Demo Unreal Engine 5 di PS5 Sebenarnya Hanya Berjalan di 30 fps

in

Kemarin kita sudah membahas tentang next-gen tech demo yang isinya membahas tentang Demo dari Game Engine terbaru yaitu Unreal Engine 5 yang di jalankan pada platform PS5, dan dari demo kemarin juga jadi terungkap suatu kebenarannya bahwa demo kemarin itu di jalankan hanya di 30fps saja bukan 60fps. Epic games hanya ingin kita tahu seperti apa gameplay yang akan dibawa di konsol next-gen nantinya dan menunjukan bahwa di konsol next-gen nantinya engine terbarunya ini akan memiliki potensi yang maksimal.

Dilansir dari Digital Foundry, Epic Games mengkonfirmasi bahwa, ya betul konten demo Unreal Engine 5 kemarin berjalan pada framerate 30 fps dan Nick Penwarden seorang wakil President bagian Engineering mengatakan bahwa dia menggunakan fitur teknologi Dynamic Resolution. Dengan Dynamic Resolution ketika beban GPU semakin tinggi, game tersebut bisa “menurunkan sedikit resolusi layarnya dan akan membuat kita beradaptasi dengan perubahan itu”. Penwarden juga mengatakan bahwa meskipun memiliki fitur Dynamic Resolution tetapi gameplay PS5 yang kita lihat “Akan lebih sering di render ke resolusi 1440p sebagai standard nya”

Dari pemberitahuan ini mungkin jadi terlihat dimana kita masih tetap bisa mendapatkan 30fps di kelas next-gen console dan sebagian player tentunya memiliki reaksinya masing-masing ketika mendengar ini, ada yang mungkin masih merasa wajar karena walaupun kita hanya dapat di framerate 30 tetapi sebagai gantinya kita akan mendapatkan resolusi yang tinggi tetapi ada juga yang kecewa karena bahkan yang di atas kertas hardwarenya lebih kuat seperti Xbox Series X saja berarti kemungkinan akan tetap memiliki game yang hanya menampilkan di 30 fps saja mesikpun sebenarnya konsol itu mampu menjalankan sampai 120fps sekalipun.

Mungkin karena di highlight kemarin kita ambil contoh saja Dirt 5 yang dapat mencapai performa maksimalnya dan tiba-tiba muncul statement bahwa tidak semua game nantinya akan jalan di 60 fps contohnya seperti Assassin’s Creed Valhalla yang tidak menjamin nantinya game tersebut akan berjalan di 60 fps pada next-gen konsol. Sebelumnya kita juga sudah tau bahwa kedua next-gen konsol ini dapat berjalan di resolusi yang sangat tinggi yaitu 8K dan ini juga berarti di konsol next-gen kita akan di suguhi detail-detail yang luar biasa tetapi dari segi framerate masih dipertanyakan kejelasannya.

Sumber : Gamerant

Avatar

Written by aldo