Denuvo: Tak Ada Game yang Tak Bisa Dibobol

688

Pembajakan game PC telah menjadi masalah besar dari dulu hingga sekarang. Berbagai trik anti-pembajakan telah diimplementasikan dari tahun ke tahun, dan semuanya selalu berakhir gagal dengan pembajak selalu temukan cara untuk membobol game yang dilindungi tersebut. Denuvo, teknologi anti-bajak yang diklaim sebagai yang paling kompleks dan paling sulit ditembus juga pada akhirnya selalu terbobol oleh para pembajak, namun dengan semakin seringnya game Denuvo dibajak, Denuvo seakan semakin sulit untuk ditembus kedepannya.

Elmar Fischer, ungkapkan bahwa meskipun game yang dilindungi telah dibobol, mereka tetap telah lakukan misi mereka yaitu menahan game tersebut terbobol selama mungkin. Dirinya akui tiap game yang dilindungi Denuvo pasti akan terbobol suatu hari, namun yang terpenting bukanlah membuat game tersebut mustahil untuk dibobol tetapi sulit untuk ditembus dan disebarkan versi gratisnya tepat di hari rilis.

“Game pasti akan dibobol nantinya; Tak ada yang namanya produk yang tak bisa dibobol. Akan tetapi yang kami lakukan ialah melindungi penjualan di hari-hari pertama game tersebut.”

Dengan menahan versi bajakan selama mungkin, software anti-tamper mereka secara tak langsung mendorong gamer yang tak sabar untuk membeli game secara legal. Dan setiap kali produk yang dilindungi terbobol, mereka akan langsung kerjakan versi baru yang lebih sulit untuk ditembus, membuat tiap usaha para cracker hanya berkerja beberapa kali saja sebelum diperbarui lagi.

Meskipun proteksi mereka telah mengundang banyak kontroversi dalam beberapa tahun terakhir seperti pada Tekken, Rime, Sonic Mania, dan lain-lain, Denuvo yakin bahwa mereka telah bawa dampak positif untuk tiap game yang mereka lindungi dengan klaim bahwa game yang tidak terbajak di hari rilis secara teknis akan dapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan yang tanpa proteksi.

Pada akhirnya tidak ada game yang tidak akan dibobol, namun apakah gamer yang ingin membajak game tersebut sabar menunggu kehadiran crack, atau ia akan beralih membeli game? Jika gamer tersebut akhirnya membeli karena ketidaksabaran, maka Denuvo berhasil melakukan misi mereka.

Source: Gameindustry.biz

Exit mobile version