Desainer Utama Civilization 5 Tinggalkan Paradox Interactive Akibat Beberapa Perbedaan

in

Paradox Interactive adalah sebuah developer game yang berbasis di Stockholm yang bisa dibilang cukup terkenal dikalangan para penggemar game strategi yang punya basis cerita dari sebuah sejarah. Sebut saja serial game Penumbra, Pillars of Eternity, Cities Skyline, dan masih banyak lainnya yang mungkin kalian sendiri sudah pernah mainkan sebelumnya.

Kabar mengejutkan datang dari desainer utama Civilization 5 yaitu Jon Shafer yang mengabarkan diri hengkang dari Paradox Interactive setelah baru kurang lebih 6 bulan bekerja. Tak disangka, ternyata terjadi masalah kecil yang mendasar diantara Jon Shafer dan pihak pengembang di Paradox Interactive yang memang tak bisa dicari jalan tengahnya.

Perbedaan yang mendasar dari segi ide dan kreatifitas membuat Jon Shafer memilih untuk keluar dari Paradox Interactive. Hal ini patutlah disayangkan mengingat memang pengalaman dari Jon Shafer yang sudah sangat banyak diharapkan bisa membuahkan hasil yang baik saat berpadu dengan tim kreatif dari Paradox Interactive yang selalu punya ide-ide yang menarik.

Berikut pernyataan dari Executive Vice President dari Studio Paradox Interactive, Mattias Lilja:

“Jon is an ambitious person with a lot of drive and passion and he has led some good discussions in our teams over the past few months. Jon is an ambitious person with a lot of drive and passion and he has led some good discussions in our teams over the past few months”

Paska hengkangnya dia dari Paradox Interactive, Jon Shafer dikabarkan akan kembali melanjutkan projek game mandirinya yang berjudul At The Gates. Projek ini dia unggah ke Kickstarter sudah cukup lama dan mendapatkan tanggapan yang cukup luar biasa. Ia sudah berhasil mengumpulkan sekitar $110,000 USD atau sekitar satu setengah Milyar Rupiah.

Walau sudah hampir 5 tahun berlalu sejak awal pembuatannya, game At The Gates ini belum ada kabar akan selesai dalam waktu dekat ini. Tingkat perfeksionis yang Jon akui sendiri di laman Kickstarternya menjadi alasan utama mengapa game ini cukup lama untuk bisa diselesaikan. Game Turn Based Strategy ini bisa dibilang memang sekilas cukup mirip dengan Civilization. Kalau kalian penasaran, langsung saja deh kalian menuju laman Kickstarternya .

Lis Adikarta

Written by Lis Adikarta

Penulis rumahan, menulis hal-hal tentang DOTA2 & Pokemon. Waiting List buat jadi Pengangguran.