Desainer Night in The Woods Tutup Usia Beberapa Hari Usai Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual

in ,

Alec Holowka, desainer, programmer dan komposer dari game naratif Night Into the Woods telah tutup usia. Kabar duka ini diumumkan oleh saudara perempuannya, Eileen Mary Holowka, yang tak lama kemudian mengunci akun Twitter-nya menjadi private. Alasan kematian tidak disebutkan olehnya, tetapi secara tidak langsung dirinya sinyalkan bahwa Alec lakukan aksi bunuh diri.

Beberapa hari sebelumnya, Alec dituduh telah melakukan pelecehan seksual terhadap game developer Zoe Quinn. Tak lama setelah tuduhan tersebut tersebar luas, Scott Benson bersama istrinya memutuskan untuk melepas Alec dari tim. Lewat Twitter resmi game, disebutkan bahwa apa yang terjadi pada Alec lebih dari sekedar satu tuduhan semata.

Tak lama usai kasus tuduhan serta diusir dari tim oleh rekan kreator dibalik game keluaran 2017 ini, Alec Holowka menutup usianya pada hari Sabtu pagi. Saudarinya mengatakan bahwa Alec ialah korban pelecehan dan telah berusaha melawan gangguan jiwa dan kepribadian yang terus menghantuinya. Dalam satu minggu terakhir, teman dan kerabat telah memberikan support mereka dan berbicara kepada Alec. Tetapi menurut sang saudari, dia merasa bawa Alec telah kehilangan segalanya yang ia miliki.

Pada Twitter lanjutannya, Eillen referensikan kasus tuduhan yang terjadi kepada saudaranya. Dirinya menuliskan sebagai berikut: “Apabila tidak jelas, Alec *dengan spesifik* mengharapkan yang terbaik kepada Zoe dan lainnya, maka jangan gunakan kesedihan kami sebagai alasan untuk melecehkan orang. Pergi keluar, uruslah seseorang, dan usahakan hal semacam ini tidak terjadi dari awal.”

Berita duka ini mendorong fans dari game untuk ungkapkan bela sungkawa mereka lewat Steam Reviews dan sosial media. Tetapi tak sedikit diantaranya menyerang akun developer dan Zoe yang dimana mereka menyalahkan kedua pihak atas kepergian sang ko-kreator. Zoe telah menghapus akun Twitter utamanya dan dikabarkan beralih ke akun lain yang belum tersebar luas oleh netizen.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.