Jenis Keycaps Profile Mechanical Keyboards, Ternyata Banyak Variasinya

Jenis Keycaps Profile Mechanical Keyboards

Setelah membahas dunia mechanical keyboard beberapa waktu lalu, kehadiran dari papan ketik mekanikal agaknya cukup menarik untuk didalami. Selain hal-hal esensial di atas, ternyata ada faktor lain yang harus kamu pahami, yaitu deretan Jenis Keycaps Profile Mechanical Keyboards.

Ternyata, setelah ulik cukup dalam, ada banyak sekali keycaps profile pada sebuah mechanical keyboard. Tentu, ini adalah hal yang menurut kami cukup menarik untuk dibahas, karena selain informatif, bahasan ini cukup santai.

Nah, daripada makin kemana-mana, kuy kita bahas Jenis Keycaps Profile Mechanical Keyboards di bawah!

Interpretasi dari Keycaps

Sederhananya, guna dari keycaps ialah untuk lindungi switch pada mechanical keyboard, dan biasanya terbuat dari plastik. Umumnya, keycaps akan dicetak untuk gambarkan guna dari tombol yang ada di mechanical keyboard, buatnya jadi Kelebihan dari Mechanical Keyboard. Yang mana seutuhnya bisa kamu baca di sini.

Bila dulu guna dari keycaps ini hanya sekadar untuk lindungi switch, kini berhasil tambah gunanya untuk sempurnakan setup. Interpretasi dari keycaps berubah seirama dengan zaman, brott.

Banyaknya Jenis Keycaps Profile Mechanical Keyboard

Faktanya, ada banyak sekali Jenis Keycaps Profile Mechanical Keyboards di luar sana. Di antaranya SA, DSA, XDA, GSA, OSA, OEM , CHERRY, dan masih banyak bila berdasarkan Wiki. Dikarenakan satu dan lain hal, maka yang akan kami bahas adalah yang umum ditemukan di Indonesia.

1. OEM

Sesuai namanya, OEM dapat diartikan Original Equipment Manufacturer, atau standar pabrikan manufaktur, yang cukup umum ditemukan di marketplace. Jenis Keycaps Profile Mechanical Keyboards ini umumnya bisa kalian temukan pada brand gaming kenamaan.

Bentuk dari profile OEM ini bervariasi, dan tak sama-rata yang diklaim ideal digunakan untuk kebutuhan gaming dan produktivitas. Konturnya yang cekung ke dalam adalah ciri khas dari profile OEM tersebut.

Banderol dari keycaps dengan profile OEM ini bervariasi mulai dari 100 Ribuan Rupiah, bahkan ada brand yang tawarkan lebih murah dari itu.

Tentu, ini akan kita bahas di kesempatan berikutnya secara lengkap ya, brott!

2. CHERRY

Jenis Keycaps Profile Mechanical Keyboards yang kita bahas berikutnya adalah CHERRY. Berbeda dari OEM, jenis keycaps profile ini sedikit lebih sulit ditemukan karena umumnya harus dibeli secara terpisah.

Umumnya, CHERRY kerap dipilih mereka-mereka yang aktivitasnya kebanyakan ketik-ketik karena kontur dari keycaps profile ini dirasa lebih cocok. Semua berkat ukurannya yang bervariasi karena fokus dari CHERRY dikatakan lebih untuk kenyamanan selama kita gunakannya.

Karena Jenis Keycaps Profile Mechanical Keyboards ini cukup niche, harganya pun bervariasi mulai dari 200 Ribuan Rupiah untuk versi standar.

3. XDA

Nah, buatmu yang demen dengan jenis keycaps profile low-profile, tampaknya akan cocok gunakan XDA. Keunikan dari keycaps profile ini ialah bentuk dan kontur yang seragam, mulai dari atas sampai bawah.

Biasanya, keycaps profile ini cukup ringan dan relatif pendek dan kerap digunakan untuk show-off. Kendati demikian, banyak kok orang yang suka keycaps profile ini karena memang tawarkan kenyamanan ketika ketik-ketik.

Meski tidaklah se-niche CHERRY, keycaps profile XDA ini bisa dikatakan cukup mahal. Biasanya, keycaps profile ini dibanderol mulai dari 200 Ribuan Rupiah ke atas dan tawarkan kombinasi warna-warni yang khas.

4. SA

Lain halnya dengan Jenis Keycaps Profile Mechanical Keyboards bernama SA yang tawarkan ukurannya yang besar ke atas. Bentuknya yang benar-benar besar dari keycaps profile lain ialah untuk mudahkan kang ketik masukkan karakter ke dalam komputer.

Suara yang dihasilkan cukup dalam, dan beberapa orang suka karena miliki bobot yang pas untuk ditekan. Bila keycaps profile XDA lebih diperuntukkan untuk aktivitas secara umum dan show-off, SA lebih ideal untuk aktivitas ketik-ketik. Pada beberapa kasus, gamers mungkin akan kewalahan untuk gunakannya pertama kali.

Untuk harganya sendiri bisa dikatakan cukup mahal. Ketika penulis coba cek harga untuk keycaps profile SA, banderolnya mulai dari 500 Ribuan Rupiah ke atas, jadikannya relatif mahal untuk dibeli.

5. DSA

Jenis Keycaps Profile Mechanical Keyboards berikutnya ialah DSA. Kurang lebih modelannya sama dengan keycaps profile XDA. Begitu halnya dengan peruntukannya yang juga dikhususkan untuk ketik-ketik karena lebih low-profile.

Berkat konturnya yang lebih pendek, gamers dan kang ngetik dapat beraktivitas dengan lebih cepat dan efisien. Buatmu yang miliki mechanical keyboard dengan embel-embel low-profile tentu akan cocok dengan keycaps profile DSA ini.

Untuk banderolnya sendiri mulai dari 200 Ribuan Rupiah, yang berarti banderolnya tak jauh-jauh amat dengan keycaps profile XDA.

Dan Masih Banyak Lainnya

Tentu, bila berpedoman pada Wiki di atas, tampak banyak sekali keycaps profile yang beredar di pasaran saat ini. Sayangnya, penulis belum cukup mendalami keycaps profile lain, karena cukup banyak variasi yang ada untuk sempurnakan mechanical keyboards milikmu.

Belum lagi jenis root-root yang konon katanya menambah estetika, yang akan kita bahas di lain kesempatan.

Mungkin penulis harus kembali tanya ke video editor kami karena dia lebih suhu. Tapi, kalau brott semua bisa membantu penulis, boleh banget kok komentar di bawah ini!

Kita lanjut di lain kesempatan ya, brott!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version