Desember Kemarin, Game PS1 Ini Akhirnya Rilis Setelah Dikerjakan Selama 23 Tahun

in ,
Sumber: thegamer.com
Sumber: thegamer.com

Banyak konsol-konsol klasik seperti Playstation 1, NES, Gameboy dan sebagainya yang masih menjadi perhatian para gamer hingga saat ini bahkan dengan komunitas yang masih aktif. Tentunya, kepopuleran konsol klasik tersebut juga didukung oleh kehadiran emulator yang membuat akses game lawas menjadi lebih mudah. Hal ini pun membuat developer KAIGA Studios memutuskan untuk merilis gamenya di platform Playstation 1 yang sempat mereka tunda selama 23 tahun.

Game tersebut berjudul Magic Castle, yang merupakan game dengan genre roguelike dimana pemain dapat memilih berbagai karakter seperti Knight, Magician, Archer, dan Fighter. Layaknya game roguelike pada umumnya, pemain akan melawan berbagai macam monster untuk meningkatkan level karakter. Tetapi uniknya, map akan terbentuk secara random dan pemain juga dapat mengatur User Interface sesuai keinginan. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat lihat gameplay-nya pada video berikut:

KAIGA Studios merupakan pengembang game asal Jepang yang hanya terdiri dari 4 anggota. Diantaranya adalah sang game designer bernama PIROWO dan Keiichi Matsunami yang saat ini bekerja sebagai pengembang game di SEGA. Game yang mereka produksi dikembangkan menggunakan Net Yaroze, yaitu konsol Playstation 1 khusus untuk membuat game yang sering digunakan oleh developer indie.

Konsol PS1 Net Yaroze
Konsol PS1 Net Yaroze

Awalnya, game telah rampung dibuat dalam kurun waktu 8 bulan. Namun, Sony memutuskan agar tim KAIGA untuk mengerjakan projek yang lain. Sayangnya, mereka menolak projek tersebut dan KAIGA akhirnya dibubarkan sehingga game tidak jadi rilis.

Sampai saat ini, PIROWO dan Matsunami masih aktif dalam mengembangkan game. Terlebih Matsunami yang tahun lalu baru saja merilis game terbarunya yaitu Hatsune Miku: Project Diva Mega39. Jika kalian penasaran dengan game Magic Castle, kalian bisa mengunduhnya secara gratis. Informasi lebih lanjut tentang cara menjalankan gamenya serta link untuk mengunduh dapat kalian akses melalui situs ini.


Baca juga artike-artikel lainnya terkait Playstation serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.