Deretan Game yang Menggunakan “Cheat Legendaris” Konami

in , , , , , , , , ,

Beberapa waktu yang lalu kita telah kehilangan salah satu tokoh penting dalam sejarah perkembangan industri game. Duka dan kehilangan yang begitu besar mungkin akan terasa lebih mendalam bagi raksasa video game asal negeri matahari terbit, Konami. Kazuhisa Hashimoto, seorang programmer sekaligus penemu ‘Konami Code’ telah meninggal dunia. 

‘Konami Code’ sendiri merupakan sebuah command atau serangkaian perintah yang digunakan perusahaan tersebut untuk menguji apakah game yang tengah dikembangkannya itu sudah berjalan dengan baik dan tidak ada lagi bug. Saat ini mungkin kita mengenal ‘Konami Code’ ini sebagai ‘cheat’ legendaris yang hampir sering digunakan di berbagai game bukan hanya rilisan Konami saja. Hashimoto sendiri pertama kali melakukan uji coba ‘Konami Code’ ini pada game Gradius untuk menyelesaikan semua level dan memastikan tidak ada lagi bug yang berjalan. Setelah itu penggunaan Konami Code menjadi budaya yang sering dilakukan perusahaan tersebut untuk menguji game-game rilisan selanjutnya hingga saat ini pun beberapa developer lain mengadaptasi apa yang dilakukan Hashimoto

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa game yang menggunakan ‘Konami Code’ lalu seperti apa fungsi dan efeknya setelah menggunakan command “atas-atasi-bawah-bawah-kiri-kanan-kiri-kanan-B-A” ini. Simak selengkapnya di bawah ini :

Metal Gear: Rising Revengeance


Budaya yang sama ternyata masih diterapkan untuk game rilisan Konami tahun 2013 silam ini. Tidak ada yang aneh juga kenapa ‘Konami Code’ diterapkan pada uji coba game yang merupakan spin-off dari karya master piece Hideo Kojima ini. Penggunaan ‘Konami Code’ pada game ini memiliki fungsi untuk membuka difficulty atau tingkat kesulitan Very Hard dan Revengeance. Command tersebut dapat dimasukan saat berada di title screen, jika berhasil maka difficulty tersebut akan muncul.


Assassin’s Creed III


Seperti yang kita bahas sebelumnya, penggunaan ‘Konami Code’ sepertinya menginspirasi developer lain seperti Ubisoft melalui game garapanya yang satu ini. Assassin’s Creed III, salah satu franchise populer Ubisoft ini juga memasukan ‘Konami Code’ sebagai salah satu cheat unik didalam game tersebut. Yang menarik adalah bukan untuk meningkatkan kemampuan sang pembunuh yang suka mengendap-endap ini, jika cheat tersebut diaktifkan secara random akan muncul ayam kalkun dibelakang karaktermu. Bukan hanya itu saja, ayam kalkun tersebut juga mengenakan hood di kepalanya layaknya Assassin.


Borderlands 2


Bordelands 2 menjadi salah satu game yang menarik dengan perpaduan fps serta elemen RPG didalamnya. Game rilisan 2K ini juga memiliki easter egg yang menarik dengan mengadaptasi ‘Konami Code‘ didalamnya. Jika kode tersebut berhasil diaktifkan saat tampilan menu awal, kamu dapat membuka opsi pilihan Extra Wubs. Jika diaktifkan tidak memberikan efek yang signifikan hanya saja respon robot super annoying, yaitu Claptrap akan bertindak lebih annoying lagi sepanjang permainan berlangsung.


Half-Life 2

Franchise legendaris besutan Valve yang sampai sekarang masih belum menghadirkan sekuel ke-3nya ini juga mengadaptasi barisan instruksi ala ‘Konami Code’. Game yang rilis pada tahun 2004 silam ini memanfaatkan ‘Konami Code’ ini memberikan Health Pack saat cheat tersebut diaktifkan.


Starcraft II: Legacy of Void

Game dengan genre RTS besutan Blizzard ini juga memiliki easter egg berupa ‘Konami Code’. Dalam sebuah misi “Templar’s Charge” ada sebuah building unit dengan tampilan kontrol yang terdapat beberapa arah panah. Jika kamu memasukan kode atas-atas-bawah-bawah-kiri-kanan-kiri-kanan nanti akan muncul tombol baru yang jika ditekan kamu dapat summon unit Tauren Marine. Unit sebenarnya sebagai bentuk jokes dimana lore aslinya berasal dari game RTS Blizzard yang juga populer, yaitu Warcraft


Bioshock Infinite


Game fenomenal rilisan 2K ini begitu populer pada jamanya. Cerita yang begitu kuat berhasil membawanya mendapatkan skor sempurna di beberapa review media game luar negri. Meskipun begitu, Bioshock Infinite ternyata juga mengadaptasi ‘Konami Code’ untuk membuka tingkat kesulitan baru saat kamu sudah menyelesaikan setidaknya satu kali hingga game tersebut tamat. Jika sudah kamu bisa memasukan ‘Konami Code’ saat memasuki title screen untuk membuka “1999 Mode” yang merupakan pilihan difficulty baru tentunya lebih sulit dari sebelumnya.


The Escapist


Game besutan developer indie yang satu ini juga memasukan ‘Konami Code’ sebagai salah satu kode cheat untuk memudahkan penggunanya. Jika kamu memasukan ‘Konami Code’ dalam game ini, semua pilihan prison atau penjara akan terbuka. Setidaknya ada 6 pilihan penjara yang bisa kamu buka tanpa perlu menyelesaikannya satu demi satu untuk unlock penjara selanjutnya.


Rocket League


Konami Code’ juga diadaptasi dalam game sepak bola bertema mobil yang satu ini. Jika kamu memasukan ‘Konami Code’ saat berada di main menu, maka tampilan menunya akan berubah menjadi Supersonic Acrobatic Rocket Powered Battle-Cars. Ini sebenarnya merupakan easter egg yang mereferensikan terhadap pendahulu Rocket League, dimana Psyonix sebelumnya pernah merilis game tersebut di PS 3 dan Xbox 360. Meskipun tampilan menunya berubah, gameplay-nya masih seperti Rocket League aslinya hanya saja musik latarnya mengikuti Supersonic Acrobatic Rocket Powered Battle-Cars.


Grand Theft Auto V/GTA Online


Cheat sudah bukan menjadi hal yang asing untuk game open-world besutan Rockstars ini. Meskipun begitu, ternyata ada ‘Konami Code’ yang disisipkan dalam game ini. Khususnya untuk GTA Online yang bisa kamu masukan saat bermain game arcade berjudul “Invade and Persuade II”. Kamu bisa memasukan ‘Konami Code’ pada saat game akan dimulai sebelum misi pertama. Jika kode berhasil dimasukan maka kamu akan mendapatkan 99 nyawa. Nyawa akan terus berkurang hingga mencapai game over.


Anthem


Game EA yang kurang mendapat respon baik dari gamers di luar sana ini ternyata menyimpan easter egg menarik. Mengadaptasi rentetan tombol ala ‘Konami Code’, jika kamu memasukannya dan berhasil aktif maka musik latar pada main menu akan berubah layaknya musik 8-bit pada konsol klasik.


Anno 1800

Lagi ada game besutan Ubisoft yang mengadaptasi ‘Konami Code’ untuk mengaktifkan cheat uniknya. Game strategi rilisan Ubisoft tahun 2019 lalu ini memungkinkan kamu menggunakan ‘Konami Code’ untuk memunculkan sebuah easter egg yang unik. Jika kode tersebut berhasil aktif, maka akan muncul serangan ikan-ikan dari laut diawali dengan sebuah ledakan. Ikan-ikan tersebut akan lompat secara terus-menerus di daerah sekitar fokus layar selama kurang lebih 2 menit. Setelah itu ikan akan menghilang sendiri dan tidka membeirkan efek apapun.


Bonus

Film Wreck It Ralph


Easter egg ‘Konami Code’ ini juga muncul di film animasi garapan Disney yang bertemakan video game, Wreck It Ralph. Dalam salah satu scene dimana sang King Candy berada di ruangan dan ingin membuka sebuah tuangan rahasia, ia membuka sebuah catatan berisikan command/perintah tombol ‘Konami Code‘ yang harus dimasukan kedalam kontroler klasik NES. Setelah kode tersebut dimasukan King Candy akhirnya berhasil membuka dan masuk ke dalam ruangan tersebut.

Sebenarnya masih banyak game yang menggunakan cheat legendaris ala ‘Konami Code ini, terlebih hampir kebanyakan game klasik rilisan Konami seperti franchise CastlevaniaTeenage Mutant Ninja TurtleMetal Gear SolidContra dan masih banyak yang lainya.

 

 

Thanks to: howtogeek, Reddit, wiki.ezvid, reviewgeek

 


Mau baca artikel menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi