perlindungan ini ngga hanya sebatas software, namun kesadaranmu untuk tidak terus “bertanya” saat berselancar di dalamnya. Berikut 6 hal yang wajib kamu perhatikan sebelum mengakses deep web.

Disclaimer: Sebelum kamu membaca artikel ini lebih lanjut, ada baiknya apabila kamu membaca dan memahami dulu beberapa fakta yang ada dalam deep web melalui link berikut.

BACA JUGA  Call Of Duty Mobile Berhasil Pecahkan Rekor 100 Juta Download Minggu Pertama

6. Gunakan Tor untuk Mengakses, Jangan yang Lain

Berkelana dalam deep web itu kayak masuk ke sarang preman kelas kakap. Di mana banyak banget hacker jahat atau murni penjahat yang siap melacak bahkan mencelakakanmu. Tor adalah sebuah browser yang mungkinkanmu untuk mengakses website agar tak mudah dilacak. Namun ia juga tak sertamerta menjamin bahwa datamu 100% aman, karena kamu harus membaca dan mematuhi semua peringatan yang diberikan.

5. Jangan Download atau Klik Link Mencurigakan Apapun

Seperti yang telah disebutkan tadi, meski kamu udah aman dengan Tor, namun ngga ngejamin bahwa software tersebut berimu perlindungan 100% dari tindak kejahatan digital yang ada dan bukan tidak mungkin mereka bisa mengancam hidupmu di dunia nyata. Maka, cara satu-satunya untuk mengatasinya adalah tidak melakukan download atau tidak klik link apapun, baik yang dikirim, iklan, atau yang lain yang menurutmu masih meragukan. Salah-salah komputermu bisa jadi malah kena virus berbahaya, dilacak, atau mungkin… didatangi.

BACA JUGA  Microsoft Flight Simulator 2020 Butuhkan Data Sebesar 2 Petabyte untuk Kembangkan Gamenya

4. Jangan Berikan Informasi Apapun Terkait Identitasmu

Menjadi tak terlihat secara teknis bukan berarti bebas memberikan identitas aslimu di dunia maya, terlebih deep web. Login atau register di situs deep web lebih baik dihindari kecuali kamu memang sudah ahli menjelajahinya. Iya, saya tau kamu ngga langsung terjun, tapi melindungi hidupmu itu jauh lebih penting dibanding harus kenapa-kenapa. Tapi jika kamu yakin dan siap menerima semua konsekuensinya saya ngga bisa bilang apa-apa lagi.

3. Jangan Lakukan “Maximize” Browser Tor-mu

Mungkin ini kedengarannya menggelikan, tapi jangan pernah mengubah ukuran bahkan melakukan “maximize” browser Tor-mu. Hal ini dikarenakan banyak sekali cara bagi para hacker untuk mencuri semua identitasmu hanya melalui resolusi layar. Ngga percaya? Kamu bisa nyuekin peringatan ini kok kalo kamu mau.

BACA JUGA  Mengapa Ukuran Game PC Semakin Membengkak? Dan Ada Gak Sih Solusinya?

2. Update Browser dan OSmu

Ini buat kamu yang males update. Jika kamu sudah punya niat 100% pengen akses deep web, akan lebih baik kalo kamu update dulu browser dan OS-mu biar tambah tebel proteksinya. Kamu ngga akan pernah tahu apapun yang akan kamu hadapi di sana nanti.

1. Tutupi atau Lepas Webcam-mu Jika Kamu Punya

Sebenernya ini cuman opsional karena hanya berlaku buat kamu yang punya webcam aja. Jadi, alangkah lebih baik kalo punya dan ingin akses deep web, kamu bisa tutupin atau lepas webcam yang kamu punya.

Gimana? Sudah siap untuk berselancar dalam deep web? Atau kamu sudah cukup berpengalaman mengaksesnya? Mungkin kamu bisa berbagi pengalaman melalui komentarmu di bawah dan memperingatkan mereka yang penasaran dengan isinya.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item