Tak Hanya Pembajak Game, Denuvo Ikut Andil Berantas Cheater Game Online Bersama ESIC

esportsss
Denuvo akan ikut andil dalam pemberantasan cheater.

Bukan rahasia lagi apabila Denuvo menjadi momok bagi para peretas beserta gamer “gratisan” berkat sistem proteksi yang mereka hadirkan. Ia mampu lindungi beberapa game selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan sebelum akhirnya jebol dan bisa dinikmati semuanya. Namun, sepertinya perusahaan yang baru saja bergabung dengan Irdeto ini akan merambah ke proteksi game online agar bebas dari cheater.

Melalui press releasenya, Denuvo umumkan bahwa mereka baru saja bergabung dengan Esports Integrity Coalition (ESIC) untuk memberantas berbagai hal tak adil dan cheating yang terjadi pada dunia eSports. Hal ini dipicu dengan hasil survey yang telah mereka lakukan pada gamer di Britania Raya dan Jerman yang mengatakan bahwa sekitar 61% dari mereka mengalami pengalaman buruk akibat cheater.

Dari 9,436 responden, sekitar 74% gamer dari Britania Raya dan 68% gamer dari Jerman kebanyakan berhenti memainkan gamenya berkat merajalelanya cheater yang ada di luar sana. Cheater juga kerap kali merusak perekonomian game, salah satunya adalah dengan memanipulasi micro-transaction yang mengakibatkan kerugian besar yang harus ditanggung oleh publisher dan developer.

Sebuah perusahaan riset Junipher Research memprediksi bahwa keuntungan game eSports dan game yang ikut disiarkan oleh gamer akan capai 3.5 trilyun dolar Amerika hingga tahun 2021. Meningkatnya ketertarikan perusahaan di pasar tersebut tentu akan buat cheater menjadi salah satu ancaman terbesar yang harus dihadapi.

Managing Director Denuvo, Reinhard Blaukovitsch mengatakan bahwa cheater merusak segalanya baik player maupun industri video game. Ia menambahkan bahwa mereka harus turut andil dalam melawan cheater di game online dan eSports. Salah satunya adalah dengan menjadi salah satu anggota ESIC.

Denuvo akan segera meluncurkan teknologi anti-cheat mereka untuk mencegah para hacker memanipulasi data di game online demi mendapatkan keuntungan apapun. Mulai dari micro-transaction hingga yang lain. Mereka berharap bisa berikan sebuah environment yang nyaman dan bebas dari kecurangan di tiap game.

Sayangnya, hingga tulisan ini turun, mereka masih belum berikan kabar apapun kapan teknologi tersebut akan diimplementasikan.

Exit mobile version