Desainer atau arsitek untuk konsol Sony PlayStation, Mark Cerny ternyata cukup kaget dengan banyaknya adopsi teknologi Ray Tracing di game mereka. Seperti yang kita ketahui, konsol terbaru dari Sony ini memang mendukung teknologi tersebut.
Hanya saja, walau adopsinya masih bergantung pada developer yang mau atau tidak menambahkannya ke dalam game. Sepertinya Mark Cerny sendiri tak habis pikir game yang mendukung Ray Tracing akan bermunculan sebanyak itu sejak awal.
Hardware Designer PS5 Mark Cerny Kaget Ray Tracing Banyak Diadopsi
Berbicara dengan Gamesindustry.biz, arsitek dari PlayStation Vita, 4, dan 5 yaitu Mark Cerny buka suara kalau dirinya merasa kaget ternyata Ray Tracing sepopuler itu. Beliau mengatakan kalau keputusan menambahkan fitur tersebut sebenarnya cukup mepet.
Mark juga berpikir kalau kemungkinan fitur RT ini baru akan banyak diadopsi setelah beberapa tahun konsol tersebut rilis. Ternyata, dugaan Mark salah dan seperti yang kita ketahui, ada banyak game yang mendukung RT di PlayStation 5.
Kaget 60FPS Jadi Norma
Selain populernya RT, Mark juga kaget kalau sekarang 60fps juga menjadi norma di kalangan gamer dan sudah meninggalkan 30fps gaming. Padahal awalnya beliau berpikir kalau mengikuti siklus konsol sebelumnya, akan banyak game yang cukup di 30fps. Anggapan ini juga diakui salah.
Disamping itu, Mark juga membahas bagaimana PS5 memberikan dampak besar terhadap perkembangan industri PC. Beliau mencontohkan dengan adanya SSD PS5 yang ngebut dan juga PC port yang ternyata sangat mudah dilakukan.
Hanya saja dengan begitu, menurutnya ini juga sudah membuat minimum hardware PC yang dibutuhkan seperti CPU dan RAM harus meningkat demi bisa menjalankan portingan mereka. Bagi Mark Cerny, ini pencapaian yang bagus bagi Sony.
Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.