7 Fakta Menarik Intel Arc GPU, Kontestan Baru di Dunia Olah Grafis

Fakta Menarik Intel Arc Gpu

Fakta Menarik Intel Arc Gpu

Berseliwerannya informasi dan bocoran terkait Graphic Processing Unit (GPU) anyar dari kubu biru tampaknya benar-benar dinanti. Olehnya, kami berhasil kumpulkan beberapa Fakta Menarik Intel Arc GPU, yang merupakan kontestan baru di dunia olah grafis.

Gak usah berlama-lama, berikut adalah Fakta Menarik Intel Arc GPU yang harus kamu ketahui.

Emangnya Ada Fakta Menarik Intel Arc GPU?

Yah, namanya teknologi, sudah barang tentu akan diikuti oleh fakta-fakta menarik yang mungkin terlupakan. Selain menarik untuk dibahas, Intel Arc GPU tawarkan bermacam kelebihan yang bisa saja kita lewatkan.

Di bawah ini adalah Fakta Menarik Intel Arc GPU yang berhasil kami rangkum.

1. Upaya dari Intel dalam Berikan Solusi Murah

Sedari tahun pertama pandemi dan berkat meroketnya demand terhadap GPU untuk kebutuhan cryptomining, sukses dalam ciptakan kelangkaan alias chip shortage. Selain banyak orang yang terpaksa Work From Home (WFH), GPU dari NVIDIA dan AMD kerap ludes tak bersisa di etalase.

Melihat hal tersebut, Intel mencoba untuk hadirkan sebuah solusi di mana mereka coba hadirkan GPU untuk dijadikan alternatif. Fakta Menarik Intel Arc GPU ini tentu takkan lepas dari betapa besarnya dedikasi kubu biru untuk gamer dan content creator.

Di antaranya adalah GPU Intel Arc 380, Arc 580, Arc 750 dan Arc 770 diklaim akan hadir dalam waktu dekat dengan taksiran lumayan bersahabat.

2. Merupakan GPU Perdana dari Intel

Fakta Menarik Intel Arc GPU kedua ialah Arc merupakan discrete GPU perdana dari Intel setelah bermain di pasar prosesor selama dekade. Faktanya, hal ini cukup menyentak awam karena ini benar-benar di luar zona nyaman dari Intel yang erat dengan prosesor semata.

GPU Intel Arc tersebut disambut hangat oleh komunitas berkat absurd-nya taksiran dari GPU incaran mereka yang cukup bersahabat. Meski demikian, tak sedikit mereka yang ragu akan kemampuan dari GPU besutan Intel tersebut.

3. Tawarkan VRAM Mulai dari 6GB GDDR6

Untuk dapatkan kepercayaan dari gamer dan content creator, Intel hadirkan VRAM mulai dari 6GB GDDR6 sampai 16GB GDDR6. Tentu, ini merupakan Fakta Menarik Intel Arc GPU lainnya di mana mereka sama sekali tak ‘pelit’ tanamkan VRAM berkapasitas besar untuk jangka waktu lama.

Tentu menarik bila melihat Intel Arc 380 yang tawarkan VRAM 6GB dibanderol di tanah air mulai dari 2 Jutaan Rupiah. GPU besutan Intel tersebut sudah dapat kamu coba karena sudah beredar di salah satu e-commerce tanah air.

4. Kemampuan Ray Tracing Murah Meriah

Fakta Menarik Intel Arc GPU lainnya yang tak boleh kalian lewatkan sama sekali ialah kehadiran fitur ray tracing. Ya, fitur pencahayaan dinamis yang dinamakan Xe tersebut miliki peran untuk hadirkan fitur ray tracing.

Kendati demikian, tak usah berharap terlalu banyak untuk varian termurahnya karena tentu kemampuannya pun akan benar-benar terbatas. Namun, usaha dari Intel ini berhasil tuai apresiasi dari awam yang butuhkan GPU murah meriah.

5. Tawarkan Fitur Semacam DLSS dan FSR

Fitur semacam DLSS dan FSR ternyata dimiliki oleh GPU besutan Intel tersebut, jadikannya hal yang tak boleh dilewatkan pada Fakta Menarik Intel Arc GPU. Dinamakan Xe Super Sampling (XeSS), fitur ini memanfaatkan Xe untuk dapat hadirkan kualitas prima ketika lakukan upscale.

Yang namanya fitur baru dan belum terlalu dikenal tentu akan terbatas aplikasinya. Ini terjadi pada Intel di mana hanya beberapa games yang telah implementasikan teknologi terseut. Sebut di antaranya Shadow of the Tomb Raider, Death Stranding, Super People, dan beberapa game lain.

6. Tawarkan Kemampuan Setara NVIDIA RTX 3060

Kami merasa bahwa Fakta Menarik Intel Arc GPU lainnya ialah Intel Arc tawarkan kemampuan setara NVIDIA RTX 3060. Hal ini tentu patut diapresiasi, terlebih bila berpedoman fakta di mana ini adalah GPU perdana dari Intel.

Terkait hasil benchmark-nya dapat kalian lihat di sini, yang tentu dapat kalian jadikan bahan evaluasi sebelum benar-benar membelinya.

7. Luncur di Saat yang Kurang Tepat

Kalimat di atas tampaknya benar-benar ‘tepat’ ditujukan kepada Intel yang kedapatan luncurkan GPU tersebut di saat ‘kurang tepat’. Meski pada beberapa negara peluncurannya tepat pada bulan Juni, namun tetap kurang tepat karena kini harga GPU NVIDIA dan AMD mulai longor.

Tampaknya, Intel akan sedikit kepayahan untuk dapatkan kepercayaan, terlebih melihat harga GPU yang kini sudah mulai normal.

Nah, itulah dia beberapa fakta menarik dari Intel Arc yang dapat kami berikan. Gimana, kalian masih tertarik untuk membelinya?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version