Denuvo di Metro Exodus Merupakan Keputusan dari Deep Silver, bukan Developer

XSD3McmNLekuiRhgmgwJdW 2

Dibalik keampuhan Denuvo dalam melindungi game dari dibajak saat baru rilis, keberadaan proteksi anti-tamper ini memang selalu dikritik oleh gamer PC mau itu yang membajak ataupun pembeli original. Spekulasi dapat menurunkan performa game serta dapat membuat game berpotensi tak bisa dimainkan apabila server mati membuat pembeli selalu merasa skeptis akan keberadaan proteksi dari perusahaan Denmark ini. Meskipun demikian, ini tidak menghalangi publisher untuk tidak meminta game mereka untuk diproteksi.

Metro Exodus, game mendatang dari 4A Games dipastikan akan gunakan proteksi ini. Ini menjadi kali pertama studio tersebut menggunakannya drm berlebih semacam ini, dan ternyata ini bukanlah keputusan mereka tetapi keputusan dari sang publisher – Deep Silver.

Deep Silver, lewat forum Steam menuliskan apabila penggunaan Denuvo telah menjadi sebuah keharusan untuk mereka untuk melindungi game dari pembajak di awal-awal rilis. Kerja sama mereka dengan Denuvo kemungkinan besar akan terus berlanjut untuk game-game anyar selanjutnya yang dirilis untuk PC.

Apakah Denuvo akan dilepas saat game berhasil dibajak? Hal tersebut tidak dijelaskan oleh sang publisher, tetapi melihat dari apa yang terjadi pada Agents of Mayhem dan Homefront: The Revolution kemarin, kemungkinan besar hal tersebut akan terjadi.

Metro Exodus akan dirilis untuk PC, PS4, dan Xbox One pada 15 Februari mendatang.


Baca juga berita lainnya terkait Metro Exodus dan artikel lainnya dari penulis ini.

Exit mobile version